Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peranan APBN rikalwati

Peranan APBN rikalwati

Ratings: (0)|Views: 310 |Likes:
Published by Amhier Jie

More info:

Published by: Amhier Jie on Jun 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2014

pdf

text

original

 
1
BAB I
 
PENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Sejalan Pengertiannya sebagai Anggaran Belanja dan Pendapatan Negaramaka APBN selalu menjadi tolok ukur akan kemajuan bangsa Indonesia.Pertumbuhan pembangunan baik itu pertumbuhan ekonomi maupunpembangunan infrastruktur merupakan target dari adanya APBN itu sendiri.Oleh karena itu menjadi tugas Pemerintah untuk menentukan kebijaksanaan dibidang anggaran belanja agar stabilitas pertumbuhan dan pembangunan ekonomitetap dapat di pertahankan tanpa adanya bantuan dari luar negeri, artinya besarnyapengeluaran total tidak boleh melebihi besarnya pendapatan total (surplus).Kebijakan yang di tetapkan pemerintah antara lain adalah kebijakan fiscal,kebijakan moneter , kebijakan keuangan international dan kebijakan pemerataanpendapatan.Kebijakan fiskal merujuk pada kebijakan yang dibuat pemerintah untuk mengarahkan ekonomi suatu negara melalui pengeluaran dan pendapatan (berupapajak) pemerintah. Instrumen utama kebijakan fiskal adalah pengeluaran danpajak. Perubahan tingkat dan komposisi pajak dan pengeluaran pemerintah dapatmempengaruhi variabel-variabel berikut:-
 
Permintaan agregat dan tingkat aktivitas ekonomi-
 
Pola persebaran sumber daya-
 
Distribusi pendapatanKebijakan moneter adalah proses mengatur persediaan uang sebuah negarauntuk mencapai tujuan tertentu; seperti menahan inflasi, mencapai pekerja penuhatau lebih sejahtera. Kebijakan moneter adalah upaya untuk mencapai tingkatpertumbuhan ekonomi yang tinggi secara berkelanjutan dengan tetapmempertahankan kestabilan harga. Untuk mencapai tujuan tersebut Bank Sentralatau Otoritas Moneter berusaha mengatur keseimbangan antara persediaan uangdengan persediaan barang agar inflasi dapat terkendali, tercapai kesempatan kerjapenuh dan kelancaran dalam pasokan/distribusi barang.Kebijakan moneterdilakukan antara lain dengan salah satu namun tidak terbatas pada instrumensebagai berikut yaitu suku bunga, giro wajib minimum, intervensi dipasar valuta
 
2
asing dan sebagai tempat terakhir bagi bank-bank untuk meminjam uang apabilamengalami kesulitan likuiditas.Tujuan
 – 
tujuan dari kebijakan di atas tentu saja untuk menjaga keseimbanganantara pendapatan dan pengeluaran Negara yang tercatat di dalam APBN.B.
 
Tujuan
 Tujuan dari makalah ini adalah memaparkan sejauh mana peranan APBNdalam mempengaruhi pertumbuhan pembangunan ekonomi dan infrastruktur baik infrastruktur ekonomi maupun infrastruktur pemukiman Bangsa Indonesia hinggadewasa ini. Sesuai dengan fungsi dari APBN itu sendiri.
 
3
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian APBN
APBN (Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara) adalah adalah rencanakeuangan tahunan pemerintahan negara Indonesia yang disetujui oleh DewanPerwakilan Rakyat. APBN berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuatrencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran (1Januari - 31 Desember). APBN, Perubahan APBN, dan PertanggungjawabanAPBN setiap tahun ditetapkan dengan Undang-Undang.
B.
 
Tahapan Penyusunan, Pelaksanaan, & Pertanggungjawaban APBN
1.
 
Penyusunan APBNPemerintah mengajukan Rancangan APBN dalam bentuk RUU tentangAPBN kepada DPR. Setelah melalui pembahasan, DPR menetapkanUndang-Undang tentang APBN selambat-lambatnya 2 bulan sebelumtahun anggaran dilaksanakan.2.
 
Pelaksanaan APBNSetelah APBN ditetapkan dengan Undang-Undang, pelaksanaan APBNdituangkan lebih lanjut dengan Peraturan Presiden.Berdasarkan perkembangan, di tengah-tengah berjalannya tahun anggaran,APBN dapat mengalami revisi/perubahan. Untuk melakukan revisi APBN,Pemerintah harus mengajukan RUU Perubahan APBN untuk mendapatkanpersetujuan DPR.Dalam keadaan darurat (misalnya terjadi bencana alam), Pemerintah dapatmelakukan pengeluaran yang belum tersedia anggarannya.3.
 
Pertanggung jawaban Pelaksanaan APBNSelambatnya 6 bulan setelah tahun anggaran berakhir, Presidenmenyampaikan RUU tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBNkepada DPR berupa Laporan keuangan yang telah diperiksa oleh BadanPemeriksa Keuangan.
C.
 
Struktur APBN
Struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara saat ini adalah:1.
 
Pendapatan Negara dan Hibah

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Simudt Mudrikah liked this
Unee Wahyunee liked this
Merriana Bong liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->