Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ASKEP HNP

ASKEP HNP

Ratings: (0)|Views: 1,049|Likes:
Published by Cee Calm

More info:

Published by: Cee Calm on Jun 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/28/2014

pdf

text

original

 
ASUHAN KEPERAWATANPADA KLEIN DENGAN HNP (HERNIA NUKLEUS PULPOSUS)I.Landasan teori
 A.Pengertian
HNP adalah Suatu nyeri yang disebabkan oleh proses patologik dikolumnavertebralis pada diskus intervertebralis (diskogenik) (Harsono, 1996)HNP adalah keadaan dimana nukleus pulposus keluar menonjol untuk kemudiamenekan ke arah kanalis spinalis melalui anulus fibrosis yang robek.
 B.Etiologi
HNP terjadi karena proses degenratif diskus intervetebralis
C.Insiden
Angka kejadi dan kesakitan banyak terjadi pada usia pertengahan. Padaumumnya HNP didahului oelh aktiivtas yang berlebihan, misalnya mengangkat beban berat (terutama mendadak) mendorong barang berat. Laki—laki lebih banyak dari pada wanitaD.
Gejala
Gejala utama yang muncul adalah rasa nyeri di punggung bawah disertai otot-otot sekitar lesi dan nyeri tekan .
 E.Klasifikasi
HNP terbagi atas :1.HNP sentralHNP sentral akan menimbulkan paraparesis flasid, parestesia, dan retensiurine2.HNP lateralRasa nyeri terletak pada punggung bawah, ditengah-tengah abtra pantat dan betis, belakang tumit dan telapak kaki.Ditempat itu juga akan terasa nyeritekan. Kekuatan ekstensi jari ke V kaki berkurang dan refleks achilenegatif. Pada HNP lateral L 4-5 rasa nyeri dan tekan didapatkan di punggung bawah, bagian lateral pantat, tungkai bawah bagian lateral, dandi dorsum pedis. Kekuatan ekstensi ibu jari kaki berkurang dan refleks patela negatif. Sensibilitas [ada dermatom yang sdesuai dengan radiks yangterkena menurun. Pada percobaan lasegue atau test mengnagkat tungkaiyang lurus (straigh leg raising) yaitu mengangkat tungkai secara lurusdengan fleksi di sendi panggul, akan dirasakan nyeri disepanjang bagian belakang (tanda lasefue positif). Valsava dab nafsinger akan memberikan
 
hasil posistif .
 F.patofisiologi
Pada umumnya HNP didahului oeleh aktiivta syang berat dengan keluahanutamanya adalah nyeri di punggung bawah disertai nyeri otot sekitar lesi dannyeri tekan . Hal ini desebabkan oleh spasme otot-otot tersebut dan spasmemenyebabkan mengurangnya lordosis lumbal dan terjadi skoliosis.
G.Penatalaksanaan
1.Terapi konservatia. Tirah baringPenderita hrus tetap berbaring di tempat tidur selama beberapa haridengan sikap yang baik adalah sikap dalam posisi setengah duduk dimana tungkai dalam sikap fleksi pada sendi panggul dan lutut.tertentu. Tempat tidur tidak boleh memakai pegas/per dengandemikina tempat tidur harus dari papan yang larus dan diutu[ denganlembar busa tipis. Tirah baring bermanfaat untuk nyeri punggung bawah mekanik akut. Lama tirah baring tergantung pada beratringannya gangguan yang dirasakan penderita. Pada HNPmemerlukan waktu yang lebih lama. Setelah berbaring dianggpcukup maka dilakukan latihan / dipasang korset untuk mencegahterjadinya kontraktur dan mengembalikan lagi fungsi-fungsi otot. b.Medikamentosa1. Symtomatik Analgetik (salisilat, parasetamol), kortikosteroid (prednison, prednisolon), anti-inflamasi non-steroid (AINS) seperti piroksikan, antidepresan trisiklik ( amitriptilin), obat penenangminor (diasepam, klordiasepoksid).2. KausalKolagenesec. FisioterapiBiasanya dalam bentuk diatermy (pemanasan dengan jangkauan permukaan yang lebih dalam) untuk relaksasi otot dan mengurnagilordosis.2.Terapi operatiTerapi operatif dikerjakan apabila dengan tindakan konservatif tidamemberikan hasil yang nyata, kambuh berulang atau terjadi defisitneurologik 
 
3.Rehabilitasia.Mengupayakan penderita segera bekerja seperti semula b.Agar tidak menggantungkan diri pada orang lain dalammelakkan kegiatan sehari-hari (the activity of daily living)c.Klien tidak mengalami komplikasi pneumonia, infeksisaluran kencing dan sebagainya).
II.konsep keperawatan
A.Pengkajian
1.Identitas
HNP terjadi pada umur pertengahan, kebanyakan pada jenis kelamin priadan pekerjaan atau aktivitas berat (mengangkat baran berat atau mendorong benda berat)
2.Keluahan Utama
 Nyeri pada punggung bawahP, trauma (mengangkat atau mendorong benda berat)Q, sifat nyeri seperti ditusuk-tusuk atau seperti disayat, mendenyut, sepertikena api, nyeri tumpul atau kemeng yang terus-menerus. Penyebaran nyeriapakah bersifat nyeri radikular atau nyeri acuan (referred fain). Nyeri tadi bersifat menetap, atau hilang timbul, makin lama makin nyeri .R, letak atau lokasi nyeri menunjukkan nyeri dengan setepat-tepatnyasehingga letak nyeri dapat diketahui dengan cermat.S, Pengaruh posisi tubuh atau atau anggota tubuh berkaitan denganaktivitas tubuh, posisi yang bagaimana yang dapat meredakan rasa nyeridan memperberat nyeri. Pengaruh pada aktivitas yang menimbulkan rasanyeri seperti berjalan, turun tangga, menyapu, gerakan yang mendesak.Obat-oabata yang ssedang diminum seperti analgetik, berapa lamadiminumkan.T Sifanya akut, sub akut, perlahan-lahan atau bertahap, bersifat menetap,hilng timbul, makin lama makin nyeri.
3.Riwayat Keperawatan
a.Apakah klien pernah menderita Tb tulang, osteomilitis,keganasan (mieloma multipleks), metabolik (osteoporosis) b.Riwayat menstruasi, adneksitis dupleks kronis, bisamenimbulkan nyeri punggung bawah

Activity (1)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
ladygresia liked this
'Xtianto Adjie liked this
gjunglink liked this
ajengRetmaSari liked this
Novi Ayu Lestari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->