Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perkap No 16 Th 2010 Ttg Informasi Publik

Perkap No 16 Th 2010 Ttg Informasi Publik

Ratings: (0)|Views: 425|Likes:
Published by Siwas Polres Ciamis
PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2010 TENTANG TATA CARA PELAYANAN INFORMASI PUBLIK
PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2010 TENTANG TATA CARA PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

More info:

Published by: Siwas Polres Ciamis on May 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/30/2012

pdf

text

original

 
 PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIANOMOR 16 TAHUN 2010TENTANGTATA CARA PELAYANAN INFORMASI PUBLIKDI LINGKUNGAN KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIADENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAKEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang : a. bahwa dalam era reformasi, setiap warga negara memiliki hakuntuk mencari, memperoleh, menggunakan, danmenyebarluaskan informasi yang akurat secara mudah dancepat, sehingga memerlukan kesiapan dari Kepolisian NegaraRepublik Indonesia untuk memberikan pelayanan informasipublik;b. bahwa dalam rangka memberikan pelayanan informasi publik,Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui fungsi hubunganmasyarakat, memerlukan standar/prosedur pengelolaan gunamenjamin pelayanan informasi publik yang transparan danakuntabel;c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud padahuruf a dan huruf b, perlu menetapkan Peraturan KepalaKepolisian Negara Republik Indonesia tentang Tata CaraPelayanan Informasi Publik di Lingkungan Kepolisian NegaraRepublik Indonesia;Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang KepolisianNegara Republik Indonesia (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2002 Nomor 2, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4168);2. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang KeterbukaanInformasi Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun2008 Nomor 61, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4846);3. Keputusan Presiden Nomor 70 Tahun 2002 tentang Organisasidan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia;MEMUTUSKAN….
 
2
MEMUTUSKAN:
Menetapkan
: PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIKINDONESIA TENTANG TATA CARA PELAYANAN INFORMASIPUBLIK DI LINGKUNGAN KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIKINDONESIA.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan:1. Kepolisian Negara Republik Indonesia yang selanjutnya disingkat Polri adalahalat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertibanmasyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayomandan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanandalam negeri.2. Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yangmengandung nilai, makna dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannyayang dapat dilihat, didengar dan dibaca, yang disajikan dalam berbagai kemasandan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasisecara elektronik maupun non elektronik.3. Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim,dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggaradan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraanbadan publik lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan sertainformasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.4. Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang selanjutnya disingkat PID adalahpusat penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayananinformasi badan publik.5. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang selanjutnya disingkat PPIDadalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan,pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi badan publik.6. Pejabat pengemban PID adalah pejabat yang melaksanakan tugas-tugas PPID.7.
Ex-officio 
adalah tugas yang dilaksanakan melekat karena jabatan yangdiemban.
Pasal 2
Tujuan dari peraturan ini yaitu mewujudkan pengintegrasian peranan pengembanfungsi Humas Polri, PPID Mabes Polri dan satuan kewilayahan dalam memberikandan/atau menerima informasi yang diperlukan guna mewujudkan komunikasi dua arahyang harmonis, baik antara pengemban fungsi Humas Polri, PPID Mabes Polri dansatuan kewilayahan maupun dengan pihak yang berkepentingan.Pasal 3 ……
 
3
Pasal 3
Prinsip-prinsip dalam peraturan ini, meliputi:a. mudah, cepat, cermat dan akurat, yaitu setiap kegiatan dalam pemberianpelayanan informasi publik harus dilaksanakan tepat waktu, disajikan denganlengkap, dikoreksi sesuai kebutuhan, dan mudah diakses;b. transparansi, yaitu dalam pemberian pelayanan informasi publik harusdilaksanakan secara jelas dan terbuka;c. akuntabel, yaitu setiap kegiatan dalam pemberian pelayanan informasi publikharus dapat dipertanggungjawabkan; dand. proporsionalitas, yaitu setiap kegiatan dalam pemberian pelayanan informasipublik harus memperhatikan keseimbangan antara hak dan kewajiban.
BAB IIKRITERIA INFORMASI PUBLIKPasal 4
Informasi publik di lingkungan Polri merupakan informasi yang dihasilkan, disimpan,dikelola, dikirim, atau diterima, yang berkaitan dengan kegiatan Polri.
Pasal 5
Informasi publik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4, berdasarkan kriterianya terdiridari:a. informasi yang dikecualikan untuk dipublikasikan;b. informasi yang bukan dikecualikan;c. informasi yang wajib diumumkan secara serta merta;d. informasi yang wajib tersedia setiap saat; dane. informasi yang wajib disampaikan secara berkala.
Pasal 6
Informasi yang dikecualikan untuk dipublikasikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal5 huruf a meliputi informasi yang dapat:a. menghambat proses penyelidikan dan penyidikan suatu tindak pidana;b. mengungkapkan identitas informan, pelapor, saksi, dan/atau korban yangmengetahui adanya tindak pidana;c. mengungkapkan data intelijen kriminal dan rencana-rencana yang berhubungandengan pencegahan dan penanganan segala bentuk kejahatan transnasional;d. membahayakan …..

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->