Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Untitled

Untitled

Ratings: (0)|Views: 308|Likes:
Published by api-142935716

More info:

Published by: api-142935716 on Jun 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/27/2013

pdf

text

original

 
FREE WILL DAN PREDESTINATION DALAM PANDANGAN ALIRAN-ALIRAN TEOLOGI ISLAMMakalah(Makalah Ini Dikerjakan Untuk Memenuhi Tugas Ujian Tengah Semester)Dosen Pengampu:Sarkowi M.PdKelompok 10:Hilmi Faizah (07610027)Wildan Hakim (10610093)Maslachah (10610081)JURUSAN MATEMATIKAFAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGIUNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG2011BAB I
 
PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Masalah perbuatan manusia termasuk pembahasan yang begitu kuno, jadi perbuatan manusia bukanlah diciptakan Tuhan pada diri manusia, tetapimanusia sendirilah yang mewujudkan perbuatannya, menurut aliranMu'tazila.Sedangkan aliranAsy'ariyah mengemukakan dalam fahamAsy'ari manusia ditempatkan pada posisi yang lemah. Jadi,aliran ini lebih dekat pada fahamJabariyah sedangkan aliranMaturidiyah masih ada perbedaan antara MatudiriyahSamarkand danMatudiriyahBakhara mengenai perbuatan manusia. K elompok pertama lebih dekat dengan fahamMu'tazilah sedangkan kelompok kedua lebih dekat pada fahamAsy'ariyah.Menurut Harun Nasution yang kemudian diikuti Dr. Hasan Zaini,Qadariyah dalam isitlah inggrisnya dikenal dengan namaFreeWill, sedangkan Jabaiyah dikenal dengan sebutanPredestination atauFatalism.
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari makalah ini adalah:“Bagaimana kajian tentangFreeWill danPredastinasion menurut aliran-aliran TeologiIslam?”.
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah “untuk mengetahuikajian tentangFreeWill danPredastinasion menurut aliran-aliranTeologi Islam”.
BAB IIPEMBAHASANAliran Jabariyah
 
Dalam pembahasan mengenai perbuatan manusia tampaknya ada perbedaan pandangan antara Jabariyah Ekstrim dan Jabariyah Moderat. Jabariyah Ekstrim berpendapat bahwa segala perbuatan manusia bukanlah merupakan perbuatan yangtimbul dari kemauannya sendiri,tetapi kemauan yang dipaksakan atas dirinya. Salah seorang tokoh Jabariyah Ekstrim, mengatakan bahwa manusia tidak mampu berbuat apa-apa. Ia tidak mempunyai daya, tidak mempunyai kehendak sendiri, dantidak mem punyai pilihan.Jabariyah Moderat mengatakan bahwaTuhan menciptakan perbuatan manusia, baik  perbuatan jahat maupun perbuatan baik, tetapi manusia mempunyai peranandidalamnya. Tenaga yang diciptakan dalam diri manusia mempunyai efek untuk mewujudkan perbuatannya. Inilah yang dimaksud dengan kasab (acquisition).Menurut fahamasab manusia tidaklahMajbur. Tidak seperti wayang yang dikendalikan oleh dalang dan tidak pula menjadi pencipta perbuatan. Tetapimanusia itu memperoleh perbuatan yang diciptakan oleh Tuhan.
Aliran Qadariyah
Aliran Qadariyah menyatakan bahwa segala tingkah laku manusia dilakukanatas kehendaknya sendiri. Manusia mempunyai kewenangan untuk melakukansegala perbuatannya atas kehendaknya sendiri, baik itu berbuat baik maupun berbuat jahat. Karena itu ia berhak menentukan pahala atas kebaikan yangdilakukannya dan juga berhak memperoleh hukuman atas kejahatan yang telah ia perbuat.FahamTakdir dalam pandangan Qadariyah,Takdir itu adalah ketentuan Allah yang diciptakan-Nya untuk alam semesta beserta seluruh isinya yang dalamistilah Al-qur’an adalahSunatullah.Aliran Qadariyah berpendapat bahwa tidak ada alasan yang tepatmenyandarkan segala perbuatan manusia kepada perbuatan Tuhan. Doktrin-doktrinini mempunyai tempat pijakan dalam doktrinIslam sendiri banyak ayat Al-Qur’an yang mendukung pendapat ini misalnya dalam surat Al-ahfi ayat ke-29 yangartinya :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->