Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Globalisasi Dampak Positif Dan Negative

Globalisasi Dampak Positif Dan Negative

Ratings: (0)|Views: 136 |Likes:
Published by Deny Jam

More info:

Published by: Deny Jam on Jun 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2012

pdf

text

original

 
http://dc339.4shared.com/doc/4cwveR8P/preview.html
A.
Latar Belakang
 
Globalisasi merupakan perkembangan kontemporer yangmempunyai pengaruh dalam mendorongmunculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruhglobalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan di rintangan menjadikan dunia semakin terbuka dansaling bergantung satu sama lain.B. Rumusan Masalah1. Apakah dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara?2. Bagaimana pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bernegara dan berbangsa?C. TujuanMenjelaskan tentang proses globalisasi, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa danbernegara.BAB IIGLOBALISASIA. Proses, Aspek, dan Dampak Globalisasi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara1.
Proses Globalisasi
 Globalisasi merupakan perkembangan kontemporer yang mempunyai pengaruh dalam mendorongmunculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruhglobalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakinterbuka dan saling bergantung satu sama lain. Globalisasi akan membawa perspektif baru tentang
konsep “Dunia Tanpa Tapal Batas” yang saat ini diterima sebagai realitas masa depan yang
akanmempengaruhi perkembangan budaya dan membayar perubahan baru.
Menurut Selo Soemardjan, “Globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar 
amasyarkaat diseluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-
kaidah yang sama”.
 Proses globalisasi lahir dari adanya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi transportasi dankomunikasi.Globalisasi akan memberikan corak budaya baru, dan memberi dampak yang luas terhadap kebebasanbudaya setempat dan mengukuhkan domisi budaya barat dalma budaya masyarakat di negara-negaraberkembang melalui penajjahanbaru, yaitu kebudayaan.Bagaimanapun itu harus kita cegah karena kebudayaan bangsa merupakan hasil peninggalan nenekmoyang bangsa kita yang harus kita jaga dan kita lestarikan.Salah satu penyebab terjadinya era globalisasi adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologiterutama teknologi komunikasi, seperti teknologi media cetak dan media elektronik.Ada 3 institusi yang memainkan peranan penting dalam globalisasi, yakni Dana, Moneter Internasional(IMF), Bank Dunia, dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Pada dasarnya ke 3 institusi besar inimempunyai tugas menstabilkan ekonomi dunia. Lembaga PBB adalah lembaga publik. Ini penting untuk
 
anda ingat karena uang yang disediakan IMF berasal dari pajak masyarakat di seluruh dunia.2.
Aspek-Aspek Positif dan Negatif dari Globalisasi
 Berkembangnya atus globalisasi jelas memberikan dampak pada kebudayaan manusia. Banyak yangterlihat jelas dalam perubahan dan pegeseran pola hidup masyarakat, yaitu:a. Agraris tradisional menjadi masyarakat industri modern;b. Kehidupan berasaskan kebersamaan menjadi kehidupan individualis;c. Kehidupan lamban menjadi kehidupan serba cepat;d. Kehidupan berasaskan nilai sosial menjadi konsumeris menjadi materialis;e. Kehidupan yang bergantung apda alam menjadi kehidupan yang menguasai alamDari contoh tersebut, terdapat beberapa macam pengaruh terhadap kehidupan masyarakat, dibagimenjadi 2 aspek, yaitu aspek positif dan aspek negatif.a.
Aspek Positif 
 Beberapa aspe
k positif dari perkembangan teknologi dan arus globalisasi”
 1) Pola Hidup yang serba cepatTeknologi memberikan manfaat waktu bagi masyarakat, misalnya dalam bidang pertanian, petani yangawalnya memanen padinya 6 bulan sekali sekarang sudah dapat memanenkan 3 bulan sekali, kemudiandalam bidang makanan bnayk produk makanan siap saji (serba instant).2) Pesatnya Perkembangan Informasi dan TransformasiManfaat yang dapat diperoleh masyarakat dengan adanya perkembangan informasi sangat banyak,misalnya dengan adanya internet anda dapat mencari ilmu pengetahuan secara grats dan berlimpah.Selain itu, perkembangan teknologi transformasi yang semakin cepat dan akurat, misalnya denganadanya pesawat terbang kita dapat lebih cepat3) Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang MelimpahDengan adanya pemanfaatan sumber daya alam akan memberikan peluang pekerjaan bagi masyarakat,misalnya pemanfaatan sumber daya emas oleh PT Freport di Papua akan memberiakan peluang pekerjabagi masyarakat Papua itu sendiri.b.
Aspek Negatif 
 Perkembangan teknologi juga emberikan dampak negatif bagi kebudayaan masyarakat, dampak tersebutsebagai berikut:1) Beralihnya Masyarakat Agraris Menjadi Masyarakat Industri ModernBanyak industri modern berdampak pada kebutuhan tenga kerja yang sangatr banyak sehinggamasyarakat yang awalnya bekerja sebagai petani beralih pekerjaan menjadi buruh pabrik.2) Perubahan dari kehidupan Berasaskan Kebersamaan Menjadi Kehidupan Individualis.Hal ini terjadi karena kesibukan masyarakat yang sudah bersifat materialistis dan melupakan kehidupansosialnya.3) Masuknya Pola Hidup budaya baratDampak Negatifnya seperti masuknya budaya barat yang bertolak belakang dengan budaya timur yangsederhana, sopan, dan santun.Fenomena anak melawan kepada orang tua, murid yang mengancam guru, perkelahian antara pelajar,model pakaian yang tidak sesuai, dan pemakaian perhiasan wanita oleh laki-laki merupakan perilakumenyimpang sebagai dampak negatif dari era globalisasi dan arus informasi yang tidak terbendung.Pendapat Selo Sumardjan bahwa perubahan budaya yang cepat dan saling menyusul mengakibatkansuasana yang berkepanjangan. Suasana anomi ialah suasana ketika masyarakat yang sedangmengalami perubahan budaya yang tidak mgnetahui secara jelas nilai-nilai budaya mana yang perludiambil dan mana yang ahrus dikembangkan.B.
Pengaruh Globalisasi Terhadap Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara
 Globalisasi merupakan yang kenyataan sulit untuk dihindarkan sebgai akibat semakin membaiknya jaringan transfortasi dan komunikasi di dunia. Globalisasi tidak hanya terjadi dalam bentuk kebudyaanayang bersifat material, tetapi juga bersifat politik, ekonomi, perdagangan, pertahanan, kesenian, dan
 
bahasa. Hukum atau norma yang mengaturpun menjadi hukum Internasional.Respon abngsa Indoensia terhadap globalisasi adalah sebgai peluang dan tantangan. Peluang berartisetiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk memanfaatkan situasi ini dalam memenuhikebutuhan hidupnya dengan baik, sedangkan tantangan berarti setiap orang diberi kesempatan untukberkompetisi dan menunjukkan kemampuannya. Peluang dan tanganan yang dapat kita peroleh dariglobalisasi adalah sebagai berikut:1.Pasar bebas, yaitu pasar dimana suatu produk menjadi semakin luas dan pemasarannya semakinbanyak2.Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dengan mudah dan dapat diterima3.Wawasan budaya semakin luas4.Peluang dan tantangan bisnis dalam bidang kepariwisataan semakin terbuka5.Lapangan kerja semakin terbuka dan banyak1.
Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
 Globalisasi adalah suatu proses penyebaran unsur-unsur baru yang menyangkut informasi secaramendunia melalui media cetak dan elektronik. Secara terbatas, globalisasi dibentuk untuk kemajuanteknologi di bidang komunikasi dunia. Contohnya televisi, anda dapat melihat dan memperoleh informasidengan berbagai peristiwa yang terjadi di seluruh dunia dalam waktu yang relatif singkat.Selanjutnya, media informasi akan berdampak negatif jika menghambat atau merusak teracapainyatujuan pembangunan. Tayangan-tayangan film horror, sadistis, atau adegan porno yang ditanyangkanmelalui televisi merupakan salh satu bentuk tayangan yang dapat merusak mental dan kepribadianbangsa, khususnya anak-anak remaja.Arus globalisasi yang membawa perpindahan dari negara maju ke negara berkembang diperkirakan akanmemberi pengaruh yang sangat besar terhadap perubahan dan kemajuan pembangunan di negara-negara berkembang.2.
Pengaruh Pasar Bebas terhadap Negara Berkembang
 Keterbukaan terhadap perdagangan internasional bukanlah fenomena baru bagi negara berkembang.Selama masa penjajahan, negara berkembang telah berhubungan dengan pasar dunia terutama dalamperannya sebagai eksportir bahan mentah dan importer barang-barang manufaktur. Aspek terpenting dariglobalisasi perdagangan bagi mayoritas negara-negara berkembang adalah terus merosotnya nilai tukarkomoditas ekspornya dan tingginya kuantitas impor produk-produk manufaktur.Belakangan kemerosotan nilai tukar tersebut menjadi semakin parah dan telah menjadi penyabb utamabagi perpidahan sejumlah besar volume sumber daya riil negara-negara berkembang. Persoal-persoalanlain yang dihadapi oleh negara-negara berkembang termasuk indoensia adalah tekanan-tekanan untukmemebbeaskan bea impro melalui persyaratan pinjaman. Ketidak seimbangan dalam perjanjian-perjanjian dna persoalan-persoalan yang muncul dari keharusan mereka untuk memeuhi sejumlahperjanjian dengan badan perdagangan internasional (WTO).Pola perdagangan colonial atau daerah jajajahan adalah mengekspor barang-barang mentah dan engarapenjajah memfungsikan diri sebagia produksi barang-barang industri. Hal itu masih berlangsung hinggasaat ini. Manfaat dan biaya liberalisme perdanganan bagi negara berkembang menimbulkan persoalanyang controversial. Pandangan konvensional menyatakan bahwa liberalisme perdagangan merupakansuatu yang penting dan secara otomatis memiliki dampak-dampak positif bagi pembangunan.C.
Menentukan Posisi terhadap Implikasi Globalisasi
 Keragaman budaya dari berbagai belahan dunia membentuk bvudaya global dan keragaman budaya dinusantara asehingga tidak menjadi pemecah persatuah bangsa. Pudarnya bentuk kawasan regional

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->