Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
70Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kisah Nabi Musa Dengan Firaun

Kisah Nabi Musa Dengan Firaun

Ratings:

3.5

(2)
|Views: 19,176 |Likes:
Published by ibnu zainudin

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: ibnu zainudin on Dec 26, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2012

pdf

text

original

 
26. Asy Syu'araa'
Muqaddimah
Surat ini terdiri dari 227 ayat termasuk golongan surat-surat Makkiyyah. Dinamakan
 Asy Syu'araa' 
(kata jamak dari
 Asy Syaa'ir 
yang berarti penyair) diambil dari kata
 AsySyuaraa' 
yang terdapat pada ayat 224, yaitu pada bagian terakhir surat ini, di kalaAllah s.w.t. secara khusus menyebutkan kedudukan penyair- penyair. Para penyair- penyair itu mempunyai sifat-sifat yang jauh berbeda dengan para rasul-rasul; merekadiikuti oleh orang-orang yang sesat dan mereka suka memutar balikkan lidah danmereka tidak mempunyai pendirian, perbuatan mereka tidak sesuai dengan tidak mempunyai pendirian, perbuatan mereka tidak sesuai dengan apa yang merekaucapkan. Sifat-sifat yang demikian tidaklah sekali-kali terdapat pada rasul-rasul. Olehkarena demikian tidak patut bila Nabi Muhammad s.a.w. dituduh sebagai penyair, danAl Quran dituduh sebagai syair, Al Quran adalah wahyu Allah, bukan buatan manusia.Pokok isinya:
1. Keimanan:
Jaminan Allah akan kemenangan perjuangan rasul- rasul-Nya dankeselamatan mereka. Al Quran benar- benar wahyu Allah yang dibawa turun ke duniaoleh Malaikat Jibril a.s. (Ruuhul amiin); hanya Allah yang wajib disembah.
2. Hukum-hukum:
Keharusan memenuhi takaran dan timbangan; larangan mengubahsyair yang berisi cacian-cacian, khurafat- khurafat, dan kebohongan-kebohongan.
3. Kisah-kisah:
 Kisah-kisahNabi Musa a.s. dengan Fir'aun;kisahNabi Ibrahim a.s. dengan kaumnya;kisahNabi Nuh a.s. dengan kaumnya;kisahNabi Shaleh a.s. dengan kaumnya (Tsamud);kisahNabi Hud a.s. dengan kaumnya (Ad),kisahNabi Luth a.s. dengan kaumnya;kisahNabi Syu'aib a.s. dengan penduduk Aikah.
4. Dan lain-lain:
Kebinasaan suatu bangsa atau umat disebabkan merekameninggalkan petunjuk-petunjuk agama; tumbuh-tumbuhan yang beraneka ragam dan perobahan-perobahannya adalah bukti adanya Tuhan Yang Maha Esa; petunjuk- petunjuk Allah bagi pemimpin agar berlaku lemah lembut terhadap pengikut- pengikutnya; turunnya kitab Al Quran dalam bahasa Arab sudah disebut dalam kitab-kitab suci dahulu.7. Al A'raaf 
Muqaddimah
Surat Al A'raaf yang berjumlah 206 ayat termasuk golongan surat Makkiyah,diturunkan sebelum turunnya surat Al An'aam dan termasuk golongan surat
 Assab'uththiwaal 
(tujuh surat yang panjang). Dinamakan
 Al A'raaf 
karena perkataan AlA'raaf terdapat dalam ayat 46 yang mengemukakan tentang keadaan orang-orang yang berada di atas Al A'raaf yaitu: tempat yang tertinggi di batas surga dan neraka.Pokok-pokok isinya:
 
1. Keimanan:
Mentauhidkan Allah dalam berdoa dan beribadat; hanya Allah sendiri yang mengatur dan menjaga alam; menciptakan undang-undang dan hukum-hukum untuk mengatur kehidupan manusia di dunia dan di akhirat; Allah bersemayam di 'Arasy; bantahanterhadap kepalsuan syirik; ketauhidan adalah sesuai dengan fitrah manusia; Musa berbicara dengan Allah; tentang melihat Allah; perintah beribadat sambilmerendahkan diri kepada Allah; Allah mempunyai al asmaaul husnaa.
2. Hukum-hukum:
Larangan mengikuti perbuatan dan adat istiadat yang buruk; kewajiban mengikutiAllah dan rasul; perintah berhias waktu akan sembahyang; bantahan terhadap orangyang mengharamkan perhiasan yang dianugerahkan Allah; perintah memakanmakanan yang halal lagi baik dan larangan memakan yang sebaliknya.
3. Kisah-kisah:
KisahNabi Adam a.s. dengan iblis;kisahNabi Nuh a.s. dan kaumnya;kisahNabi Shaleh a.s. dengan kaumnya;kisahNabi Syu'aib a.s. dengan kaumnya;kisahNabi Musa a.s. dengan Fir'aun.
4. Dan lain-lain:
Al Quran diturunkan kepada Nabi yang penghabisan dan perintah mengikutinya; NabiMuhammad s.a.w. diutus untuk seluruh manusia; adab orang mukmin, adabmendengar pembacaan Al Quran dan berzikir; rasul bertanggung jawabmenyampaikan seruan Allah; balasan terhadap orang-orang yang mengikuti danmengingkari rasul; da'wah rasul-rasul yang pertama sekali ialah mentauhidkan Allah;tentang ashhaabul A'raaf yang berada antara syurga dan neraka; Allah penciptamakhluk; manusia adalah makhluk yang terbaik dijadikan Allah serta mempunyaikesediaan untuk baik dan untuk buruk; permusuhan syaitan terhadap Bani Adam;manusia khalifah Allah di muka bumi; kehancuran sesuatu kaum adalah karena perbuatan mereka sendiri; tiap-tiap bangsa mempunyai masa jaya dan masakehancuran; Allah mencoba manusia dengan kakayaan dan kemiskinan; istidraj azabAllah terhadap orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya.28. Al Qashash
Muqaddimah
Surat Al Qashash terdiri atas 88 ayat termasuk golongan surat-surat Makkiyyah.Dinamai dengan
 Al Qashash
, karena pada ayat 25 surat ini terdapat kata
 Al Qashash
yang berarti
cerita
. Ayat ini menerangkan bahwa setelah Nabi Musa a.s. bertemudengan Nabi Syua'ib a.s. ia menceritakan cerita yang berhubungan dengan dirinyasendiri, yakni pengalamannya dengan Fir'aun, sampai waktu ia diburu oleh Fir'aunkarena membunuh seseorang dari bangsa Qibthi tanpa disengaja, Syua'ib a.s.menjawab bahwa Musa a.s. telah selamat dari pengejaran orang-orang zalim.Turunnya ayat 25 surat ini amat besar artinya bagi Nabi Muhammad s.a.w. dan bagisahabat-sahabat yang melakukan hijrah ke Madinah, yang menambah keyakinanmereka, bahwa akhirnya orang-orang Islamlah yang menang, sebab ayat inimenunjukkan bahwa barangsiapa yang berhijrah dari tempat musuh untuk 
 
mempertahankan keimanan, pasti akan berhasil dalam perjuangannya menghadapimusuh-musuh agama. Kepastian kemenangan bagi kaum muslimin itu, ditegaskan pada bagian akhir surat ini yang mengandung bahwa setelah hijrah ke Madinah kaummuslimin akan kembali ke Mekah sebagai pemenang dan penegak agama Allah. SuratAl Qashash ini adalah surat yang paling lengkap memuat cerita Nabi Musa a.s.sehingga menurut suatu riwayat, surat ini dinamai juga dengan surat Musa.Pokok pokok isinya:
1. Keimanan:
Allah yang menentukan segala sesuatu dan manusia harus ridha dengan ketentuan itu;alam adalah fana hanyalah Allah saja Yang Kekal dan semuanya akan kembali kepadaAllah, Allah mengetahui isi hati manusia baik yang dilahirkan ataupun yangdisembunyikannya.
2. Kisah-kisah:
Kekejaman Fir'aun dan pertolongan serta karunia Allah kepada Bani Israil; Musa a.s.dilemparkan ke sungai Nil, seorang Qibthi terbunuh oleh Musa a.s.; Musa a.s. di Mad-yan; Musa a.s. menerima perintah Allah menyeru Fir'aun dibukit Thur;kisahKarun.
3. Dan lain-lain:
Al Quran menerangkankisahnabi-nabi dan umat-umat dahulu sebagai bukti kerasulanMuhammad s.a.w.; akhli kitab yang beriman dengan Nabi Muhammad s.a.w. diberi pahala dua kali lipat; hikmat Al Quran diturunkan secara berangsur-angsur; hanyaAllah-lah Yang memberi taufik kepada hamba-Nya untuk beriman; Allahmenghancurkan penduduk sesuatu negeri adalah karena kezaliman penduduknyasendiri; Allah tidak akan mengazab sesuatu umat sebelum diutus rasul kepadanya;keadaan orang-orang kafir dan sekutu-sekutu mereka di hari kiamat; penggantiansiang dan malam adalah sebagai rahmat Allah bagi manusia; Allah membalaskebaikan dengan berlipat ganda, sedang balasan kejahatan seimbang dengan yangtelah dilakukan; janji Allah akan kemenangan Nabi Muhammad s.a.w.28. Al Qashash penutup
Penutup
Surat Al Qashash diturunkan di waktu kaum muslimin dalam keadaan lemah, sedangorang musyrik Mekah sebagai penguasa di waktu itu mempunyai kekuat- an dankekuasaan yang besar. Dalam surat ini Allah mengemukakan sebagaimana Fir'aunsebagai seorang raja yang mempunyai kekuasaan yang tak terbatas, be- gitu pulaKarun sebagai seorang yang berilmu dan mempunyai harta benda yang tak terhingga

Activity (70)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
dianp_21 liked this
Anak Langit liked this
Wowon Satrio liked this
ogiph liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->