Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aliran Darah pada Kecebong

Aliran Darah pada Kecebong

Ratings: (0)|Views: 856 |Likes:
Published by nayippunna

More info:

Published by: nayippunna on May 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/31/2013

pdf

text

original

 
Page|
1
Tekanan darah pada manusia
BAB I
 
PENDAHULUAN
A.
 
Latar belakang
Transportasi ialah proses pengedaran berbagai zat yang diperlukan keseluruh tubuh dan pengambilan zat-zat yang tidak diperlukan untuk dikeluarkan daritubuh. Alat transportasi pada manusia terutama adalah darah. Di dalam tubuh darahberedar dengan bantuan alat peredaran darah yaitu jantung dan pembuluh darah.Selain peredaran darah, pada manusia terdapat juga peredaran limfe (getah bening)dan yang diedarkan melalui pembuluh limfe.Pada hewan alat transpornya adalah cairan tubuh, dan pada hewan tingkattinggi alat transportasinya adalah darah dan bagian-bagiannya. Alat peredaran darahadalah jantung dan pembuluh darah.Fungsi sistem ini adalah menyediakan darah untuk melayani kebutuhan seldan jaringan, mentranspor nutrien dan oksigen ke semua sel, mentranspor produk-produk yang tidak berguna serta mentranspor hormon dari bagian tubuh satu kebagian tubuh lainnya.Ada beberapa hal yang berperan dalam sistem peredaran darah :
 
 jantung yang memompa darah
 
 pembuluh darah sebagai ‗pipa‘ penyalur darah
 
 
saraf yang mengatur
 
substansi kimia yang dapat mempengaruhi
 
Page|
2
Tekanan darah pada manusia
Darah diedarkan ke seluruh tubuh oleh jantung. Darah dipompakan kesemua bagian tubuh oleh kontraksi otot jantung. Jantung berkontraksi untuk memompakan darah sepanjang hidup tanpa berhenti untuk kelangsungan hidupseseorang. Berhentinya jantung adalah salah satu tanda kematian seseorang.Pembuluh darah terdiri dari arteri dan venaa.
 
Arteri.Arteri mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Di sini darahmengalir dengan cepat dan dengan tekanan tinggi. Oleh karena itu arterimempunyai dinding yang kuat.b.
 
VenaVena mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Karena tekanan disini rendah, dinding vena tipis. Vena mempunyai kemampuanmenampung darah sehingga dinding vena dapat meluas sesuai dengankebutuhan tubuh.Untuk menyesuaikan dengan keadaan tubuh, pembuluh darah dapatmelebar dan menyempit yang biasa disebut dengan dilatasi (melebar) dankonstriksi (menyempit). Hal ini dapat terjadi Karena pada lapisan dindingpembuluh darah terdapat otot yang dapat berkontraksi dan ber-relaksasi.Sistem saraf otonom mengatur pola peredaran darah. Pengaturan initidak dikendalikan oleh keinginan kita melainkan dapat berjalan secara otomatissesuai dengan keadaan dan kebutuhan tubuh. Tekanan darah, kecepatan alirandarah dan jumlah denyut jantung per menit dapat diatur oleh sistem ini.
 
Page|
3
Tekanan darah pada manusia
Zat kimia lain seperti hormon dan beberapa obat dapat mengaturperedaran darah. Misalnya adrenalin dapat meningkatkan denyut jantung. Contohlainnya adalah kafein dalam kopi selain merangsang saraf pusat juga dapatmeningkatkan denyut jantung.Komponen dalam sistem peredaran darah adalah :
 
tekanan darah
 
denyut jantung
 
konstriksi dan dilatasi pembuluh darah
 
curah jantung
 
tahanan perifer
 
volume darah
B.
 
Tujuan praktikum
1.
 
Untuk mengetahui aliran darah pada kecebong2.
 
Untuk mengetahui perbedaan pembuluh darah arteri dan vena3.
 
Untuk mengetahui aliran darah antara manusia dan kecebong

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Avid Riangga liked this
Anieda Phitri liked this
Rizki Fega liked this
Rizki Fega liked this
Rizki Fega liked this
Yusrika Ningsih liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->