Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Definisi Jaringan Komputer

Definisi Jaringan Komputer

Ratings: (0)|Views: 173|Likes:
Published by alfian033

More info:

Published by: alfian033 on Jun 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/17/2013

pdf

text

original

 
Definisi Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri ataskomputer-komputer yangdidesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (email, pesaninstan), dan dapat mengakses informasi (web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agardapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta danmemberikan layanan. Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien dan yangmemberikan/mengirim layanan disebut peladenserver.Desain ini disebut dengan sistemclient-server,dan digunakan pada hampir seluruhaplikasijaringan komputer. Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuahkartu jaringan,kemudiandihubungkan melaluikabelmaupunnirkabelsebagai medium transmisi data, dan terdapat  perangkat lunak sistem operasi jaringanakan membentuk sebuah jaringan komputer yangsederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya,maka diperlukan peralatan tambahan seperti 
 sebagaiperalatan interkoneksinya.
Klasifikasi Jaringan Komputer
Ada dua klasifikasi jaringan komputer yaitu dibedakan berdasarkan teknologitransmisi dan jarak:
1. Teknologi Transmisi
Secara garis besar ada dua jenis teknologi transmisi:a.
 
jaringan broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesinyang ada pada jaringan. Pesan-pesan berukuran kecil, disebut paket dan dikirimkanoleh suatu mesin kemudian diterima oleh mesin-mesin yang lainnya. Bagian alamat pada paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket ditujukan. Saat menerimasebuat paket, mesin akan cek bagian alamat, jika paket tersebut untuk mesin itu,maka mesin akan proses paket itu. Jika bukan maka mesin mengabaikannya.b.
 
jaringan point-to-point terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari mesin-mesin. Untuk pergi darisatu sumber ke tempat tujuan, sebuah paket pada jaringan jenis ini mungkin harusmelalui satu atau lebih mesin-mesin perantara. Seringkali harus melalui banyak rute(route) yang mungkin berbeda jaraknya. Karena itu algoritma routing memegangperanan penting pada jaringan point-to-point.Sebagai pegangan umum (walaupun banyak pengecualian), jaringan yang lebih kecil danterlokalisasi secara geografis cenderung memakai broadcasting, sedangkan jaringan yanglebih besar umumnya mengunakan point-to-point.
 
2. Jarak 
Jarak adalah hal yang penting sebagai ukuran klasifikasi karena diperlukan teknik-teknik yang berbeda untuk jarak yang berbeda. Tabel berikut menggambarkan hubunganantar jarak dan prosessor yang ditempatkan pada tempat yang sama.
Jarak antarprosesorcakupan Jenis jaringan
10 m
1 km Kampus LAN10 km Kota MAN100 km Negara WANDisini secara terbatas dan sederhana dijelaskan secara singkat LAN, MAN, WAN danInternet.a.
 
LAN
: menghubungkan komputer-komputer pribadi dalam kantor perpusahaan,pabrik atau kampus: LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan 3karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologi jaringan.b.
 
MAN:
Merupakan versi LAN ukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologiyang sama dengan LAN. MAN mampu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau duabuah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengaturpaket melalui beberapa kabel output.
 
 
c.
 
WAN:
Mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup negara ataubenua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankanprogram-program (aplikasi) pemakai. Mesin ini disebut HOST. HOST dihubungkanoleh sebuah subnet komunikasi atau cukup disebut SUBNET. Tugas subnet adalahmembawa pesan dari satu host ke host lainnya. Pada sebagian besar WAN subnet terdiri dari 2 komponen: kabel transmisi danelemen switching.
 Perangkat Lunak: Susunan Protokol Jaringan Komputer
suatu organisasi standard
ISO (International Standard Organization)
pada tahun1977 membentuk suatu komite untuk 
 
mengembangkan suatu arsitektur jaringan. Hasildari komite tersebut adalah
 
Model Referensi
OSI (Open Systems Interconnection)
.
 
ModelReferensi
 
OSI adalah
System Network Architecture (SNA)
atau dalam bahasa
 
Indonesianya Arsitektur Jaringan Sistem. Hasilnya seperti pada Gambar OSI Layer danHeader yang menjelaskan ada 7 lapisan (layer) dengan nama masing-masing.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->