Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Tentang an Otak Dan Dan Klasifikasi Neuron Dan Serabut Sara Ani .................f

Makalah Tentang an Otak Dan Dan Klasifikasi Neuron Dan Serabut Sara Ani .................f

Ratings: (0)|Views: 402 |Likes:
MAKALAH TENTANG PERKEMBANGAN OTAK DAN DAN KLASIFIKASI NEURON DAN SERABUT SARAF
MAKALAH TENTANG PERKEMBANGAN OTAK DAN DAN KLASIFIKASI NEURON DAN SERABUT SARAF

More info:

Published by: Richo AriEs LufhRisnu Foreever on May 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2014

pdf

text

original

 
MAKALAH TENTANG PERKEMBANGAN OTAK DAN DAN KLASIFIKASINEURON DAN SERABUT SARAF
A . PERKEMBANGAN OTAK Otak sebagai sumber pikiran dan kepribadian . sistem saraf berfungsi untuk mengumpulkan dan memproses informasi ,memberikan reaksi terhadap berbagairangsangan dan mengatur kerja berbagai sel .1.otak Otak merupakan benda lengket yang lunak , berminyak dan kenyal . jutaan syaraf menghubungkannya dengan dengan seluruh tubuh , saaraf tersebut membawa pesan baik menuju otak ataau dari otak .bertnya 1,6 pada laki –laki dan 1,45 pada perempuan perbedaan ini terjadi semata –mataa karena bentuk otak laki-laki yang lebih besar dan berat , sementara , berat tidak berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang . namun banyaknya jumlah hubungan sel dalam otaklah yang menunjukkan kecerdasan .Otak manusia terdiri dari dua belahan ( hemisfer ) yang besar ,yakni belahan kiridan belahan kanan . oleh terjadi pindah silang pada tali spinal , belahan otak kiri asalndalikan sistem bagia kanan tubuh , sebaliknya belahan kanan mengendalikanSistem kiri bagian tubuh . tali spinal ( sumsum tulang belakang) merupakan tali putihkemilau yang berasal dari dasar otak hingga tulang belakangSaat masih embrio otak manusia terbagi menjadi tiga bagian yaitu otak depan , otak tengah ,dan otak belakang .setelah dewasa otak depanya terbagi menjadi telecepalon ( pusat penciuman ) dan diencepalon ( pusat pendengaran dan keseimbangan ) sementara otak  belakangnya terbagi menjadi metensepalon ( pusat gerak ) dan myelencepalon (pusatrespirasi =pusat pernapasan ) , Bagian dorsal metensepalon membentuk serebelum( struktur otak yang berfungsi mengatur gerakan dan keseimbangan yang terlibat dalam jenis –jenis tertentu dari respon sederhana ) sedangkan mielensefalon menjadi medulaoblongata .Antara bagian tengah sumsum tulang belakang dan otak mempunyai saluran yangsaling berhubungan yang di ssebut ventrikel . ventrikel membagi otak menjadi empatruangan . yaitu otak depan ,otak tengah , dan otak belakang .
 
 A.otak depan ( prosensepalon )Pada bagian otak depan manusia yang paling menonjol di sebut otak besar atauserebelum , serebelum ini terbagi menjadi belahan ( hemisfer ) serebelum sebelah kanandan kiri .otak depan manusia terbagi atas empat lobus ( bagian ) meliputi lobus frontalis( bagian depan ) yang berfungsi sebagai pusat berpikir , lobus temporalis ( bagiansamping ) berfungsi sebagai pusat pendengaran dan bahasa , lobus oksipitalis ( bagian belakng ) sebagai pusat penglihatan , lobus parietalis ( bagian depan – belakang ) berfungi sebagai pusat sentuha dan gerakan .Otak depan juga mencakup bagian –bagian yang lain mencakup , seperti talamus ,hipotalamus , kelenjar pituitari dan kelenjar pineal .sebelum di terima sensorik serebrumsemua rangsangan akan di proses terlebih dahulu oleh talamus . hanya rangsangan penciuman saja yang tidak di terima terlebih dahulu oleh talamus , sedangkan fungsitalamus yang lain misalnya mengatur suhu dan kandungan air dalam darah , kemudian juga mengkoordinasi aktivasi yang terkait emosi.Hipotalamus merupakn bagian yang berfungsi mengatur suhu tubuh , seleramakan , dan tingkah laku . selain itu hipotalamus juga mengontrol kelenjar pituitari , yaknikelenjar hormon yang yang berperan dalam mengontrol kelenjar –kelenjar hormonlainnya , seperti kelenjar tiroit , kelenja adrenalin , dan pankreas .B.otak tengah ( mesensefalon )Otak tengah manusia kecil dan tidak terlalu mencolok . di dalam otak tengahterdapat bagian –bagian seperti lobus optik yang mengatur gerak bola mata dan kolikulusinferior yang mengatur pendengaran . otak tengah berfungsi menyampaikan impuls antaraotak depan dan otak belakang , kemudian antara otak depan dan mata .C.otak belakang ( rombesefalon )otak manusia tersusun ats dua bagian utama yakni otak kecil ( serebelum) danmedula oblongata . ssserbelum adalah bagian yang brkerut di bagian belakng otak danterdiri atas dua belahan yang berliku –liku sangat dalam . fungsinya adalah sebagai pusatkesimbangan dalam tubuh , koordinasi motorik / gerakan otot dan memantau kedudukan
 
 posisi tubuh . adanya secara belum memungkinkan kita gerakan yang terlatih dan sesama,seperti menulis atau bermain musik tanpa berpikir.di antara kedua belahan terbelum terdapat suatu bagian yang berisi serabut saraf.Bagian tersebut di namakn jembatan varol. Funngsinya adalah mengantarkan inpust dari bagian kiri dan kanan kotak kecil.selain itu, jembatan varol juga menghubungkan kortek otak besar dengan otak kecil, dan antara otak depan dengan sumsum tulang belakang.Sementara itu medula oblong ngata letaknya diantara bagian tertentu otak dengansumsum tulang belakang.dula oblong ngata erfungsi saat terjadi proses pengturan denyut jantung, tekanan darah,gerakan pernafasan, sekresi ludah, menelan, gerak kistaltik, batuk dan bersin..Sebelum, jembatan varol, dan medula oblongata membentuk batang otak.Batangotak merupakan bagian otak sebelah bawah yang berhubungan dengan sumsumtulang belakang. Datang otak berfungsi mengontrol berbagai proses penting bagikehidupan seperti bernafas, denyut jatung, pencerna makanan.Otak yang menajupkan terdiri dari 100 miliyar sel saraf(neuron) yang aktif, 900 miliyar neuron menempel, memberi nutirsi dan mengisolasi sel neuron aktif. Masing-masingneuron dapat tumbuh 20.000 cabang otak kiri dan kanan.
Otak kiri = otak akademik = otak instingOtak kiri = tata bahasa, logika, memori, angka, abjad, analisis, rasional, realisasi.
Otak kanan = atak kerativitas = emosional PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN FISIK OTAK 
Otak ketika lahir: 25% ukuran dewasa(+ 300 gram) 87,5 gram
18 bulan(1,5 tahun): 50% ukuran dewasa 175 gram
72 bulan(6 tahun): 90% ukuran dewasa 315 gram
216 bulan(18 tahun): 100% ukuran dewasaPERTUMBUHAN OTAK SECARA EMBRIONIK 
Prosencephalon (otak depan) terdiri dari: telencephalon (pusat penciuman)dan diencephalon (pusat pendengran dan keseimbangan)

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
kikyofrea liked this
Edwin Munip liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->