Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pendidikan Seks

Makalah Pendidikan Seks

Ratings: (0)|Views: 511|Likes:

More info:

Published by: Yuzran Zhymaldazz Chancad on May 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/04/2012

pdf

text

original

 
Makalah Pendidikan Seks Di SMA
7 Votes
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
A. LATAR BELAKANG
 Seks bebas merupakan hubungan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan tanpa adanyaikatan perkawinan.Perilaku seks bebas yang terjadi pada remaja dapat disebabkan olehkurangnya perhatian orang tua terhadap anak yang disebabkan karena kesibukan masing-masingsehingga anak tidak memperoleh pengetahuan tentang seks bebas dari orang tua dan oleh sebabitulah kadang kala anak terjerumus pada pergaulan yang salah. Perilaku seks bebas juga dapatterjadi jika remaja kurang mempunyai pemikiran yang matang untuk berbuat sesuatu di tambahlagi karena dorongan dari teman sebaya. Kadang teman mempunyai pengaruh yang buruk danmemaksa mencoba sesuatu yang baru sehingga mereka mencoba melakukan hubungan seksdengan lawan jenis tanpa memikirkan akibat yang akan terjadi.
B. MASALAH
 Masalah-masalah yang di hadapi antara lain adalah:Pertama perubahan jasmani yang begitu cepat mengakibatkan kegoncangan bagi remaja, karenapertumbuhan menyebabkan remaja itu mulai menyukai lawan jenis.Kedua, masalah hubungan dengan orang banyak, banyak orang tua yang mengekang anak-anaknya untuk berbuat dan melakukan sesuatu sehingga dalam hal ini remaja mengalami konflik dengan orang tua.Kenakalan remaja disebabkan oleh 2 faktor pertama, faktor intern yang berasal dari diri pribadidan atas kemauan remaja sendiri untuk berbuat sesuatu yang mereka inginkan dan tanpa paksaandari orang lain.Kedua, faktor ekstern yang bisa timbul karena pengaruh lingkungan danpergaulan yang salah.Contoh bentuk-bentuk kenakalan remaja antara lain adalah seks bebas, penyalahgunaan narkotik,pelacuran dan tawuran.
 
C.TUJUAN
 Tujuan pendidikan seks di ajarkan di SMA yaitu sebagai berikut:Memberikan pengertian yang memadai mengenai perubahan fisik, mental dan proseskematangan emosional yang berkaitan dengan masalah seksual pada remaja.Mengurangi ketakutan dan kecemasan sehubungan dengan perkembangan dan penyesuaianseksual (peran, tuntutan dan tanggungjawab)Membentuk sikap dan memberikan pengertian terhadap seks dalam semua manifestasi yangbervariasiMemberikan pengertian bahwa hubungan antara manusia dapat membawa kepuasan pada keduaindividu dan kehidupan keluarga.Memberikan pengertian mengenai kebutuhan nilai moral yang esensial untuk memberikan dasaryang rasional dalam membuat keputusan berhubungan dengan perilaku seksual.Memberikan pengetahuan tentang kesalahan dan penyimpangan seksual agar individu dapatmenjaga diri dan melawan eksploitasi yang dapat mengganggu kesehatan fisik dan mentalnya.Untuk mengurangi prostitusi, ketakutan terhadap seksual yang tidak rasional dan eksplorasi seksyang berlebihan.Memberikan pengertian dan kondisi yang dapat membuat individu melakukan aktivitas seksualsecara efektif dan kreatif dalam berbagai peran, misalnya sebagai istri atau suami, orangtua,anggota masyarakat.
D.MANFAAT
 Manfaat pendidikan seks ini adalah:Mendapat pandangan positif tentang pendidikan seks.Mengetahui akibat dan bahaya tentang pergaulan bebas atau seks bebas.Dapat mengetahui tindakan yang menyimpang dan dapat menghidarinya.
BAB II
 
A. Pendidikan Seks
 Pendidikan Seks terdiri dari dua segi:
 
Pertama, pengetahuan secara biologis yang termasuk dalam pengetahuan alat-alat reproduksiperempuan dan laki-laki, proses reproduksi yaitu kehamilan dan kelahiran, serta pengetahuandan pemahaman cara penularan PMS dan HIV/AIDS.Kedua, pengetahuan dengan pendekatan sosial/psikologis yang membahas soal seks,perkembangan diri, soal kontrasepsi, mengenal perilaku seksual beresiko dan hak-hak manusiauntuk keselamatan kita serta keputusan untuk melakukan hubungan seks. Menurut World HealthOrganisation (Organisasi Kesehatan Dunia), Pendidikan Seks seharusnya tidak terbatas sampaipengetahuan biologis, tetapi berperan untuk melindungi kesehatan dan keamanan masyarakatlewat pendidikan.Pendidikan seks yang benar harus memasukkan unsur-unsur hak asasi manusia sehingga akanmerupakan pendidikan akhlak dan moral juga. Oleh karena itu Pendidikan Seks seringdidampingi ajaran agama, iman dan norma-norma yang ditentukan masyarakat. Materi yangmasuk kurikulum atau diajar di sekolah tentu saja dipengaruhi oleh norma-norma masyarakat,dan mencerminkan apa yang masyarakat inginkan untuk mengajar anak-anaknya. Kebanyakanpenduduk Indonesia beragama Islam, lalu Kristen, Katolik, dan Hindu-Buda dan norma-normayang sesuai dengan agama tersebut memang berada di sistem sekolah, di ajaran maupun sikap-sikapnya.Saat ini, kekurangan informasi yang benar tentang masalah seks akan memperkuatkankemungkinan remaja percaya salah paham yang diambil dari media massa dan teman sebaya.Akibatnya, kaum remaja masuk ke kaum beresiko melakukan perilaku berbahaya untuk kesehatannya. Dengan 87.5% remaja perkotaan SMP dan 66.0% remaja perkotaan SMA.Ternyata di satu pihak, ruang sekolah merupakan satu segi masyarakat yang mampu bertindak memberikan Pendidikan Seks kepada kaum remaja Indonesia dan ruang sekolah merupakan
suatu lingkungan yang memperkenalkan kaum remaja kepada masalah dan „bahayanya‟ seks,
dengan begitu ruang sekolah mampu melindungi kaum remaja dari resiko ini dengan informasi.Fakta-fakta ini memperkuatkan kebutuhan remaja untuk menerima Pendidikan Seks yangmengajar informasi yang benar tentang seks.
B. Bahaya Seks Bebas
 Kenakalan remaja dapat disebabkan oleh pengaruh teknologi yang semakin modern dan bisa jugadisebabkan oleh berbagai faktor yaitu faktor intern yang berasal dari dalam diri sendiri dan faktorekstern yang bisa berasal dari pengaruh lingkungan. Bahaya-bahaya seks bebas dikalanganremaja antara lain adalah:1. Beberapa penyakit yang siap mendatangi seperti, herpes, HIV Aids, Raja singa, dan penyakitlainnya. Penyakit ini tentu sudah diketahui sangat membahayakan dan sampai sekarang masihbelum ada obatnya.2. Hamil di luar pernikahan akan menimbulkan permasalahan baru, apabila anda masih kuliahatau sekolah tentu saja orang tua anda akan sangat kesal kepada anda. Dan anda pun takut untuk 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->