Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
askep otitis eksterna

askep otitis eksterna

Ratings: (0)|Views: 250 |Likes:
Published by u_habib74

More info:

Published by: u_habib74 on May 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/01/2014

pdf

text

original

 
askep otitis eksterna
BAB I
 
PENDAHULUAN
 A.
 
LATAR BELAKANGOtitis eksterna adalah radang liang telinga akut maupun kronis disebabkan oleh bakteridapat terlokalisir atau difus, telinga rasa sakit. Faktor penyebab timbulnya otitis eksterna ini,kelembaban, penyumbatan liang telinga, trauma lokal dan alergi. Faktor ini menyebabkanberkurangnya lapisan protektif yang menyebabkan edema dari epitel skuamosa. Keadaan inimenimbulkan trauma lokal yang mengakibatkan bakteri masuk melalui kulit, inflasi danmenimbulkan eksudat.Bakteri patogen pada otitis eksterna akut adalah pseudomonas (41 %), strepokokus(22%), stafilokokus.aureus (15%) dan bakteroides (11%). Otitis eksterna ini merupakan suatuinfeksi liang telinga bagian luar yang dapat menyebar ke pina, periaurikular, atau ke tulangtemporal. Biasanya seluruh liang telinga terlibat, tetapi pada furunkel liang telinga luar dapatdianggap pembentukan lokal otitis eksterna. Otitis eksterna difusa merupakan tipe infeksi bakteripatogen yang paling umum disebabkan oleh pseudomonas, stafilokokus dan proteus, atau jamur.Penyakit ini merupakan penyakit telinga bagian luar yang sering dijumpai, disampingpenyakit telinga lainnya. Berdasarkan data yang dikumpulkan mulai tanggal Januari 2000 s/dDesember 2000 di Poliklinik THT RS H.Adam Malik Medan didapati 10746 kunjungan barudimana, dijumpai 867 kasus (8,07 %) otitis eksterna, 282 kasus (2,62 %) otitis eksterna difusadan 585 kasus (5,44 %) otitis eksterna sirkumskripta. Penyakit ini sering diumpai pada daerah-daerah yang panas dan lembab dan jarang pada iklim- iklim sejuk dan kering.
 
B.
 
TUJUANI.
 
TUJUAN INTRUKSIONAL UMUMSetelah dilaksanakan diskusi, pembuatan makalah dan dipresentasikannya Asuhan keperawatanklien dengan Otitis Eksterna, diharapkan mahasiswa mampu dan mengerti tentang asuhankeperawatan klien dengan Otitis Eksterna.II.
 
TUJUAN INTRUKSIONAL KHUSUSSetelah dilaksanakan diskusi, pembuatan makalah dan dipresentasikannya asuhan keperawatanklien dengan Otitis Eksterna, diharapkan mahasiswa mampu:1.
 
Menjelaskan pengertian dari Otitis Eksterna2.
 
Menjelaskan tanda dan gejala yang dirasakan akibat penyakit otitis eksterna3.
 
Mengetahui asuhan keperawatan yang diberikan pada pasien otitis eksterna
 
BAB II
 
PEMBAHASAN
 A.
 
ANATOMI FISIOLOGIAnatomi telinga terdiri dari :a. Telinga bagian luar1. AurikulaTerdiri dari kartilago elasin yang ditutupi kulit. Tidak ada kartilago pada lobus, yang hanyatersusun dari lemak dan jaringan ikat. Aurikula dapat digerakkan sedikit oleh tiga otot kecil yangberjalan menuju aurikula dari aponeurosis cranial dan tengkorak.2. Meatus Akustikus EksternaBatas antara telinga luar dan telinga tengah adalah membran timpani. 2/3 bagian dalam tersusunoleh tulang, dan 1/3 luar tersusun oleh tulang rawanyang bersambungan dengan daun telinga.Meatus berbentuk oval pada potongan melintang pada ujung lateral, bulat pada ujunga medial.b. Telinga bagian tengah1.
 
Kavum Timpany ( telinga tengah )Merupakan rongga kecil, agak memanjang di dalam pars petrosa os temporal.2.
 
Antrum Timpany3.
 
Tuba Auditiva Eustakic. Telinga bagian dalam1.
 
Labirintus Osseus2.
 
Rangkaian rongga yang saling berhubunganLabirintus Membranosus3.
 
Kantong tertutup di dalam labirin oseosa dan kurang lebih memiliki bentuk yang sama.B.
 
DEFINISI

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->