Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mengungkap Makna Dibalik Puisi Doa

Mengungkap Makna Dibalik Puisi Doa

Ratings: (0)|Views: 6,434|Likes:
Published by Handi Agus Hidayat

More info:

Published by: Handi Agus Hidayat on May 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/06/2013

pdf

text

original

 
MENGUNGKAP MAKNA DIBALIK PUISI DOAKARYA AMIR HAMZAH
MAKALAHDisusun untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Bahasa IndonesiaDosen : Welsi Damayanti, M. Pd.OlehHandi Agus H(0908810)
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTROFAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUANUNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA2010
 
BAB IPENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Karya sastra secara umum bisa dibedakan menjadi tiga: puisi, prosa, dandrama. Puisi adalah suatu bentuk seni yang menggunakan kekuatan dan keindahan bahasa dan mengandalkan kualitasnya untuk menciptakan interpretasi yang beragam bagi tiap orang. Puisi adalah salah satu karya sastra tertua dalam sejarahmanusia. syair-syair mitologi Yunani seperti Iliad dan Odyssey karya Homerus jugakitab-kitab kebijaksanaan Tao dan Konfusius, atau tradisi sastra lokal seperti pantun, gurindam, seloka, dsb, semuanya disajikan dalam syair-syair yang indah.Dalam kata-kata puisi terekam peristiwa-peristiwa yang mengilhami penyairnyasehingga kita dapat ikut melihat isi pikiran penyair dan merasakan apa yang iaalami.
 
Melalui puisi kita dapat melacak sejarah hidup seorang penyair bahkansejarah suatu bangsa.Indonesia memiliki sastrawan dan penyair yang terkenal dari generasi kegenerasi. Setiap generasi memiliki perbedaan ciri khas berdasarkan tema dan maknayang diangkat dalam setiap karya sastra. Perbedaan ini dipengaruhi oleh keadaansosial politik bangsa Indonesia saat itu, latar belakang sosial, wawasan, pengetahuan, pengalaman, dan kepribadian.Amir Hamzah adalah salah satu Penyair besar Indonesia yang memiliki banyak karya puisi seperti Berdiri Aku, Hanyut Aku, Panji di Hadapanku, MemujiDikau, dan masih banyak lagi. Belum lagi yang bertemakan religi seperti Doa,Berdiri Aku, Padamu Jua, dan Tetapi Aku. Keempat puisi tersebut memuat ajarantasawuf. Tasawuf dalam ajaran Islam merupakan ajaran ketauhidan yang menjadilandasan utama akidah Islam.
B.Rumusan Masalah
 
Dengan melihat latar belakang yang telah dikemukakan, maka beberapamasalah yang akan dapat penulis rumuskan dan akan dibahas dalam makalah iniadalah:1.Apakah yang dimaksud dengan puisi;2.Unsur-unsur dalam puisi;3.Macam-macam Puisi; dan4.Makna yang terkandung dalam puisi Doa karya Amir Hamzah.C.
Tujuan Penulisan Makalah
Makalah ini disusun dengan tujuan:1.Memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia;2.Memahami pengertian puisi;3.Memahami Unsur-unsur puisi;4.Memahami Macam-macam puisi; dan5.Memahami makna puisi Doa karya Amir Hamzah.
D.Manfaat Penulisan Makalah
Makalah ini disusun dengan harapan dapat memberikan manfaat baik secarateoritis maupun secara praktis. Secara teoritis makalah ini berguna sebagai pengembangan pemahaman puisi. Secara praktis makalah ini diharapkan bermanfaat bagi:1.Penulis, sebagai wahana penambah pengetahuan, menambah perbendaharaan makalah; dan2.Pembaca/Dosen, sebagai media informasi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->