Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Linux

Pengertian Linux

Ratings: (0)|Views: 263|Likes:
Published by Surya Chandra

More info:

Published by: Surya Chandra on May 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/23/2012

pdf

text

original

 
Pengertian Linux
Pengerian linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan dibawah lisensi GNU. jadi anda diijinkan untuk menginstal pada komputer anda ataupun mengkopidan menyebarluaskannya tanpa harus membayar. linux merupakan turunan dari unix dan dapatbekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kodesumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Andamau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipungratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupunpengiriman program.Kebebasan yang paling penting dari Linux, terutama bagi programmer dan administrator jaringan,adalah kebebasan untuk memperoleh kode sumber (source code) dan kebebasan untukmengubahnya. Ini berimplikasi pada beberapa hal penting. Pertama keamanan, yang keduadinamika.Jika perangkat lunak komersial tidak memperkenankan Anda untuk mengetahui kode sumbenyamaka Anda tidak akan pernah tahu apakah program yang Anda beli dari mereka itu aman atautidak (sering disebut security by obscurity). Hidup Anda di tangan para vendor. Dan jika adapemberitahuan tentang bug dari perangkat lunak komersial tersebut, seringkali sudah terlambat.Dengan Linux, Anda dapat meneliti kode sumbernya langsung, bersama dengan pengguna Linuxlainnya. Berkembangnya pengguna Linux sebagai komunitas yang terbuka, membuat bug akancepat diketahui, dan secepat itu pula para programmer akan memperbaiki programnya. Andasendiri juga yang menentukan kode yang cocok sesuai dengan perangkat keras maupun kebutuhandasar perangkat lunak lainnya untuk dapat diimplementasikan. Ibarat sebuah mobil, Anda bisamemodifikasi sesukanya, bahkan hingga mesin sekalipun, untuk memperoleh bentuk yangdiinginkan.Keterbukaan kode sumber juga memungkinkan sistem operasi berkembang dengan pesat. Jikasebuah program dengan sistem tertutup dan hanya dikembangkan oleh vendor tertentu, palingbanyak sekitar seribu hingga lima ribu orang. Sedangkan Linux, dengan keterbukaan kodesumbernya, dikembangkan oleh sukarelawan seluruh dunia. Bug lebih cepat diketahui dan programpenambalnya (patch) lebih cepat tersedia. Pendekatan pengembangan sistem operasi ini disebutBazaar. Kebalikannya sistem Chatedraal sangat tertutup dan hanya berpusat pada satu atau duapengembang saja.linux saat ini telah berkembang menjadi banyak distro (distribusi linux), misalnya adalah distroRedhat, Debian, Suse. saat ini distro linux yang sangat populer di gunakan di indonesia adalahdistro Ubuntu yang merupakan turunan dari Debian.
 
Macam Macam Linux
-Redhat-Slackware-Debian GNU-Gentoo-Ubuntu-PCLinuxOS-openSUSE-Mandriva-Fedora-Sabayon-Linux Mint-Vector-Knoppix-Puppy-Distro GNU / LinuxIndonesia-Nusantara-Blankon-Zencafe-Garuda One-Kuliax-Tea Linux
Cara Menginstal Linux Ubuntu
1.Masukkan CD Installer ke perangkat CD / DVD-ROM dan reboot komputer untuk boot dari CD.Tunggu sampai CD termuat ...2.Anda akan melihat wallpaper dan jendela instalasi. Pilih bahasa dan klik tombol "Install Ubuntu 10.04LTS" untuk melanjutkan ..3.Layar kedua akan menampilkan peta bumi. Setelah pemilihan lokasi, waktu sistem akan menyesuaikan.Klik tombol "Forward" setelah Anda memilih lokasi yang Anda inginkan ..
 
 4.Pada layar ketiga, Anda dapat memilih layout keyboard yang diinginkan.Klik tombol "Forward" bila Anda telah selesai dengan konfigurasi keyboard ...5.Anda memiliki empat pilihan di sini:Jika Anda memiliki sistem operasi lain (misalnya Windows XP) dan Anda ingin sistem dual boot, pilih :1.
 
Pilihan pertama : "Instal mereka berdampingan, memilih di antara mereka pada setiap startup."2.
 
Pilihan Kedua : "Jika Anda ingin menghapus sistem operasi yang ada, atau hard drive sudah kosongdan Anda ingin agar installer secara otomatis mempartisi hard drive Anda, pilih pilihan kedua,"Gunakan seluruh disk (Use entire disk)"3.
 
Pilihan Ketiga : "Gunakan ruang terbesar bebas terus-menerus" dan akan menginstal Ubuntu 10.04di ruang unpartitioned pada hard drive yang dipilih.4.
 
Pilihan Keempat : "Tentukan partisi secara manual" dan dianjurkan HANYA untuk pengguna tingkatlanjut, untuk membuat partisi khusus atau memformat hard drive dengan filesystem lain dari yangdefault. Tetapi juga dapat digunakan untuk menciptakan partisi / home, yang sangat berguna jikaAnda menginstal ulang seluruh sistem.6.Tabel partisi akan terlihat seperti gbr di atas. Klik tombol "Forward" untuk melanjutkan instalasi ...

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->