Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
75Activity
×
P. 1
13313485 Metode Kerja PostTension Jembatan Box Girder Perawang Riau

13313485 Metode Kerja PostTension Jembatan Box Girder Perawang Riau

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 11,128|Likes:
Published by Nasyiin Faqih

More info:

Published by: Nasyiin Faqih on Jun 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/28/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANI.1 Latar Belakang
Pembangunan jembatan sangat berkaitan dengan salah satu upaya pengmbangan wilayah dalam mendukung pengembangan berbagai sektor kegiatanekonomi seperti pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, industri, pariwisata, pertambangan serta pengembangan kegiatan sosial kemasyarakatan, sepertikegiatan perdagangan antar daerah, kegiatan administrasi pemerintahan, kegiatansosial politik, dan sebagainya.Jembatan Perawang terletak pada ruas jalan Minas-Simpang Lago, diKabupaten Siak. Keberadaan Jembatan ini akan memperpendek jarak Jalan LintasTimur pada Ruas Simpang Lago Minas sepanjang
±
45 km, dibanding jikamelewati Kota Pekanbaru. Disamping itu keberadaan jembatan ini juga akanmengurangi kemacetan lalu lintas kendaraan berat yang biasanya melewati KotaPekanbaru dan mengurangi beban lalu lintas pada Ruas Jalan Nasional SimpangLago Pekanbaru serta jalan dalam Kota Pekanbaru. Dengan dibangunnya jembatan ini akan dapat mengurangi waktu tempuh Jalan Lintas Timur dariSimpang Lago menuju Dumai.
I.2Maksud dan Tujuan Proye
Maksud dan tujuan dibangunnya jembatan Perawang adalah :1.Menyediakan prasarana transportasi yang menghubungkan kota Perawangdengan daerah lainnya sehingga daerah-daerah yang terpisah oleh sungai Siak dapat terhubung dengan baik.2.Mengurangi biaya operasional kendaraan sehingga mengurangi biayatransportasi yang mengakibatkan harga bahan mentah maupun jadi akan lebihkompetitif.3.Memperbesar kesempatan pemasaran dari daerah sekitar yang berakibatlangsung kepada peningkatan sosial dan ekonomi rakyat.
1
 
I.3 Ruang Lingkup Kerja Prakte
Ruang lingkup yang ditinjau penulis pada Proyek Pembangunan JembatanPerawang ini adalah metode pelaksanaan pekerjaan
 Post Tensioning PrestresseConcrete
yang meliputi pekerjaan pemasangan tendon, pemasangan kabel
 strand 
, penarikan kabel
 strand 
, proses
 grouting 
dan hal lain yang diarahkan pembimbing.Dalam laporan ini dipaparkan pelaksanaan kegiatan proyek yang sedangdikerjakan berdasarkan pengamatan, konsultasi dan bimbingan dari kontraktor  pelaksana dan konsultan pengawas serta berpedoman pada gambar kerja, spesifikasiumum, dan lampiran lainnya.
1.4 Sistematika Penulisan
Laporan kerja praktek ini disusun atas beberapa bab, dimana setiap babterdiri dari beberapa sub bab dengan rincian sebagai berikut :
Bab I :Pendahuluan
Berisi tentang latar belakang proyek, maksud dan tujuan proyek,ruang lingkup kerja praktek, serta sistematika penulisan.
Bab II :Tinjauan Umum Proye
Berisi tentang data umum proyek dan pelaksanaan proyek yangterdiri dari tahap-tahapan yang dimulai dengan penunjukan langsungkontraktor pelaksana, administrasi proyek dan tahap pelaksanaandilapangan.
Bab III :Tinjauan Khusus Proye
Berisi tentang metode pelaksanaan pekerjaan
Post Tensioning  Prestressed Concrete
dengan standar peraturan yang digunakan pada proyek ini.
Bab IV :Penutup
Berupa kesimpulan dan saran-saran penulis terhadap pelaksanaan proyek secara umum.
2
 
BAB IITINJAUAN UMUM PROYEK 2.1.Lokasi dan Situasi Proyek 
Adapun lokasi proyek ini adalah di desa Meredan, kecamatan Tualang,Kabupaten Siak Sri Indrapura.Gambar 2.1Lokasi Proyek Jembatan PerawangSituasi topografi jembatan perawang terdiri atas daerah datar dimana keduasisi jembatan dibelah oleh sungai Siak. Kondisi tanah sekitar jembatan adalahgambut dengan kedalaman rata-rata tanah gambut setebal 30 m.Proyek Pembangunan Jembatan Perawang dikerjakan oleh P.T.Pembangunan Perumahan (Persero) dengan perincian sebagai berikut :a.Merupakan Jembatan Single Box Girder  b.Terdiri dari 14 buah pier dan 4 abutmen.c.Total panjang jembatan perawang adalah 1413 meter dengan rincian :- main span = 180 meter - side span = 202 meter 
P.SUMATERA
 
Prop.Riau
Ibukota PropinsiIbukota KabupatenKota-kota lainnyaBatas PropinsiBatas KabupatenJalan NasionalJalan Propinsi
Keterangan :
(Not to Scale)
3

Activity (75)

You've already reviewed this. Edit your review.
Finsen Tobing added this note|
i like it
Finsen Tobing liked this
1 hundred reads
Agus Suroso liked this
Amin Ridwan liked this
trihonosewoyo liked this
Teknik Gempur liked this
spen_prihatanto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->