Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
United Nations in Indonesia Newsletter, June 2012 Bahasa

United Nations in Indonesia Newsletter, June 2012 Bahasa

Ratings: (0)|Views: 213|Likes:

More info:

Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/22/2013

pdf

text

original

 
1
 
HARILINGKUNGANHIDUP:PeluncuranIndustri yangLebih Bersih
Jakarta –
 
Sebuahproyek baru yangmentargetkanproduksi industriyang lebih bersihdan efisien dalamindustri kertas,tekstil, kimia danmakanan &minuman sedangdiluncurkan olehUnited NationsIndustrialDevelopmentOrganization(UNIDO), yangbermitra denganSwiss StateSecretariat forEconomic A
airs(SECO) danKementerianLingkungan Hidupdan IndustriRepublikIndonesia.Peluncuran inidijadwalkan untukdiselenggarakanbertepatan denganperingatan globalHari LingkunganHidup Dunia padatanggal 5 Juni –bagian dari upayaluas untukmemperbaikiefisiensi usaha dariproses-prosesindustri sekaligusmembantu dalammemitigasiperubahan iklim.Secara totalSwitzerlandmenyediakan danasebesar US$ 4.5 juta. “PemerintahSwitzerland terusmendukungupaya-upayaIndonesia dalammempromosikanpembangunanindustriberkelanjutan dandalam menghadapitantanganperubahan iklim,”disampaikanPerwakilan UNIDOuntuk Indonesia,Imran Farooque,kemudian proyekini akanmenunjukkan“bagaimanaindustri dapatberkontribusidalam ketahananperubahan iklim.”
PBB
DI INDONESIA 
   J   U   N   I   2   0   1   2
INDONESIA BERGABUNG DALAM PERCAKAPAN GLOBAL MENGENAI “MASA DEPAN YANG KITA MAU”
Para peserta dalam kegiatan “Rio+20
Learning Day 
”, yang diselenggarakan oleh UNIC Jakarta danYayasan KEHATI, mengekspresikan visi mereka terhadap masa depan yang lebih berkelanjutanmenjelang Konferensi Pembangunan Berkelanjutan PBB di Rio de Janeiro, Brazil, pada tanggal 20-22Juni 2012.
Foto: Rosa Panggabean untuk UNIC Jakarta. Grafik: Amri Priyadi.
Q&A 
denganProf. EMIL SALIM
Ketua Dewan PertimbanganPresiden RI. Ekonom danmantan Menteri NegaraKependudukan danLingkungan Hidup, beliaumenjabat sebagai Ketua KTTDunia PembagunanBerkelanjutan 2002.
 
2
 
Pulau Pramuka -
 
Lingkungan lautdi Taman Nasional KepulauanSeribu di pinggiran Jakartamerupakan contoh klasik darisebuah ekosistem yang masadepannya kini berada di ujungtanduk. Menurut perkiraanpemerintah, 9.000 ton limbahperkotaan terbuang ke TamanNasional Pulau Seribu setiaptahunnya – menghancurkanterumbu karang, mengancamperikanan, dan membentukkehidupan-kehidupan remaja sepertiMariyana.Mariyana hanya 17 tahun – tetapi iamerupakan saksi mata dari sebuahperubahan yang drastis.“Ketika saya masih kecil Ayah sayamenceritakan bahwa mereka selaludapat menangkap banyak ikandisini, tidak seperti sekarang,” ucapMariyana. “Sekarang mereka perluberlayar jauh dari sini.Membutuhkan banyak waktu, dancuaca sangat ekstrim di laut terbuka.Terkadang mereka pulang dengantangan kosong.”Kurang ketersediaan ikan hanyamerupakan salah satu dari masalahyang dihadapi pertumbuhanekonomi Indonesia – sebuahkenyataan yang tidak dihiraukanoleh 40 juta anak pemuda diIndonesia. Menurut sebuah surveyyang diadakan baru-baru ini,mayoritas remaja sepantaranMariyana mendeskripsikan bahwamereka “sangat prihatin” atau “agakprihatin” mengenai keadaanlingkungan.Mariyana masih merupakan seorangpelajar sekolah menengah atas.Tetapi dia sudah mulai mengambilbagian dalam menopang kehidupankeluarganya, apalagi sejakmemancing sudah tidak dapatmencukupi kehidupan keluarganya.Dia merupakan satu-satunyapemandu perempuan di daerahtersebut – bagian dari sebuah
(Dilanjutkan ke hal. 5)
   P   B   B 
   D   I    I   N   D   O   N   E   S   I   A
   J  u  n   i ,   2   0   1   2
Q&A dengan EMIL SALIM
Q:Pak Emil, bisakah Bapakmendeskripsikan apa yangAnda lihat sebagai falsafahinti dari sebuah modelkeberlanjutan untukpembangunan ekonomi?
 A:Semua hal salingberhubungan: alam sendiri,lautan, tanah, daratan, cuaca,iklim, semuanya, memilikihubungan yang erat. Lalu adamanusia: masyarakat jugasaling berhubungan. Jadi kunciutama dari pembangunanberkelanjutan adalah dengantidak berpikir dalam kotak-kotakyang terpisah.
Q:Apa yang diperlukan untukmenggerakkan dunia padaarah keberlanjutan?
 A:Tembok-tembok pemisahantara ekonomi, masyarakatdan lingkungan hidup perludiruntuhkan. Kita masihmemiliki pendekatan satu jalur yang mendominasipembangunan ekonomi. Paraekonom perlumempertimbangkan dampak-dampak dari aktifitas ekonomi,tujuan-tujuan pembangunansosial, bagaimana ekonomiberpengaruh terhadapkemiskinan, dampaknyaterhadap kesehatan danseterusnya.
Q:Bagaimana Andamenerjemahkan bahasakebijakan mengenaikeberlanjutan kepada parapemuda?
 A: Apapun yang sedang Andapelajari, apakah itu ekonomi,hukum, teknik, perlu diingatbahwa dunia salingmembutuhkan. Anda perlumemiliki pandangan yang luasdalam melihat dunia, dan perlumulai mengerti kelompok-kelompok pemuda yanglainnya. Jika mereka memilikipandangan yang berbeda,bukalah kesempatan untukberdialog – itulah keindahandari hidup ini. Dunia tidak satu,tetapi dunia terdiri darikeanekaragaman. Orang-orangmuda perlu mempersiapkan diri,mampu dan berniat untukmengerti kehidupan
.
REMAJA GO GREEN
 
3
 
Jakarta – Rencana Aksi (PoA)Konferensi Internasional Populasidan Pembangunan (ICPD) –diadopsi oleh 179 negara – akanmenandai masa implementasi yangke-20 tahun pada 2014. MelaluiResolusi Majelis Umum PerserikatanBangsa-Bangsa 65/234 tahun 2011,United Nations Population Fund(UNFPA), bekerjasama dengansemua organisasi-organisasi terkaitdari sistem PBB, ditugaskan untuk“menyelenggarakan pemeriksaanoperasional terhadap implementasiRencana Aksi (PoA) berdasarkanmasukan data-data berkualitas tinggidan analisis kondisi populasi danpembangunan, denganmempertimbangkan perlunyasebuah pendekatan yang sistematis,menyeluruh dan terintegrasiterhadap isu-isu populasi danpembangunan”.2012 akan menandai permulaan dariproses pemeriksaan, baik secaraglobal maupun pada tingkatannegara. Di Indonesia, UNFPA akanmelaksanakan pemeriksaanoperasional denganpenyelenggaraan Survei Global dantiga pertemuan dengan tema,Populasi dan Pembangunan,Kesehatan Reproduktif, dan Jender.Di samping itu, akan ada duapertemuan konsultasi pemangkukepentingan, dengan NGOs danpara pemuda, sebuah PertemuanValidasi Nasional sebelum akhir September. Pada akhir proses ini,Laporan Nasional (Country Report)mengenai 20 tahun ImplementasiICPD PoA akan dikembangkan olehPemerintah Indonesia yang diwakilioleh BKKBN, Badan Kependudukandan Keluarga Berencana Nasional.Sebagai bagian dari pemeriksaantersebut, Indonesia akan memainkanperan yang penting di tingkat global.Sebuah kesepakatan telah dicapaioleh Pemerintah Indoensia danUNFPA bahwa Indonesia akanmenyelenggarakan Global YouthForum di Bali pada bulan Desember 2012, sebagai bagian dari rincianpersiapan pertemuan tematik globaluntuk proses ICPD Beyond 2014.Forum ini bertujuan untukmenyampaikan isu-isu yangberhubungan dengan transisikehidupan pemuda danmengidentifikasi rekomendasi konkrituntuk para pembuat kebijakan danpemangku kepentingan lainnyasekaligus untuk menyampaikan isu-isu kebijakan mengenai pemuda.
BEYOND 2014: Rencana AksiKonferensi Internasional Populasi danPembangunan (ICPD)
   P   B   B 
   D   I    I   N   D   O   N   E   S   I   A
   J  u  n   i ,   2   0   1   2
Q&A dengan EMIL SALIM
Q: Terdapat banyak harapanpada KTT Bumi dua puluhtahun yang lalu. Mengapa kitabelum dapat memperolehlebih?
 A: Ketika KTT Bumi mulai padatahun 1992 kita dipenuhidengan harapan. Perang Dinginbaru saja usai, dan pandangansemua orang tertuju pada“deviden perdamaian”. Semuaorang bahagia dan melihatkedepan dengan penuhoptimisme. Akan tetapi, hinggatahun 2001, perang baru terjadi,yaitu perang melawanterrorisme dan seterusnya.Tidak adanya kebutuhantembok pemisah antarapengetahuan dihancurkan.Saya pikir ini adalah alasanutama mengapa pembangunanberkelanjutan gagal setelah 20tahun, jadi generasi tua –tentunya, saya termasuk didalamnya – gagal melewatiaspek politiknya. Kita semuaadalah korban dari perbedaanpolitik di dunia.
Q: Pesan apa yang Anda rasapemimpin dunia perlusampaikan pada Rio+20?
 A: Ketika para pemimpinbertemu di Rio+20 pada bulanJuni 2012 mereka perlumengingat bahwa dunia akansangat berbeda ketika parapemuda sekarang menjadipemimpin dunia. Bagaimanamasyarakat menangganipeningkatan kebutuhanterhadap pangan, terhadap air,di sebuah planet yang tidakbertumbuh besar? Jumlahpendudukan bumi bertumbuh,tetapi udaranya, tanah, lautanakan tetap sama. Bagaimana Anda memperkirakan parapemuda untuk dapatberadaptasi terhadapperubahan-perubahantersebut? Kesempatan-kesempatan apa yang dapatdiberikan oleh pemimpin-pemimpin-pemimpin, supayapara pemuda dapatmenghadapi tantangan-tantangan tersebut. Mungkintidak akan ada resolusi-resolusiyang dramatic, tetapisetidaknya para pemuda perludiberikan sebuah dunia yangberkelanjutan, sehingga jikapara pemimpin sekarangmenghilang, maka merekadapat melihat masa depan yangterang.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Anggi Ika Satri liked this
Ipuy Chuk Clak liked this
Fiifaa Amaanii liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->