Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
33Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah tenaga kerja

makalah tenaga kerja

Ratings:

2.0

(1)
|Views: 6,562|Likes:
Published by Elsa Permatasari

More info:

Published by: Elsa Permatasari on Jun 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/12/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang Masalah
Jumlah angkatan kerja di Indonesia terus meningkat. Saat ini mencapai113,74 juta jiwa dan yang bekerja mencapai 104,49 juta jiwa (BPS, 2009).Pemenuhan kecukupan gizi pekerja selama bekerja merupakan salah satu bentuk  penerapan syarat keselamatan, dan kesehatan kerja sebagai bagian dari upayameningkatkan derajat kesehatan pekerja. Gizi merupakan salah satu aspekesehatan kerja yang memiliki peran penting dalam peningkatan produktivitaskerja.Kesehatan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Baik itukesehatan jasmani, maupun kesehatan rohani. Kesehatan jasmani atau kesehatantubuh secara keseluruhan perlu diperhatikan. Kesehatan yang perlu diperhatikantersebut, salah satunya adalah kesehatan tenaga kerja.
Rendahnya produktivitas kerjadianggap akibat kurangnya motivasi kerja, tanpa menyadari faktor lainnya seperti gizi pekerja. Perbaikan dan peningkatan gizi mempunyai makna yang sangat penting dalamupaya mencegah morbiditas, menurunkan angka absensi serta meningkatkan produktivitas kerja.Gizi kerja sebagai salah satu aspek dari kesehatan kerja mempunyai peran penting, baik bagi kesejahteraan maupun dalam rangka meningkatkan disiplin dan produktivitas. Hal ini dikarenakan tenaga kerja menghabiskan waktunya lebih dari 35%setiap hari di tempat kerja. Oleh karena itu mereka perlu mendapatkan asupan gizi yangcukup dan sesuai dengan jenis / beban pekerjaan yang dilakukannya.Gizi kerja adalah gizi yang diperlukan oleh tenaga kerja untuk melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan jenis pekerjaan dan beban kerjanya atau ilmu gizi yang
1
 
diterapkan kepada masyarakat tenaga kerja dengan tujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan tenaga kerja sehingga tercapai tingkat produktivitas dan efisiensi kerja yangsetinggi-tingginya.Produktivitas kerja dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya yang mempunyai peranan sangat penting dan menentukan adalah kecukupan gizi. Faktor ini akanmenentukan prestasi kerja tenaga kerja karena adanya kecukupan dan penyebar kaloriyang seimbang selama bekerja. Seseorang yang berstatus gizi kurang tidak mungkinmampu bekerja dengan hasil yang maksimal karena prestasi kerja dipengaruhi olehderajat kesehatan seseorang. Tenaga kerja yang sehat akan bekerja lebih giat, produktif,dan teliti sehingga dapat mencegah kecelakaan yang mungkin terjadi dalam bekerja.
B.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dalam uraian di atas, dapat penulis rumuskanmasalah dalam makalah ini sebagai berikut.1.Bagaimanakah hakikat tenaga kerja?2.Bagaimanakah gizi kerja dan permasalahannya?3.Bagaimanakah kebutuhan energi dan zat gizi tenaga kerja?
4.
Bagaimanakah faktor-faktor yang mempengaruhi keadaan gizi tenaga kerja?
C.Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.1.Mendeskripsikan hakikat tenaga kerja.2.Mendeskripsikan gizi kerja dan permasalahannya.3.Mendeskripsikan kebutuhan energi dan zat gizi tenaga kerja.4.Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keadaan gizi tenagakerja.
2
 
D.Manfaat Penulisan
Penulisan makalah ini bermanfaat bagi semua kelompok masyarakat,terutama bagi tenaga kerja untuk menambah pengetahuan mereka dalam caramemenuhi kebutuhan zat gizi untuk mencapai pemenuhan gizi yang seimbang danmencapai derajat kesehatan yang optimal. Tidak terkecuali bagi para mahaasiswa jurusan D-III Gizi sebagai bahan ajar dalam mata kuliah Ilmu Gizi Dalam Daur Kehidupan (IGDDK).
3

Activity (33)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
tatacandri liked this
tatacandri liked this
Erwandi Leo Moon liked this
Syifa Nuraini liked this
Andjar Waspodo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->