Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PMA No 2 Th 1987 Tentang Wali Hakim

PMA No 2 Th 1987 Tentang Wali Hakim

Ratings: (0)|Views: 29 |Likes:
Published by Wahid Abdulrahman

More info:

Published by: Wahid Abdulrahman on May 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2012

pdf

text

original

 
 
PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA
 
NOMOR 2 TAHUN 1987
 
TENTANG
 
WALI HAKIM
 
MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA
 Menimbang: a. bahwa sahnya nikah menurut agama Islamditentukan antara lain dengan adanya Wali Nikah,karena itu apabila Wali Nasab tidak ada, ataumafqud (tidak diketahui di mana berada) atauberhalangan atau tidak memenuhi syarat atau adhal(menolak), maka Wali Nikahnya adalah WaliHakim;b. bahwa berhubung Peraturan Menteri Agama Nomor1 Tahun 1952 tentang Wali Hakim, PeraturanMenteri Agama Nomor 4 Tahun 1952 tentang WaliHakim untuk luar Jawa Madura dan InstruksiMenteri Agama Nomor 1 Tahun 1958 tentangPenunjukan Pejabat Wali Hakim, dianggap sudahtidak sesuai lagi dengan keadaan dewasa ini, perludiadakan penyempurnaan;c. bahwa untuk merealisasikan maksud huruf a dan bdiatas perlu menetapkan Peraturan Menteri Agama.Mengingat : 1. Undang-undang Nomor 22 Tahun 1946 tentangPencatatan Nikah, Talak dan Rujuk.2. Undang-undang Nomor 32 Tahun 1954 tentangPenetapan berlakunya Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1946 tentang PencatatanNikah, Talak dan Rujuk di Seluruh Daerah LuarJawa dan Madura.
 
 3. Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentangPerkawinan.4. Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 tentangPelaksanaan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974tentang Perkawinan.5. Keputusan Presiden RI Nomor 44 Tahun 1974tentang Pokok-pokok Organisasi Departemen.6. Keputusan Presiden RI Nomor 15 Tahun 1984tentang Susunan Organisasi Departemen.7. Peraturan Menteri Agama Nomor 3 Tahun 1975tentang Kewajiban Pegawai Pencatat Nikah dan TataKerja Pengadilan Agama dalam MelaksanakanPeraturan Perundang-undangan Perkawinan yangBeragama Islam.8. Peraturan Menteri Agama Nomor 4 Tahun 1975tentang Contoh Model Akta Nikah, BukuPendaftaran Talak, Buku Pendaftaran Cerai, BukuPendaftaran Rujuk dan Kutipan-kutipannya sertaDaftar Pemeriksaan Nikah.9. Peraturan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 1976tentang Penunjukan Pegawai untuk Mengangkat danMemberhentikan Pegawai Pencatat Nikah sertaMenetapkan Wilayahnya.10. Peraturan Menteri Agama Nomor 6 Tahun 1983tentang Penunjukan dan Pemberhentian sertaKewajiban dan Hak Pembantu Pegawai PencatatNikah (Pembantu PPN).11. Keputusan Menteri Agama Nomor 18 Tahun 1975tentang Susunan Organisasi dan Tata KerjaDepartemen Agama yang telah diubah dandisempurnakan terakhir dengan Keputusan MenteriAgama Nomor 75 Tahun 1984.
 
MEMUTUSKAN:
 Dengan mencabut :1. Peraturan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 1952 tentang Wali Hakim.2. Peraturan Menteri Agama Nomor 4 Tahun 1952 tentang Wali Hakim untuk Luar JawaMadura.3. Instruksi Menteri Agama Nomor 1 Tahun 1958 tentang Penunjukan Pejabat Wali Hakim.
Menetapkan :
 
PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA
 
TENTANG
 
WALI HAKIM.
 
BAB I
 
KETENTUAN UMUM
 
Pasal 1
 Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan :a. Wali Nasab adalah pria beragama Islam yang berhubungan darah dengan calon mempelaiwanita dari pihak ayah menurut hukum Islam.b. Wali Hakim adalah pejabat yang ditunjuk oleh Menteri Agama atau pejabat yang ditunjuk olehnya untuk bertindak sebagai Wali Nikah bagi calon mempelai wanita yang tidak mempunyai Wali.
BAB II
 
PENETAPAN ADHALNYA WALI
 
Pasal 2
 (1) Bagi calon mempelai wanita yang akan menikah di wilayah Indonesia atau di luarnegeri/wilayah ekstra-teritorial Indonesia ternyata tidak mempunyai Wali Nasab yang berhak 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->