Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SKRIPSIKH

SKRIPSIKH

Ratings: (0)|Views: 395 |Likes:
Published by Gyrooll Doang

More info:

Published by: Gyrooll Doang on Jun 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

 
 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Fisika adalah sains atau ilmu tentangalamdalam makna yang terluas,mempelajari gejala alam yang tidak hidup ataumateridalam lingkupruangdan waktu(http://chikaadc.wordpress.com/2010/03/22/fisika/). Seharusnya fisikatidak sulit dipelajari karena semua prilakunya dengan mudah bisa dipertemukandengan peristiwa nyatanya (seperti dalam pakok bahasan fluida yakni terapung,melayang dan tenggelamnya suatu benda di air yang sering kita lihat). Namunkebanyakan siswa merasa pelajaran fisika adalah pelajaran yang sulit untuk dipahami.Kesulitan ini dapat dilihat dari data hasil observasi awal tanggal 4Februari 2011 yang dilakukan peneliti di SMKN 1 Batukliang kelas XI-Multimedia. Dari hsil observasi tersebut didapat data hasil belajar fisika siswapada materi pokok fluida subpokok fluida statis masih rendah danmemperlihatkan bahwa para siswa kesulitan mempelajari fisika, seperti yangdiperlihatkan pada tabel 1.1 di bawah ini :Tabel 1.1 Nilai Rata-rata Mata Pelajaran Fisika Subpokok Bahasan Fluida StatisSemester 1 Kelas XI-Multimedia SMKN 1 Batukliang.
No TahunPelajaranJumlahsiswaTidaktuntasNilairerataKKMTidakTuntas(%)Tuntas(%)
 
1
2008/2009 44 32 57,5 75 26.3 72,7
2
2009/2010 24 17 55 75 29.2 70.8
3
2010/2011 31 22 58 75 29.1 70.9
Sumber : Arsip Guru Fisika SMKN 1 Batuklian.
 
2
Pada tabel 1.1 Terlihat dari tahun pelajaran 2008/2009 sampai2010/2011 persentase ketuntasan belajar siswa masih berada di bawahpersentase ketuntasan minimal 85%.Rendahnya persentase ketuntasan belajar fisika siswa kelas tersebutdikarenakan rendahnya kualitas belajar yang diakibatkan kurangnyapemanfaatan media pembelajaran oleh guru fisika. Ini terlihat pada RPP gurumata pelajaran fisika waktu observasi awal yang dilakukan oleh peneliti.Padahal pemanfaatan media pembelajaran dapat mempertinggi kualitas belajarsiswa dalam pembelajaran (Sudjana dan Rivai, 2010: 2).Oleh karena itu para guru dituntut untuk memanfaatkan mediasemaksimal mungkin dalam pembelajaran, khususnya media yang telahdisediakan sekolah. Salah satu media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan disekolah khusunya di SMKN 1 Batukliang adalah media visual. Dengan adanya
 LCD projector 
di sekolah tersebut memudahkan para guru dalam pemanfaatanberbagai jenis media pembelajaran khusunya media visual yang diproyeksikan.
 
Menurut Sudjana dan Rivai (2010: 9), Studi mengenai pemanfaatanmedia visual dalam hubungannya dengan hasil belajar menunjukkan bahwapesan-pesan visual memberikan pengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa.kurang lebih 90% hasil belajar seseorang diperoleh melalui indra pandang danhanya sekitar 5% diperoleh melalui indra dengar dan 5% lagi dengan indralainnya (Baugh dalam Achsin, 1986 yang dikutip Arsyad, 2007:10).
 
3
Beberapa hasil penelitian yang lain juga telah membuktikan keberhasilanpenggunaan media visual dalam pembelajaran, diantaranya:1.
 
Zaedah (2010), dalam penelitiannya membuktikan adanya peningkatanaktivitas dan ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan media visual.2.
 
Erianawati (2005), dalam penelitiannya penggunaan media visual (gambar)dalam pembelajaran anak hiperaktif di lembaga terapi anak altisma kudusmembuktikan keberhasilan anak menguasai materi pelajaran.3.
 
Hendrawan, dkk. (2001), dalam penelitiannya tentang ”Efektivitas dari
Lingkungan Pembelajaran
Maya Berbasis Web (Jaringan)”, juga
mengatakan bahwa lingkungan pembelajaran yang bermedia teknologi dapatmeningkatkan nilai para siswa, sikap mereka terhadap belajar dan evaluasidari pengalaman belajar mereka.Mengingat pentingnya pemanfaatan media visual yang dapat mendukungtercapainya tujuan pembelajaran dan peranannya dalam menunjang prosespembelajaran yang lebih baik, maka penulis sekaligus peneliti mencoba untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul
“Penerapan Media
Visual DalamMeningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI-Multimedia DiSMKN 1 Batukliang Tahun Pelajaran 2011/2012.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ika Can liked this
Novianti Gress liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->