Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Acc

Makalah Acc

Ratings: (0)|Views: 117 |Likes:
Published by Susanti Assa

More info:

Published by: Susanti Assa on Jun 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANPengertian Harga Jual
Hansen dan Mowen (2001 : 633) mendefenisikan “harga jual adalah jumlah moneter yangdibebankan oleh suatu unit usaha kepada pembeli atau pelanggan atas barang atau jasa yang dijualatau diserahkan”. Mulyadi (2001 : 78) “pada prinsipnya harga jual harus dapat menutupi biaya penuhditambah dengan laba yang wajar. Harga jual sama dengan biaya produksi ditambah mark-up.Dari defenisi di atas dapat disimpulkan bahwa harga jual adalah sejumlah biaya yangdikeluarkan perusahaan untuk memproduksi suatu barang atau jasa ditambah dengan persentase labayang diinginkan perusahaan, karena itu untuk mencapai laba yang diinginkan oleh perusahaan salahsatu cara yang dilakukan untuk menarik minat konsumen adalah dengan cara menentukan harga yangtepat untuk produk yang terjual. Harga yang tepat adalah harga yang sesuai dengan kualitas produk suatu barang, dan harga tersebut dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.
BAB IIPEMBAHASAN
Penentuan Harga Jual Barang & Jasa
1
 
A.KEPUTUSAN PENENTUAN HARGA JUALUmumnya harga jual produk dan jasa standar ditentukan oleh perimbangan permintaandan penawaran di pasar, sehingga biaya bukan merupakan penentuan harga jual. Karena permintaan konsumen atas produk dan jasa tidak mudah ditentukan oleh manajer penentuharga jual, maka dalam penentuan harga jual, manajer tersebut akan menghadapi banyak ketidakpastian. Selera konsumen, jumlah pesaing yang memasuki pasar, dan harga jual yangditentukan oleh pesaing, merupakan contoh faktor-faktor yang sulit untuk diramalkan, yangmempengaruhi pembentukan harga jual produk atau jasa di pasar.Satu-satunya faktor yang memiliki kepastian relatif tinggi yang berpengaruh dalam penentuan harga jual adalah biaya. Biaya memberikan informasi batas bawah suatu harga jualharus ditentukan. Di bawah biaya penuh produk atau jasa, harga jual akan mengakibatkankerugian bagi perusahaan. Kerugian yang timbul akibat harga jual di bawah biaya produk atau jasa, dalam jangka waktu tertentu mengakibatkan perusahaan akan berhenti sebagai
 going concern
atau akan mengganggu pertumbuhan perusahaan. Dengan demikian manajer penentuharga jual senantiasa memerlukan informasi biaya produk atau jasa dalam pengambilankeputusan penetuan harga jual, meskipun biaya tidak menentukan harga jual dan bukan satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan dalam penentuan harga jual.
Penentuan Harga Jual Barang & Jasa
2
 
B.MANFAAT INFORMASI BIAYA PENUH DALAM KEPUTUSAN PENENTUAN HARGAJUALPada dasarnya, dalam keadaan normal, harga jual produk dan jasa harus dapatmenutup biaya penuh yang bersangkutan dengan produk atau jasa dan menghasilkan laba yangdikehendaki. Biaya penuh merupakan total pengorbanan sumber daya untuk menghasilkan produk atau jasa, sehingga semua pengorbanan ini harus dapat ditutup oleh pendapatan yangdiperoleh dari penjualan produk atau jasa.Informasi biaya penuh memberikan manfaat berikut ini bagi manajer penentu harga jual dalam pengambilan keputusan penentuan harga jual :a.Biaya Penuh Merupakan Titik Awal untuk Mengurangi Ketidakpastian yang Dihadapioleh Pengambil Keputusan.Satu-satunya informasi yang memberikan kepastian yang relatif tinggi, yang adaditangan manajer penentu harga jual adalah biaya. Biasanya bagi manajer penetu harga jual, meskipun harga jual produk sudah terbentuk di pasar, informasi biaya penuhdibutuhkan oleh manajer tersebut sebagai titik awal untuk mengurangi ketidakpastiandalam menentukan harga jual produk atau jasa yang akan dibebankan kepadakonsumen di masa yang akan datang. Dengan informasi biaya penuh produk atau jasayang cermat (accurate) di tangannya, manajer penetu harga jual memiliki dasar untuk menetapkan kebijakan penentuan harga jual dengan aman.
b.
Biaya Penuh Merupakan Dasar yang Memberikan Perlindungan bagi Perusahaan danKemungkinan Kerugian.
Penentuan Harga Jual Barang & Jasa
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->