Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jawaban Profesi Kependidikan Husen Ali Akbar

Jawaban Profesi Kependidikan Husen Ali Akbar

Ratings: (0)|Views: 200 |Likes:
Published by ayufeatzzam

More info:

Published by: ayufeatzzam on May 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2012

pdf

text

original

 
Bab 1 Hakikat pendidikanC. Tugas Pengayaan1.
 
Kajilah tentang hakikat filsafat pendidikan, berikan ilustrasi dan aliran filsafatdan tokoh yang mempengaruhinya.?2.
 
Analisis tentang tipologi filsafat pendidikan dan tipologi filsafat pendidikanislam.?Jawab :1.
 
Secara definitive filsafat pendidikan penerapan upaya metodis filsafat untuk mempersoalkan konsepsi-konsepsi yang melandasi upaya-upaya manusiadalam membangun hidup dan kehidupsn yang berkualitas. Untuk mengaturpendidikan dan berfikirsecara kritis yang berintelektual tinggi kearaah tabiatmanusia.Aliran filsafat yang mempemgaruhi dalam pembangunan pendidikandiantaranya adalah : Realisme, Idealisme, Pragmatisme, Humanisme,Behaviorisme, dan Konstruktisme.Tokoh-tokoh yang mempengaruhi filsafat pendididkan diantaranya : JownDowey, Brubachen, Van Cleve Morris. Plato. Aristoteles . demokritos , martinbuber, Stanley, kandell,ortimer adler,George count.2.
 
Tipologi filsafat pendidikan adalah masalah pendidikan. DiantaranyaPerenialism, Essentialim, Progresivism, Recontructionism, Existensialism.Tipologi filsafat pendidikan islam sesungguhnya hanya melandaskan studikompentensi antara tifologi filsafat pendidikan dan tipologi pemikiran islamsesuai dengan sifat dan karakteristrikya hamper serupa dengan menyandarkanpendapat para ahli.
 
Bab 2 Wawasan Kependidikan Dan KeguruanC. Tugas Pengayaan1. apa yang dimaksud dengan
“ wawasan kependidikan” ?
 2. Apakah pentingnya mempelajari wawasan kependidikan bagi calon guru.?3. Jelaskan suatu konsepse tentang hakikat manusia.!4. Jelaskan mengapa seorang guru perlu memahami hakikat pendidikan.!5. Mengapa di dalam proses belajar, terjadi proses mengajar.?6. Mengapa seorang guru harus merangsang sedemikian rupa di dalam prosesbelajar mengajar.?Jawab :1.
 
Wawasan kependidikan adalah sebagai pengetahuan tentang maksud dantujuan pendidikan dengan potensi pengetahuan akan berkembang metodeatau tumbuhnya pengetahuan dan pembelajaran baru.2.
 
Wawasan kependidikan bagi seorang guru memusatkan perhatian kepadahal-hal yang berkenaan dengan cara memandang serta bersikap yang lebihumum yang akan memberi perpestif berkonsep dan bersifat kontektualyang melandasi praktek dengan asumsi filosofi dan politis.3.
 
Hakikat manusia adalah sebagai suatu mahluk social dan mempunyaihubungan dengan mahluk yang lain.4.
 
Karena seorang guru harus dilihat sebagai proses dan sekaligus tujuansebagai asumsi dasar pendidikan.5.
 
Karena dalam suatu proses belajar pasti ada tindakan mengajar karenadikatakan mengajar itu dalam artian seseorang mempunyai ilmu baru
 
karena adanya suatu tindakan belajar karena adanya hasil pengajaranmeskipun tidak disadari atau teroganisir.6.
 
Karena dalam suatu proses belajar mengajar harus mencapai tujuan yangtelah di tetapkan dengan menyesuaikan dengan lingkungan belajarmengajar dan adanya suatu penyesuaian dengan jaman, dengan metodepembelajaran yang baik yang dapat diterima oleh anak didiknya.Bab 3 Organisasi Profesi KeguruanC. Tugas Pengayaan1. Coba anda jelaskan pengertian, tujuan dan fungsi organisasi professional?2. Bagaimana peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan ?3. Bagaimana yang disebut dengan hubungan dengan kemitraan stakeholderpendidikan?4. Terangkan juga adanya hubungan sekolah, masyarakat dan instansipemerintah !Jawab :1.
 
Organisasi profesi keguruan merupakan suatu wadah perkumpulun orang-orang yang memiliki suatu keahlian khusus yang merupakan ciri khas daribidang keahlian tertentu.Organisasi profesi keguruan bertujuan untuk mmengawasi, danmeningkatan dan kesejahteraan para anggotanya.Oraganisasi profesi keguruan berfungsi sebagai pengendali keseluruhanprofesi baik secara sendiri, maupun secara bersama-sama dengan pihak lain yang relevan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->