Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Evaluasi Program Belajar Yang Efektif Meningkatkan Kesiapan Menghadapi Ujian

Proposal Evaluasi Program Belajar Yang Efektif Meningkatkan Kesiapan Menghadapi Ujian

Ratings: (0)|Views: 174 |Likes:
Published by Gunawan Al-qordowi

More info:

Published by: Gunawan Al-qordowi on May 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2012

pdf

text

original

 
PROPOSAL EVALUASI PROGRAM BELAJAR YANG EFEKTIFMENINGKATKAN KESIAPAN MENGHADAPI UJIAN
PROPOSAL
 
EVALUASI PROGRAM BELAJAR YANG EFEKTIF
 
MENINGKATKAN KESIAPAN MENGHADAPI UJIAN
 
SISWA KELAS XII MAN 2 MEDAN
Ditulis Untuk Memenuhi Tugas Individu F2 Mata Kuliah Evaluasi SupervisiBK Semester 5 T.A 2011/2012
 
D
 
I
 
S
 
U
 
S
 
U
 
N
 
OLEH:
 
UMMI SALAMAH HASIBUAN
 
NIM : 109351040
 
BK EKS A 09
 BIMBINGAN DAN KONSELINGFAKULTAS ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS NEGERI MEDAN2011
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
A.
 
Latar Belakang Masalah
 Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini adalah tidak lain sebagai buktinyata dari keberhasilan para kaum terpelajar yang selalu haus akan ilmu pengetahuan.Mereka tidak pernah menghindari diri dari perbuatan belajar dan selalu belajar. MenurutThursan Hakim, belajar adalah suatu proses perubahan didalam kepribadian manusia, danperubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkahlaku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman,keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.
 
Dalam belajar kita tidak bisa melepaskan diri dari beberapa hal yang dapat mengantarkita berhasil dalam belajar. Banyak orang yang belajar dengan susah payah, tetapi tidak mendapat hasil apa-apa hanya kegagalan yang ditemui, penyebabnya karena belajar tidak teratur, tidak disiplin, dan kurang bersemangat, tidak tahu bagaimana cara berkonsentrasidalam belajar, istirahat yang tidak cukup dan kurang tidur.Dalam proses belajar mengajar disekolah, yang berperan dalam mengubah tingkahlaku siswa adalah guru sebagai pendidik. Tidak hanya mempersiapkan dan menyajikan bahanpelajaran, akan tetapi guru harus dapat menimbulkan kesiapan belajar yang diperoleh siswamerupakan pertanda krisis mutu pendidikan karena apabila kesiapan yang diberikan olehguru itu rendah akan mengakibatkan prestasi siswa akan semakin rendah yangmengakibatkan mutu pendidikan menjadi rendah.Menurut Oemar Hamalik (1998 : 12) bahwa belajar akan berhasil apabila siswamemiliki kesiapan seseorang siswa dalam menghadapi ujian terkait dengan cara belajarsiswa, karena cara belajar yang baik memungkinkan untuk siswa untuk menghadapi ujian.Usaha untuk menumbuhkan kesiapan pada siswa sudah banyak dilakukan guru matapelajaran yang bersangkutan dan sulit dilakukan usaha untuk menumbuhkan kesiapan siswadalam belajar. Didalam kegiatan belajar juga sangat diperlukan adanya kesiapan belajar danmengarah pada tujuan belajar,Apabila peserta didik memiliki kesiapan yang tinggi untuk belajar tentu akanmendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu setiap peserta didik memiliki kesiapan dalam meraih prestasi, maka hasil belajarnya dapat optimal melaluikesadaran akan bertanggung jawab dalam belajar, cara-cara belajar yang efisien.Kesiapan dalam menghadapi ujian berarti harus bersifat proaktif, memperbanyak latihan dan soal/ baca, mengatur waktu belajar dan mengikuti proses belajar mengajarsehingga tercapai sasaran kegiatan belajar dan siswa meraih hasil/ prestasi belajar yangtinggi.Namun kenyataannya berdasarkan hasil wawancara yang peneliti peroleh dari guruBK di MAN 2 Medan sebagian besar siswa tidak siap menghadapi ujian baik ujian semester,ujian akhir sekolah, dan ujian nasional diakibatkan kurangnya siswa memiliki disiplin belajar,sukar mengatur waktu, tidak serius memperhatikan guru yang menerangkan materi pelajaran,kurangnya belajar kelompok dan tidak mengulang kembali pelajaran disekolah ketikadirumah. Hal ini tentu akan memberikan pengaruh terhadap keberhasilan siswa.Dalam proposal ini penulis mencoba untuk mengevaluasi keberhasilan dari program
Belajar Yang Efektif Meningkatkan Kesiapan Menghadapi Ujian Siswa Kelas XII Man
 
Rantau Prapat
 
”. Teknik evaluasi yang digunakan dalam proposal ini adalah dengan
menggunakan model CIPP.Model CIPP merupakan salah satu model yang paling sering dipakai oleh evaluator.Model ini terdiri dari 4 komponen evaluasi sesuai dengan nama model itu sendiri yangmerupakan singkatan dari Context, Input, Process dan Product.
 
Evaluasi konteks (context evaluation) merupakan dasar dari evaluasi yang bertujuanmenyediakan alasan-alasan (rationale) dalam penentuan tujuan (Baline R. Worthern & JamesR Sanders : 1979) Karenanya upaya yang dilakukan evaluator dalam evaluasi konteks iniadalah memberikan gambaran dan rincian terhadap lingkungan, kebutuhan serta tujuan(goal).
 
Evaluasi input (input evaluation) merupakan evaluasi yang bertujuan menyediakan informasiuntuk menentukan bagaimana menggunakan sumberdaya yang tersedia dalam mencapaitujuan program.
 
Evaluasi proses (process evaluation) diarahkan pada sejauh mana kegiatan yangdirencanakan tersebut sudah dilaksanakan. Ketika sebuah program telah disetujui dandimulai, maka dibutuhkanlah evaluasi proses dalam menyediakan umpan balik (feedback)bagi orang yang bertanggungjawab dalam melaksanakan program tersebut
 
Evaluasi Produk (product evaluation) merupakan bagian terakhir dari model CIPP.Evaluasi ini bertujuan mengukur dan menginterpretasikan capaian-capaian program. Evaluasiproduk menunjukkan perubahan-perubahan yang terjadi pada input. Dalam proses ini,evaluasi produk menyediakan informasi apakah program itu akan dilanjutkan, dimodifikasikembali atau bahkan akan dihentikan.
B.
 
RUMUSAN MASALAH
 Sesuai dengan latar belakang dalam penelitian ini maka dapat dirumuskan masalah
dalam penelitian ini adalah “ Apakah melalui bimbingan teknik belajar yang efektif dapatmeningkatkan kesiapan dalam menghadapi ujian siswa dikelas”.
 
C.
 
TUJUAN PENELITIAN
 Penelitian ini bertujuan :1.
 
Untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan teknik belajar yang efektif pada siswakelas XII SMA N 1 Medan.2.
 
Untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas XII SMA N 1 Medan.
D.
 
MANFAAT PENELITIAN
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->