Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tugas Ilmu negara

tugas Ilmu negara

Ratings: (0)|Views: 139 |Likes:
Published by Si Chebet Aganis

More info:

Published by: Si Chebet Aganis on May 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/01/2013

pdf

text

original

 
BAB I
PENDAHULUAN 
1.LATAR BELAKANG MASALAHANUntuk menambah ilmu pengetahuan mahasiswa tentang adanya pemberlakuan perpajakan khususnya mafia pajak dalam suatu sistem di Indonesia yang menimbulkan suatudampak negatife terhadap kehidupan sosial di negara Indonesia2.RUMUSAN MASALAHAdapun rumusan permasalahan dalam makalah ini adalah sebagai berikut :a.apa arti dari mafia pajak itu tersebut ?
 b.pandangan masalah mafia pajak dari segi politik , hukum danekonomi
c.kasus – kasus tentang mafia pajak yang ada di Indonesia.d.apakah dampak dari mafia pajak terhadap negara Indonesia ?e.bagaimana upaya penanggulangan tentang mafia pajak tersebut ?3.TUJUANAdapun tujuan dari penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut :
a.
Diharapkan mahasiswa dapat mengerti tentang mafia pajak .
b.
Diharpkan mahasiswa dapat menelaah beberapa kasus tentang mafia pajak dari beberapa kasus yang di angkat dalam makalah ini.
c.Diharapkan mahasiswa dapat ikut berfikir dalam upaya mengatasi mafia pajak di Indonesia .4.MANFAAT
Yang menjadi manfaat yang akan di capai dalam penyusunan makalah iniadalah sebagai berikut :a.Mahasiswa mampu menjadi penengah di tengah masyarakat dalammengurangi kesalahpahaman dan salah tafsir masyarakat dalamkasus mafia pajak  b.Mahasiswa diharapkan dapat ikut berperan serta dalam mencarisolusi mafia pajak 
 
BAB II
MAFIA PAJAK DI INDONESIA
Definisi Mafia Pajak 
Terbagi atas dua kata MAFIA DAN PAJAK 
Mafia merupakan suatu istilah dari orang Sicilia untuk segala organisasi rahasia yangmengendalikan kehidupan masyarakat di bidang sosial, ekonomi, dan politik. Pada abad ke-19, para pemilik tanah feodal dan di Sicilia membentuk kelompok para pengikut yang harusmenjaga tanah mereka dari ancaman pemberontakan petani.Organisasi-organisasi ini, yang disebut Mafia, menjadi suatu organisasi yang sejajar dengandengan badan-badan pemerintah resmi. Pada masa itu, organisasi mafia bertujuan untuk mengendalikan segala kegiatan politik dan ekonomi di daerah pedesaan dengan segala cara.Setelah perang Dunia II terjadi pemisahan antara Mafia “tua” dan “muda”, yang terakhir initerutama berpusat di kota-kota besar dan mengikuti cara-cara Mafia Amerika. Di Amerika,istilah Mafia digunakan untuk bentuk-bentuk tertentu yang terorganisasi.Sedangkan,
Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undangsehingga dapat dipaksakan- dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung. Pajak dipungut penguasa berdasarkannorma-norma hukumuntuk menutup biaya produksi barang-barang danjasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan umum.
Lembaga Pemerintahyang mengelola perpajakan negara diIndonesiaadalahDirektorat Jenderal Pajak (DJP) yang merupakan salah satu direktorat jenderal yang ada di bawahnaunganKementerian Keuangan Republik Indonesia.Jadi bisa di artikan MAFIA PAJAK adalah organisasi organisasi tidak resmi yang ikut campur dalam pengelolaan iuran rakyat di negara Indonesia .Selama ini kita mengenal adanya berbagai Mafia di negeri kita. Beberapa kelompok yang kita kenal dan familiar dalam pendengaran kita antara lain adalah :
·
 
Mafia Kayu. Untuk memberi lebel atau prediket kepada para pelaku kejahatan di bidangkayu dan perusak hutan ilegal loging atau pelaku ilegal logging.
·
 
Mafia Bandar Psikotropika. Untuk memberi prediket kepada pelaku kejahatan dalam perederan ganja, heroin, shabu-shabu, mariyuana, opium dan sebagainya.
·
 
Mafia Pajak. Untuk memberi prediket kepada para pelaku kejahatan di bidang penggelapan pajak.
·
 
Mafia Peradilan. Untuk memberi prediket kepada para pelaku kejahatan di bidang proses di pengadilan.
·
 
Mafia Hukum. Untuk memberi prediket kepada para pelaku kejahatan di bidang penegakanhukum.
·
 
Mafia PNS. Untuk memberi prediket kepada calo penerimaan Pegawai Negeri Sipil.
·
 
Mafia Sex. Untuk memberi prediket kepada penyedia birahi dan pemuas syahwat.
·
 
Mafia Tanah atau rumah. Untuk memberi prediket kepada agen atau calo jual beli rumah, bangunan atau tanah bodong alias bermasalah.
 
·
 
Mafia Senjata, Mafia Impor barang, Mafia Minyak Tanah, Mafia Tabung Elpiji, MafiaSepakbola, Mafia bandit pembunuh dan sebagainya.Yang terkini kita temukan dengan nyata adanya mafia atau calo pembuat Paspor.Sebetulnya ini bukan temuan baru karena calo yang membantu pembuatan paspor memangsudah ada sejak dulu kala. Mereka malah bekerja secara terbuka untuk membantu calonnyayang mengatakan keinginannya untuk disiapkan paspor dengan cara cepat, mudah walau sedikitmahal.Dan dalam kamus “
Oxford Advance Learner Dictionary
” adalah a secret organizationof criminal. Memang mafia di negeri asalnya adalah organisasi yang bersifat rahasia dari parakriminalis. Tetapi kata mafia sekarang sudah berubah maknanya. Bukan hanya sekedaorganisasi yang menghimpun para kriminalis, akan tetapi juga mereka yang menggunakanmafia kerah putih. Jika mafia dahulu selalu dikaitkan dengan kriminalis hitam, seperti perampokan, penjarahan, kekerasan actual dan sebagainya, akan tetapi sekarang mafia sudahmemasuki dunia lain, yaitu tindakan koruptif, nepotisme dan kolusi.Dewasa ini yang ramai dibicarakan adalah mafia hukum atau yang lebih spesifik mafia pajak. Tentu saja hal ini dikaitkan dengan kasus Gayus Tambunan yang melakukan tindakankoruptif dan kolutif terkait dengan pembayaran pajak. Pegawai yang hanya bergolongan III initernyata memiliki property yang jauh di atas rata-rata PNS. Dan melalui tindakannya yangmelawan hukum tersebut, maka kasus mafia pajak terkuak secara transparan.
Sebagai kesimpulan bahwa mafia pajak dapat didefinisikan sebagai semua tindakanoleh prorangan atau kelompok yang terencana untuk kepentingan tertentu yang mempengaruhi penegak hukum dan pejabat publik yang menyimpang dari ketentuan hukum yang ada.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->