Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Esdal 2, Peraturan Ttg Air

Tugas Esdal 2, Peraturan Ttg Air

Ratings: (0)|Views: 66|Likes:
Published by Andryan Niichan

More info:

Published by: Andryan Niichan on May 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2013

pdf

text

original

 
Tugas Ekonomi Sumberdaya Alam & Lingkungan 2
Peraturan-peraturan mengenai air
 
Disusun Oleh :ANDRYAN (
0802113160
)DOSEN PEMBIMBING :
UNIVERSITAS RIAUPEKANBARU2011
 
 
Semakin meningkatnya pencemaran air yang dapat menurunkan kualitas baku mutu air,tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan krisis ketersediaaan air. Namun, jika secarapengelolaan dan pemanfaatannya dapat dilakukan dengan baik, terencana, terkendali, hemat danefisien, serta bebas dari pencemaran, maka krisis air pun dapat teratasi.Menurut Ketua Dewan Lingkungan Hidup Propinsi Jatim, HA Latief, di Pulau Jawa dan Balipada 2020 diprediksi akan terjadi defisit air di musim kemarau, karena kebutuhan air mencapai 44,1miliar m3 dan ketersediannya yang ada hanya sekitar 25,3 miliar m3. Sedangkan di pulau lainnya,diperkirakan akan terjadi surplus dalam neraca airnya.Kelebihan air di musim hujan yang berupa banjir dan kekeringan di musim kemaraumerupakan contoh ekstrim, karena penatalaksanaan air tidak baik. Pengendalian pencemaran air,pencegahan, dan rehabilitasi merupakan masalah mendasar yang menjadi komitmen bersama untuk ditanggulangi, agar krisis ketersediaan air dapat teratasi.Persoalan lingkungan terkait air sebagaimana tertuang dalam UU No.7/2004 tentang SumberDaya Air perlu ditingkatkan dengan menata keserasiannya dengan produk hukum lingkungan yanglain, serta dapat menerjemahkannya dalam anggaran dan jenis program kegiatannya. Sehinggadengan itu, kebijakan pemerintah terhadap tata kelola air terus berlangsung hingga pada PP No. 37Tahun 2010 tentang Bendungan. Sedangkan untuk sektor industri Air Minum Dalam Kemasan,Permenperin No. 01 Tahun 2010 menetapkan pemberlakuan SNI secara wajib.Secara keseluruhan, makalah ini merangkum kebijakan pemerintah yang terkait denganpengelolaan sumber daya air serta berbagai kebijakan lainnya. Sehingga makalah ini sangat bergunabagi para pemain yang terkait langsung dengan sektor industri air minum, pengambil keputusan darikalangan industri menyangkut Bahan Baku Air hingga Baku Mutu Air Limbah, menjadi referensiuntuk pembuatan skripsi mengenai sumber daya air, serta sektor industri terkait lainnya, yaituperbankan, supplier dan investor.
 Ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan 2Andryan0802113160
 
Rumah tangga merupakan pengguna air terbanyak 
Menurut saya, pengguna air terbanyak bukanlah perusahaan, pemerintah, atau industrilainnya, tetapi rumah tangga. Perempuan berperanan penting dalm mengatasi krisis air yang kinitengah terjadi. Pasalnya, pengguna air terbanyak berasal dari sektor rumah tangga yang sebagianbesar urusan ini dikendalikan oleh para perempuan.Distribusi penggunaan air bersih dalam sebuah rumah umumnya didominasi oleh aktivitasmandi sebanyak 30 hingga 35 persen, kakus atau penturasan 20 hingga 30 persen, serta kegiatanmencuci 20 hingga 25 persen. Sementara untuk kebutuhan minum dan masak serta bersih-bersihhanya 15 persen.Khusus untuk pencucian, setiap keluarga di Indonesia rata-rata mencuci 1,9 kg pakaian kotorsetiap harinya, di mana 94 persen melakukan pembilasan cucian minimal tiga kali dan jumlah airyang digunakan setiap kali pembilasan rata-rata sebanyak 10,75 liter air/kg pakaian. Jadi, jikadihitung jumlah penduduk berdasarkan Badan Pusat Statistik tahun 2005 yaitu 52.575.000 kepalakeluarga, maka rata-rata-rata jumlah air yang dipakai oleh seluruh penduduk Indonesia untuk membilas air cucian selama satu tahun adalah 1,17 miliar liter air. Itu baru angka dari penggunaanair untuk membilas cucian, belum lagi air untuk mandi, cuci piring, dan lainnya. Angka ini sangatsignifikan menyebabkan krisis air.Penggunaan air terbesar memang berasal dari rumah tangga. Bukan Cuma pengguna airterbesar saja, tetapi juga air limbah yang dihasilkan oleh runah tangga merupakan yang terbesar danmenjadi ancaman bagi lingkungan. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu teknologi untuk mengolah airlimbah rumah tangga tersebut supaya tidak terus menerus mencemari lingkungan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->