Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
37Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Gf Geolistrik Dipole Dipole Laporan

Gf Geolistrik Dipole Dipole Laporan

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,448|Likes:
Published by nabellanurulfitri

More info:

Published by: nabellanurulfitri on Jun 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/12/2014

pdf

text

original

 
LABORATORIUM GEOFISIKA EKSPLORASI 
012
 
NAMA : NABELLA NURUL FITRI NIM 111.100.034 PLUG 4 
BAB IPENDAHULUAN1. LATAR BELAKANG
Metode Geolistrik tahanan jenis atau resistivity adalah salah satu metode dalam geofisikayang memanfaatkan sifat kelistrikan batuan. Metode ini digunakan untuk ekplorasi mineral (bijihsulfida), sumber air (akuiver), penentuan kedalaman lapisan overburden batubara, penelitianpanas bumi.Metode ini dilakukan dengan cara mengirim arus dan mengukur tegangan atau potensialyang terbaca dipermukaan, sehingga diperoleh resistivitas atau tahanan jenis antar lapisan batuandibawah permukaan bumi, dan juga ketebalan masing-masing lapisan batuan tersebut. Dari hargatahanan jenisnya dipakai sebagai dasar penafsiran litologi batuan yang terdapat pada lapisantersebut.Prinsip dasar metode geolistrik tahanan jenis adalah
 Hukum Ohm
. Dimana hambatandiperoleh dengan mengukur beda potensial dan arus yang dilewatkan dalam suatu penghantar.Ketiga sifat aliran listrrik tersebut tidak dapat dibedakan satu terhadap ynag lainnyahanya dari pengukuran geolistrik saja, tetapi harus dilakukan penelitian lebih lanjut terhadapsample batuannya.
2. MAKSUD DAN TUJUAN
Geolistrik bertujuan untuk mengetahui formasi yang bersifat konduktif dalam bumi,sehingga dapat dimanfaatkan untuk pencarian mineral, geothermal, keairan (air tanah) yangdiperkirakan prospek. Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui nilai resistivitas tiapsatuan batuan dan kondisi geologi di bawah permukaan yang bersifat konduktif maupun resistif pada daerah yang diperkirakan potensial dengan mendeteksi perbedaan resistivitas batuan daerahtersebut.
 
LABORATORIUM GEOFISIKA EKSPLORASI 
012
 
NAMA : NABELLA NURUL FITRI NIM 111.100.034 PLUG 4 
BAB IIDASAR TEORIMetode geolistrik yaitu
salah satu metode geofisika yang mempelajari sifat aliran listrik di dalam bumi dan bagaimana cara mendeteksinya di permukaan bumi. Prinsip dasar metodegeolistrik tahanan jenis adalah
 Hukum Ohm
. Dimana hambatan diperoleh dengan mengukurbeda potensial dan arus yang dilewatkan dalam suatu penghantar.
 
IVR
 
……………(2
-1)dimana R adalah hambatan (tahanan) dalam satuan ohm, V beda potensial dan I adalah arusAmpere yang dilewatkan.Oleh karena medium dibawah permukaan bumi tidak homogen (sejenis), maka terdapatpengertian hambatan jenis (resistivitas/ 
) yang bergantung dari pemasangan elektrode arus danpotensialatau faktor konfigurasi (k), selain tegangan yang terbaca (V) dan arus yang dikirimkan(I).
IV
 
……………(2
-2)
Metode Resistivity
merupakan salah satu bagian dari metode geolistrik yang mengukuRparameter Resistivitas (tahanan Jenis) batuan di bawah permukaan bumi.
 
Resistivitas
: Kemampuan suatu medium untuk menghambat arus listrik yangmelaluinya bergantung dari sifat dan geometri medium tersebut.
 
Konduktivitas
: Kemampuan suatu medium/batuan untuk menghantrkan arus listrik yang melaluinya.Pelaksanaan metode resistivity adalah dengan mengirimkan arus dan mengukur potensial,dengan jarak elektrode arus dan potensial yang divariasikan. Dengan demikian diperoleh hargarestivitas atau tahanan jenis untuk setiap jarak elektrtode arus dan potensial yang besarnyatertentu.
 
LABORATORIUM GEOFISIKA EKSPLORASI 
012
 
NAMA : NABELLA NURUL FITRI NIM 111.100.034 PLUG 4 
Gambar (2.1) : Skema prinsip metode Resistivity, C
1
-C
2
: elekrode arusdan P
1
-P
2
: elektrode potensial.Dengan mengeplotkan data tahanan jenis terhadap kjarak elektrode arus, maka diperolehkurva yang melukiskan hubungan fungsional antara jarak elektrode arus (spasi) dan tahanan jenis. Kurva ini kemudian dioleh secara kurva matching dengan menggunakan kurvakurva utama
(master curve)
dan bantu
(auxilliary curve).
Dari sini akan diperoleh jumlah, ketebalan danharga tahanan jenis untuk masing-masing lapisan bawah permukaan bumi. Alaupun metode inidapat dipergunakan untuk menafsirkan setiap daerah yang dibawahnya mempunyai kontrastahanan jenis, tetapi karena keterbatasan dari metode ini maka penggunaannya terbatas hanyapada struktur bawah permukaan yang mempunyai perlapisan horisontal dan struktur lain dengangeometeri yang sederhana, misanya : bola, pipa, dike dan lain-lain.
MEDAN POTENSIAL LISTRIK.
Yang menjadi dasar teori metode resistivity adalah teori potensial. Jika arus kontinyumelalui suatu medium homogen, maka akan terjadi medan listrik yang memenuhi persamaan :
EJ
 
…………… (2
-3)dimana J adalah densitas arus, E medan listrtik dan
adalah kondukvitas medium(mhos/m).Potensial merupakan besaran skalar dari medan listrik. Hubungan antara medan listrik danpotensialnya adalah sebagai berikut :
VE

 
…………… (2
-4)Dengan mengkombinasikan pers.(2-4) diperoleh densitas arus sebesar :
IV

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Zi Shun Kudo liked this
RNH liked this
Galih Baskara liked this
ShindyRosalia liked this
pricil99 liked this
Fikri Noor Azy liked this
Badia Nababan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->