Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
6Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
04 LAPORAN JOBTRAINING UNISBA

04 LAPORAN JOBTRAINING UNISBA

Ratings: (0)|Views: 1,712 |Likes:
Published by syulianingrum

More info:

Published by: syulianingrum on Jun 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2013

pdf

text

original

 
1
BABIPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Dalam era baru ini, banyak sekali berbagai perubahan dalamkehidupan manusia.Perubahan ini menyebabkan manusia berusaha menjadi yangterbaik dalam hidupnya. Karena sifat dasar manusia adalah bertahan hidup merekaberusaha memepertahankan hidupnya dengan berbagai cara.Berbagai macampersaingan terjadi dalam upaya mempertahankan hidupnya.Mulai dari persaingankecil sampai yang besar.Salah satu persaingan dalam kehidupan manusia adalah,persaingan mereka dalam dunia pekerjaan.Dalam dunia kerja mereka bersingandengan individu lainnya dalam rangka memperoleh pekerjaan yang membuatkualitas individu haruslah baik.Karena banyaknya persaingan-persaingan dalam mencari kerja danpersaingan di dunia kerja mengharuskan adanya tuntutan untuk melahirkansarjana-sarjana kualifikasi yang siap pakai.Namun tak jarang dari kenyataanbanyak sarjana lulusan S-1 tersebut yang tidak siap pakai dalam dunia pekerjaan,karena kurangnya kemampuan / keahlian dan tidak adanya kredibilitas individudalam mengahadapi tuntutan pekerjaan. Oleh karena itu, Universitas IslamBandung khususnya Fakultas Ilmu Komunikasi menerapkan suatu job trainingdalam mata kuliah aplikasi yang merupakan salah satu persyaratan akademis yangwajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang akan menyelesaikan kuliah.
 
2Job training merupakan suatu kegiatan pengaplikasikan teori-teoriyang didapat selama perkuliahan serta mendapat wawasan yang belum didapatselama mengikuti kuliah.Pelaksanaan aplikasi teori yang didapat selamamahasiswa mengikuti kuliah dapat dilakukan di perusahaan atau lembaga yangberhubungan langsung dengan disiplin ilmu Komunikasi khusunya PublicRelations.Dengan mengikuti job training ini, semua mahasiswa berkesempatanuntuk mempelajari, mengamati dan membandingkan dunia kerja yangsesungguhnya serta mengenal lebih jauh ruang lingkup kerja khususnyaPublicRelations dan mekanismenya.Public Relations menurut Frank Jeffkins merupakan keseluruhanbentuk komunikasi yang terencana, baik itu keluar maupun ke dalam yakni antarasuatu organisasi dengan publiknya dalam rangka mencapai tujuan yang spesifik atas dasar adanya saling pengertian (dalam Yulianita, 2007:33)Public Relations Officer perusahaan dalam menjalankan tugasnyaharus memperhatikan komunikasi dua arah (Two Ways Communication), antaraperusahaan dengan publiknya, baik itu dengan publik internal maupun eksternalkarena dengan begitu maka akan tercapai suatu hubungan yang harmonis antarakedua belah pihak.Melalui Job Training ini didapatlah begitu banyak pengalaman dankemampuan serta tekad yang bulat, sehingga seorang mahasiswa diharapkan bisamenjadi seorang professional dalam bidang Public Relations dan meningkatkankualitas kesarjanaannya dan menjadi sarjana Public Relations yang memilikikualitas dan mampu bersaing dalam dunia kerja.
 
3Untuk memenuhi kriteria diatas, maka penyusun memutuskan untuk melakukan job training di PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional(DAOP) 2 Bandung, karena PT. Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan salahsatu perusahaan BUMN yang berpusat di Bandung. PT Kereta Api (Persero)DAOP 2 Bandung merupakan sub bagian dari PT Kereta Api (Persero) Pusat yangbergerak di bidang transportasi angkutan darat, sekaligus merupakan bagian dari
salah satu sistem transportas massal yang memiliki media internal yaitu ”Kontak”,
yang berfungsi sebagai media komunikasi internal dalam menyampaikaninformasi-informasi penting, mengenai kegiatan yang ada di perusahaan danditerbitkan satu bulan sekali. Melihat profil dan kinerja PT Kereta Api Indonesia,penulis sangat berminat untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat diFakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung dalam program Aplikasi dibagian Humas PT Kereta Api Daop 2 Bandung.Selain itu, banyak fenomena yangterjadi di KAI dengan adanya kecelakaan-kecelakaan kereta api, membuat sayasemakin tertarik untuk melakukan job training di PT. Kereta Api Indonesia (KAI).Dengan demikian saya dapat mengetahui bahkan terjun langsung jika adakecelakaan kereta api terjadi dan dapat mengaplikasikan secaralangsung teoriyang didapatkan selama mengikuti perkuliahan. Sehingga dengan kegiatan JobTraining di PT. Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 2 Bandung penulis bisamendapat suatu wawasan dan pengalaman yang baik sehingga menjadi seoranglulusan Sarjana Public Relations yang berkualitas.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->