Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Interelasi Islam Dan Budaya Jawa

Interelasi Islam Dan Budaya Jawa

Ratings: (0)|Views: 321 |Likes:
Published by Zen Lahat

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Zen Lahat on Jun 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2013

pdf

text

original

 
INTERELASI ISLAM DAN BUDAYA JAWA
MakalahDisusun Guna Memenuhi TugasMata kuliah:
 Islam Dan Budaya Jawa
Dosen pengampu:
Ibu Naily Anafah, M. Ag.
 Disusun Oleh:
Abdul Majid(092111003)Abdul Wahab(092111004)Adib Mubarok(092111005)
FAKULTAS SYARI’AHINSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGOSEMARANG2010
INTERELASI ISLAM DAN BUDAYA JAWA
1
 
PENDAHULUAN
Agama adalah sesuatu yang datang dari Tuhan untuk menjadi pedoman bagi manusia dalam mencapai kesejahteraan dunia dankebahagiaan ukhrawi. Adapun kebudayaan adalah semua produk aktivitasintelektual manusia untuk memperoleh kesejahteraan dan kebahagiaanhidup duniawi. Corak dan warna kebudayaan dipengaruhi oleh agama dansebaliknya pemahaman agama dipengaruhi oleh tingkat kebudayaan.Al Islam hanyalah satu, tetapi kebudayaan Islam tidaklah satu.Sedemikian banyak dan bervariasi sesuai dengan kondisi obyektif ruang danwaktu, sesuai dengan tempat dan masa para pencipta dan pengembangkebudayaan tersebut.
1
Dalam kehidupan keagamaan, kecenderungan untumemodifikasikan Islam dengan kebudayaan Jawa telah melahirkan berbagaimacam produk baru terutama pada hasil interelasi nilai Jawa Islam dengannilai kepercayaan dan ritual Jawa.Dalam konteks Indonesia, kebudayaan Jawa merupakan salah satukebudayaan lokal yang berpengaruh penting karena dimiliki sebagian besar etnik terbesar di Indonesia. Nilai-nilai Islam memiliki arti penting bagikebudayaan Jawa karena mayoritas masyarakat Jawa beragama danmemeluk agama Islam. Dengan demikian hubungan nilai-nilai Islam dengankebudayaan Jawa menjadi menarik karena keberadaan Islam dankebudayaan Jawa yang cukup dominan pada bangsa Indonesia.
RUMUSAN MASALAH
Pengertian Interelasi
1 M. Amin Rais,
 Islam di Indonesia, Suatu Ikhtiar Mengaca Diri
, Jakarta: Rajawali, 1986,hlm. 92.
 
Interelasi Nilai Jawa Islam Dalam Aspek KeagamaanCakupan Interelasi Islam Dan JawaAjaran Keseimbangan: Nilai Jawa dan Islam
PEMBAHASANPengertian Interelasi
Dalam kamus besar bahasa Indonesia, interelasi berarti hubungansatu sama lain.
2
Jadi yang dimaksud interelasi di sini adalah hubunganantara nilai-nilai ajaran atau kebudayaan Jawa dengan Islam dari aspekepercayaan.Sebelum Islam datang, masyarakat Jawa telah mempunyaikepercayaan yang bersumber pada ajaran Hindu yang ditandai denganadanya para dewata, kitab-kitab suci, orang-orang suci, roh jahat, lingkaran penderitaan (samsara), hukum karma dan hidup bahagia abadi (moksa). Disamping itu juga ada yang bersumber pada ajaran Budha yang ditandaidengan adanya percaya pada Tuhan (Sang Hyang Adi Budha), selain itu juga ada kepercayaan animisme dan dinamisme.Setelah kedatangan Islam ke Jawa, terjadilah suatu interelasi Islamdengan Jawa yang salah satunya adalah interelasi antara kepercayaan danritual Islam dengan nilai-nilai Jawa. Pada dasarnya interelasi ini ditempuhdengan jalan penyerapan secara berangsur-angsur, sebagaimana yang dilihatdan dilafalkan Islam berbahasa Arab menjadi fenomena Jawa.
3
Salah satu prinsip utama dalam pemikiran keagamaan Jawa adalahsegala sesuatu yang ada tersusun dari wadah dan isi. Alam, bentuk fisik tubuh dan kesalehan normatif adalah wadah. Allah, sultan, jiwa, iman danmistisme merupakan isi. Kalangan mistikus Jawa meyakini, pada akhirnyaisi lebih berarti daripada wadah, sebab merupakan kunci kesatuan mistik .
4
2 Departemen Pendidikan Nasional,
 Kamus Besar Bahasa Indonesia
, Jakarta: BalaiPustaka, 2005, cet.3, hlm. 4383 Abdul Jamil, dkk,
 Islam dan Budaya Jawa
, Yogyakarta: Gama Media, 2000, hlm.1234 Mark R. Woodward,
 Islam Jawa
,
 Kesalahan Normatif Versus Kebatinan
, Yogyakarta:LKIS, 2004, cet.2, hlm. 109-110.
3

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->