Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RESUME BUKU Evaluasi Program Pendidikan

RESUME BUKU Evaluasi Program Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 874|Likes:
Published by hendiafriyanto

More info:

Published by: hendiafriyanto on Jun 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/07/2013

pdf

text

original

 
RESUME BUKUEVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN
DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAHEVALUASI DALAM SISTEM PENDIDIKAN
Dosen : Prof. Dr. Suharsimi Arikunto,
Oleh :NAMA: NUR HASANANNIM: Q 100 090 268SEMESTER: II /CPROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKANUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTATAHUN 2010
 
BAB IKONSEP EVALUASI PROGRAMA.Pengertian Program dan Evaluasi Program
Program adalah suatu rencana yang melibatkan berbagai unit yang berisikebijakan dan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu.Evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanyasesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yangtepat dalam mengambil keputusan.Evaluasi program adalah suatu unit atau kesatuan kegiatan yang bertujuanmengumpulkan informasi tentang realisasi atau implementasi dari suatu kebijakan, berlangsung dalam proses yang berkesinambungan, dan terjadi dalam suatu organisasiyang melibatkan sekelompok orang guna pengambilan keputusan.
B.Kaitan antara Penelitian dengan Evaluasi program
1.Dalam kegiatan penelitian peneliti ingin mengetahui gambaran tentang sesuatukemudian dideskripsikan, sedangkan dalam evaluasi program, pelaksana (evaluator)ingin mengetahui seberapa tinggi mutu atau kondisi sesuatu sebagai hasil pelaksanaan program, setelah data terkumpul dibandingkan dengan kriteria atau standar tertentu.2.Dalam kegiatan penelitian, peneliti dituntun oleh rumusan masalah, sedangkan dalamevaluasi program, pelaksana (evaluator) ingin mengatahui tingkat ketercapaian program, dan apabila tujuan belum tercapai pelaksana (evaluator) ingin mengetahuiletak kekurangan dan sebabnya. Hasilnya digunakan untuk menentukan tindak lanjutatau keputusan yang akan diambil.
C.Ciri-ciri dan Persyaratan Evaluasi Program
Ciri dan persyaratan evaluasi program mengacu pada kaidah yang berlaku,dilakukan secara sistematis, teridentrifikasi penentu keberhasilan dan kebelumberhasilan
 
 program, menggunakan tolok ukur baku, dan hasil evaluasi dapat digunkan sebagaitindak lanjut atau pengambilan keputusan.
D.Komponen, Subkomponen, dan Indikator Program
Program merupakan satu kesatuan dari beberapa bagian atau komponen yangsaling berkait untuk mencapai tujuan yang ditentukan oleh sistem tersebut. Komponentersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Masing-masing komponenterdiri atas beberapa subkomponen dan masing-masng subkomponen terdapat beberapaindikator.Dalam kegiatan evaluasi program, indikator merupakan petunjuk untuk mengetahui keberhasilan atau ketidakberhasilan suatu kegiatan. Perlu diketahui bahwaketidakberhasilan suatu kegiatan dapat juga dipengaruhi oleh komponen atausubkomponen yang lain.
E.Tujuan Evaluasi Program
Evaluasi program bertujuan untuk mengetahui pencapaian tujuan program yangtelah dilaksanakan. Selanjutnya, hasil evaluasi program digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan tindak lanjut atau untuk melakukan pengambilan keputusan berikutnya.
F.Manfaat Evaluasi Program
Evaluasi sama artinya dengan kegiatan supervisi. Kegiatan evaluasi/supervisidimaksudkan untuk mengambil keputusan atau melakukan tindak lanjut dari programyang telah dilaksanakan. Manfaat dari evaluasi program dapat berupa penghentian program, merevisi program, melanjutkan program, dan menyebarluaskan program.
G.Evaluator Program
Evaluator program harus orang-orang yang memiliki kompetensi yang mumpuni,di antaranya mampu melaksanakan, cermat, objektif, sabar dan tekun, serta hati-hati dan bertanggung jawab. Evaluator dapat berasal dari kalangan internal (evaluator dan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->