Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Akl Air (Refisi)

Laporan Akl Air (Refisi)

Ratings: (0)|Views: 458|Likes:
sebelum fix, analisis kesehatan lingkungan, sampel air di depok, dekat FKM UI, parameter air
sebelum fix, analisis kesehatan lingkungan, sampel air di depok, dekat FKM UI, parameter air

More info:

Published by: Ayu Anastasia Bustami on Jun 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/07/2012

pdf

text

original

 
ANALISIS PARAMETER FISIK DAN KIMIAWI AIR KELAS REGULER & EKSTENSI DI 18 TITIK PONDOK CINA, DEPOK PADA BULAN NOVEMBER-DESEMBER 2011ABSTRAK 
Latar Belakang
Air merupakan sumber daya alam yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup makhluk dimuka bumi ini. Dewasa ini, pencemaran air telah menjadi persoalan serius yang terjadi di banyak negara secara global. Laporan dari Badan Lingkungan Hidup Kota Depok menyatakan bahwa pencemaran air di Kota Depok dapat mengganggu kualitas air di daerah tersebut. Oleh karena itu,dilakukan penelitian fisik dan kimiawi air kelas 1 di 18 titik di pemukiman warga Pondok Cina,Depok dengan tujuan untuk mengetahui kualitas air di sekitar Kota Depok pada tahun 2011 yangdinyatakan dengan nilai hasi pengukuran beberapa parameter penting berdasarkan PP No. 82/ 2001Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.
Metode
Data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk data primer, yaitu sumber air yangdigunakan oleh pemukiman warga yang tinggal di sekitar Kampus Universitas Indonesia, Depok tersebut. Kemudian, dilakukan analisis di Laboratorium Departemen Kesehatan LingkunganUniversitas Indonesia dengan menggunakan alat spektofotometri dengan reagen yang berbeda- beda. Terakhir, data diinterpretasi dengan membandingkan hasil pengukuran dengan PP No. 82/2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.
Hasil
Pada pengukuran kandungan besi pada air di 18 titik di pemukiman warga Pondok Cina,Depok didapatkan 2 titik yang memiliki kadar besi sebesar 2,23 mg/L (sampel 2) dan 0,37 (sampel15) yang melebihi baku mutu yang ditetapkan oleh PP No. 82 Tahun 2001 yaitu sebesar 0,3 mg/L.Untuk nilai nitrit yang diperoleh 2 titik pengukuran melebihi nilai baku mutu tembaga (0,06mg/L) berdasarkan PP No 82 Tahun 2001. Sedangkan, pada nilai kekeruhna (
turbidity
) di 18 titik di pemukiman warga di Pondok Cina, Depok, didapatkan hasil bahwa dari 1 titik yang dilakukan pengukuran sumber air yang digunakan masih dibawah baku mutu yang ditetapkan padaKeputusan Menteri Kesehatan RI No.907 tahun
 
2002sebesar 5 mg/L. Untuk kandungan fosfat pada 18 titik ini didapatkan hasil bahwa 8 titik melebihi baku mutu (0,2 mg/L) menurut PP No. 82tahun 2001. Terakhir, pada pengukuran konsentrasi mangan di 12 titik, didapatkan hasil bahwaterdapat 10 titik sampling yang airnya mengandung mangan di atas standar baku mutu yangditetapkan pada PP No. 82 Tahun 2001, yaitu 0,1 mg/L.
 
Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di 18 titik di Pondok Cina, Depok maka dapatdisimpulkan bahwa kualitas fisik dan kimiawi air di Kota Depok telah memprihatinkan karena ada beberapa titik pengambilan sampel yang kandungan nitrit, besifosfat, dan mangan telah melebihinilai baku mutu lingkungan yang tertulis dalam PP No. 82/ 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air dan Keputusan Menteri Kesehatan RI No.907 tahun
 
2002tentang Syarat-Syarat dan Pengawas Kualitas Air Minum.
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Air merupakan sumber daya alam yang bermanfaat bagi kelangsunganhidup makhluk di muka bumi ini. Air juga bermanfaat untuk memajukankesejahteraan umum dan menunjang pembangunan yang berkelanjutan.
1
Hal ini berarti penggunaan air untuk berbagai manfaat dan kepentingan harus dilakukansecara bijaksana dengan memperhitungkan kepentingan generasi masa kini danmasa depan.Dewasa ini, pencemaran air telah menjadi persoalan serius yang terjadi di banyak negara secara global.
2
Pencemaran air adalah turunnya kualitas air sampaike tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.
3
Adapun maksud dari tingkat tertentu diatas adalah baku mutu air yang ditetapkan sebagai tolok ukur untuk menetapkan telah terjadinya pencemaranair.Pencemaran air dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pembuanganlimbah industri, sisa insektisida, dan pembuangan sampah domestik .
4
Selain itu, pembusukan sampah organic oleh bakteri dapat menyebabkan kandungan oksigendi air berkurang sehingga mengganggu aktivitas kehidupan organisme air.Pencemaran air juga dapat disebabkan oleh tumpahan minyak bumi yang dibawaoleh kapal tanker.Beberapa peristiwa pencemaran air yang terjadi di sebagian negara secaraglobal yaitu peristiwa pencemaran air oleh logam berat merkuri tejadi di Teluk Minamata, Jepang pada tahun 1958 menyebabkan masyarakat Jepang terserang penyakit yang mengganggu sistem syarafnya. Peristiwa ini dikenal dengan nama
1
 
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan KualitasAir dan Pengendalian Pencemaran Air.
2
Helmer, Richard. 1997.
Water Pollution Control-A Guide to the Use of Water Quality Management Principles.
Published by World Health Organization. Britain: St EdmundsburyPress, halaman 17.
3
 
 Loc cit.,
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 82 Tahun 2001.
4
Pembuangan limbah industry seperti Pb, Hg, Zn, dan CO yang bersifat racun, sedangkan darisampah domestik seperti pembuangan sisa detergen.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->