Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Apakah bunga itu

Apakah bunga itu

Ratings: (0)|Views: 22 |Likes:
Published by rahmanl40

More info:

Published by: rahmanl40 on Jun 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/07/2013

pdf

text

original

 
TUGAS BAHASAINDONESIA*Rangkuman buku*
tumbuhan bebunga oleh john farndon
 
Di susun oleh :Nama : latif rahmanKelas : x
a
 
 Apakah bunga itu ? 
Bagi sebagian besar kita, bunga adalah tumbuhan dengan kembang yang berwarna-warni. Padakenyataannya, hampir semua tumbuhan adalah tumbuhan berbunga-bukan hanya yang ada dikebunatau yang hidup liar, melainkan juga tumbuhan terna, biji-bijian, rumput=rumputan, perdu, buah-buahan, dan sayuran.
Akar, batang, dan daun
Setiap tumbuhan berbunga mempunyai empat bagian utama: akar, batang, daun, dan bunga. Batangmenopang daun dan bunga. Batang juga menjadi pipa untuk jalan air, mineral, dan makanan ke atasdan ke bawah di antara akar dan daun. Banyak tumbuhan mempunyai batang yang berwarna hijaudan lentur
Daun hijau
Sebagian besar daun berwarna hijau. Daun menangkap sinar matahari untuk membuat makanan yangdibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh
Memasukan akar
Akar adalah bagian tumbuhan yang tumbuh ke bawah menuju tanah atau air. Akar membantutumbuhan tetap berada pada tempatnya dengan menancapkan ke tanah. Akar juga menyerap air danmineral yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh.
Makanan dari cahaya
Tidak seperti hewan, tumbuhan membuat makanannya sendiri dengan menyerap sinar matahari.Matahari memberi tumbuhan energi untuk membuat makanan yang disebut pati. Didalam setiap selterdapat paket-paket sangat kecil yang disebut kloroplas.
Tumbuhan dan air
Tumbuhan bergantung pada air. Tanpa air, tumbuhan segera mati. Air mengisi setiap sel yangmembentuk tumbuhan. Air membawa gas-gas, mineral, dan nutrisi terlarut ke tempat yangmemerlikan.
Serbuk sari dan biji
Tugas bunga adalah membuat biji yang dapat menyebar dan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Bagian jantan bunga disebut benang sari ( stamen ). Bagian betina bunga disebut putik ( pistil ), dan putikmembuat telur, atau bakal biji ( ovule ), yang merupakan sel kelamin betina. Proses ini dimulai ketikasebutir serbuk sari mendarat ke kepala putik ( stigma ) bunga yang berjenis sama.
Menyebarkan serbuk sari
Beberapa bunga menyerbuk sendiri. Ini artinya serbuk sari pindah dari benang sari ke putik daritumbuhan yang sama. Beberspa tumbuhan, seperti rumput, tergantung pada angin untuk membawa
 
benang sari. Tumbuhan lain bergantung pada serangga, atau bahkan burung atau kelelawar, untukmembawa serbuk sarinya.
 Menyebar dan tumbuh
Setelah diserbuki, bunga dapat mulai membentuk biji yang akan menjadi calon tumbuhan baru. Ketikabotaniwan membicarakan tentang buah , mereka tidak hanya membicarakan buah jeruk atau lemon.Mereka membicarakan bakal buah yang mengandung biji yang sedang berkembang. Banyak buahberbentuk besar, berair dan manis, seperti jeruk. Ini disebut buah lunak.
Buah kering
Buah yang kering dan seperti kertas sering dapat menyebar dengan sendirinya tanpa bantuan hewan.Tumbuhan yang hidup di dekat aliran air sering mempunyai biji kering yang dapat mengapung air.
Kacang keras
Kacang , seperti kacang brazil dan kacng hazel, adalah buah sebenarnya. Kacang-kacang itu padadasaarnya adalah biji besar dengan bagian luar ( kulit ) yang keras.
Tumbuhan dari biji
Biji adalah paket-paket kecil yang menanti untuk tumbuh menjadi tumbuhan. Tumbuhan muda ataukecambah tumbuh hanya ada ujung akar dan taruknya. Maka pertama-tama, kecambah tumbuhmemanjang bukan melebar. Ini disebut tumbuhan primer.
Masa hidup
Tumbuhan berbunga di kebun dan di alam liar mempunyai waktu berbunga sendiri. Masing-masingberadaptasi untuk berbunga pada waktu tertentu, umumnya awal musim semi hingga akhir musimpanas.
Bunga berumur pendek
Efemeral adalah tumbuhan yang tumbuh dari biji, bunga dan mati dalam beberapa minggu.
Bunga berumur panjang
Tumbuhan dwi musim bertahan selama du musim atau dua siklus iklim. Tumbuhan tahunan hiduppaling sedikit selama tiga musim atau tiga siklus iklim.
Warna bunga
Bunga mempunyai banyak warna dan corak warna dari bunga violet biru lembut hingga mawar merah.
Tempat hidup tumbuhan berbunga
Setiap jenis bunga liar mempunyai tempat hidupnya sendiri. Beberapa memerlukan iklim panas dankering.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->