Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
276Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konsep Keanekaragaman Hayati

Konsep Keanekaragaman Hayati

Ratings:

4.72

(25)
|Views: 51,618 |Likes:
Published by melanie87

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: melanie87 on Jan 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2013

 
KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATIApabila Anda mendengar kata “Keanekaragaman”, dalam pikiran anda mungkinakan terbayang kumpulan benda yang bermacam-macam, baik ukuran, warna,bentuk, tekstur dan sebagainya. Bayangan tersebut memang tidak salah. Katakeanekaragaman memang untuk menggambarkan keadaan bermacam-macamsuatu benda, yang dapat terjadi akibat adanya perbedaan dalam hal ukuran,bentuk, tekstur ataupun jumlah.Sedangkan kata Hayatimenunjukkan sesuatu yang hidup. Jadikeanekaragaman hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup(organisme) penghuni biosfer.Keanekaragaman hayati disebut juga “Biodiversitas”. Keanekaragaman ataukeberagaman dari makhluk hidup dapat terjadi karena akibat adanya perbedaanwarna, ukuran, bentuk, jumlah, tekstur, penampilan dan sifat-sifat lainnya.Sedangkan keanekaragaman dari makhluk hidup dapat terlihat dengan adanyapersamaan ciri antara makhluk hidup. Untuk memahami konsep keseragamandan keberagaman makhluk hidup pergilah Anda ke halaman sekolah. Amatilingkungan sekitarnya! Anda akan menjumpai bermacam-macam tumbuhan danhewan. Jika Anda perhatikan tumbuhan-tumbuhan itu, maka Anda akanmenemukan tumbuhan-tumbuhan yang berbatang tinggi, misalnya: palem,mangga, beringin, kelapa. Dan yang berbatang rendah, misalnya: cabe, tomat,melati, mawar dan lain-lainnya. Ada tumbuhan yang berbatang keras, danberbatang lunak. Ada yang berdaun lebar, tetapi ada pula yang berdaun kecil,serta bunga yang berwarna-warni. Begitu pula Anda akan menemukantumbuhan-tumbuhan yang memiliki kesamaan ciri seperti: tulang daun menyiripatau sejajar, sistem perakaran tunggang atau serabut, berbiji tertutup atauterbuka, mahkota bunga berkelipatan 3 atau 5 dan lain-lain. Begitu pula padahewan-hewan yang Anda temukan, terdapat hewan-hewan yang bertubuh besar seperti kucing, sapi, kerbau, dan yang bertubuh kecil seperti semut
 
serta kupu-kupu. Ada hewan berkaki empat, seperti kucing. Berkaki dua sepertiayam. Berkaki banyak seperti lipan dan luwing. Juga akan tampak burung yangmemiliki bulu dan bersayap.Di samping itu, Anda juga akan menemukan hewan yang hidupnya di air seperti:ikan mas, lele, ikan gurame. Dan hewan-hewan yang hidup di darat sepertikucing, burung dan lain-lain. Ada hewan yang tubuhnya ditutupi bulu sepertiburung, ayam. Ada yang bersisik seperti ikan gurame, ikan mas, dan ada pulayang berambut seperti kucing, kelinci dan lain-lain.Dari hasil pengamatan atau observasi di halaman kamous, Anda telahmenemukan adanya keseragaman dan keberagaman pada makhluk hidup..
TUMBUHAN
- Mangga dan jambu memiliki sistem perakaran tunggang, urat daun menyirip,berbiji tertutup dan lain-lain.- Kelapa dan bambu memiliki sistem perakaran serabut, urat daun sejajar danlain-lain.
HEHEWAN
- KKucing dan anjing dilindungi oleh rambut, reproduksi secara generatif,menyusui dan lain-lain.- BBelalang dan kupu-kupu memiliki kaki 6 buah atau 3 pasang (Hexapoda),tubuh menjadi 3 bagian ( kepala, dada, dan perut ), bersayap dan lain-lain..KesimpulanAda keseragaman dan keberagaman dari berbagai jenis tumbuham danhewan.Bagaimana apakah Anda masih mengalami kesulitan? Kalau tidak mari kitalanjutkan dengan uraian materi tentang keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis, dan ekosistem.
 
1. KEANEKARAGAMAN HAYATI TINGKAT GEN
Keanekaragaman hayati tidak saja terjadi antar jenis, tetapi dalam satu jenispun terdapat keanekaragaman. Adanya perbedaan warna, bentuk, danukuran dalam satu jenis disebut variasi.Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang tingkatankeanekaragaman hayati, simak uraiannya berikut ini:
1. Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen
Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati tingkat gen? Untukmenemukan jawaban ini, cobalah amati tanaman bunga mawar. Tanamanini memiliki bunga yang berwarna-warni, dapat berwarna merah, putih ataukuning. Atau pada tanaman mangga, keanekaragaman dapat Andatemukan antara lain pada bentuk buahnya, rasa, dan warnanya.Demikian juga pada hewan. Anda dapat membandingkan ayam kampung,ayam hutan, ayam ras, dan ayam lainnya. Anda akan melihatkeanekaragaman sifat antara lain pada bentuk dan ukuran tubuh, warnabulu dan bentuk pial (jengger).
Gambar 1. Keanekaragaman gen pada ayam
Keanekaragaman warna bunga pada tanaman mawar. Bentuk, rasa, warnapada buah mangga, serta keanekaragaman sifat, warna bulu dan bentukpial pada ayam, ini semua disebabkan oleh pengaruh perangkat pembawasifat yang disebut dengan gen. Semua makhluk hidup dalam satuspesies/jenis memiliki perangkat dasar penyusun gen yang sama. Genmerupakan bagian kromosom yang mengendalikan ciri atau sifat suatu

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->