Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah serat polimer

makalah serat polimer

Ratings: (0)|Views: 318 |Likes:
Published by gita

More info:

Published by: gita on May 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/08/2014

pdf

text

original

 
SERAT
Serat (Inggris:
 fiber 
) adalah suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponenyang membentuk jaringan memanjang yang utuh. Contoh serat yang paling sering dijumpaiadalah serat pada kain. Material ini sangat penting dalam ilmu Biologi baik hewan maupuntumbuhan sebagai pengikat dalam tubuh. Manusia menggunakan serat dalam banyak hal:untuk membuat tali, kain, atau kertas. Serat dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu seratalami dan serat sintetis (serat buatan manusia). Serat sintetis dapatdiproduksisecara murahdalam jumlah yang besar. Namun demikian, serat alami memiliki berbagai kelebihankhususnya dalam hal kenyamanan.
 JENIS-JENIS SERAT
Jenis-jenis serat ada 2 macam yaitu:
Serat alami 
Serat alami
meliputi serat yang diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan, hewan, dan prosesgeologis. Serat jenis ini bersifat dapat mengalami pelapukan. Serat alami dapatdigolongkan ke dalam:
Serat tumbuhan serat pangan; biasanya tersusun atas selulosa, hemiselulosa, danterkadang mengandung pula lignin. Contoh dari serat jenis ini yaitu katun dan kainramie. Serat tumbuhan digunakan sebagai bahan pembuat kertas dan tekstil. Serattumbuhan juga penting bagi nutrisi manusia.
Serat kayu, berasal dari tumbuhan berkayu.
Serat hewan, umumnya tersusun atas protein tertentu. Contoh dari serat hewan yangdimanfaatkan oleh manusia adalah serat laba-laba,serat sutra dan serat bulu domba,serat wol.
Serat mineral, umumnya dibuat dari asbestos. Saat ini asbestos adalah satu-satunyamineral yang secara alami terdapat dalam bentuk serat panjang.
 
Serat sintetis
Serat sintetis
atau serat buatan manusia umumnya berasal dari bahan petrokimia. Namun demikian, ada pula serat sintetis yang dibuat dari selulosa alami seperti rayon.Serat sintesis di bagi 2 yaitu:
Serat mineral
Kaca serat /
 Fiberglass
, dibuat dari kuarsa.
Serat logam dapat dibuat dari logam yang duktil seperti [tembaga], emas, atau perak.
Serat karbon.
Serat polimer
Serat polimer adalah bagian dari serat sintetis. Serat jenis ini dibuat melalui proseskimia. Bahan yang umum digunakan untuk membuat serat polimer:
o
 polyamida nilon.
o
PET atau PBT [[poliester], digunakan untuk membuat botol plastik,
o
fenol-formaldehid (PF)
o
serat polivinyl alkohol (PVOH)
o
serat polivinyl khlorida (PVC)
o
 poliolefin (PP dan PE)
o
o
Elastomer , digunakan untuk membuatspandex, 
o
 
Contoh serat alami yaitu:
a. Selulosa
Selulosa
(C
6
H
10
O
5
)
n
adalah polimer berantai panjang polisakarida karbohidrat, dari beta-glukosa. Selulosa merupakan komponen struktural utama dari tumbuhan dan tidak dapat dicerna oleh manusia.
b. Hemiselulosa
Hemiselulosa
merujuk pada  polisakaridayang mengisi ruang antara serat-serat selulosadalamdinding seltumbuhan. Secara  biokimiawi, hemiselulosa adalah semua  polisakarida yang dapat diekstraksidalahlarutan  basa(alkalis). Namanya berasal dari anggapan, yang ternyata diketahui tidak benar, bahwa hemiselulosa merupakan senyawa prekursor (pembentuk)selulosa.Monomer penyusun hemiselulosa biasanya adalah rantai D-glukosa, ditambah dengan berbagai bentuk monosakarida yang terikat pada rantai, baik sebagai cabang atau matarantai, seperti D-mannosa, D-galaktosa, D-fukosa, dan pentosa-pentosa seperti D-xilosa  dan L-arabinosa.Komponen utama hemiselulosa pada Dicotyledoneae didominasi olehxiloglukan,  sementara padaMonocotyledoneaekomposisi hemiselulosa lebih bervariasi. Padagandum,  ia didominasi oleh arabinoksilan, sedangkan pada jelaidan haver didominasi oleh beta- glukan.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Suci Winarsih liked this
Rezky Auliya liked this
Rian Plan liked this
abpizz liked this
h3al83 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->