Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Seni Musik

Seni Musik

Ratings: (0)|Views: 3,127 |Likes:
Published by Yunita Anggraini

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Yunita Anggraini on Jun 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2013

pdf

text

original

 
 
Pengertian Penyajian Musik
Penyajian music adalah suatu bentuk pertunjukan musik secara langsung di hadapansejumlah penonton, baik penonton yang bersifat homogen (satu jenis penonton, misalnya siswasekolah tingkat SMK) maupun penonton yang heterogen (bermacam jenis atau umum). Publik ataupenonton yang hadir dalam sebuah pertunjukan musik sangat ditentukan oleh jenis musik yangdipertunjukan.Secara garis besar, bentuk-bentuk penyajian musik tersebut dapat dikelompokkan menjadibeberapa kelompok seperti berikut ini.1.
 
Penyajian music tunggal, yakni bentuk penyajian music yang menampilkan seorang musikusdalam memainkan alat music tertentu.2.
 
Penyajian kelompok music terbatas. Yang dimaksud adalah penyajian kelompok musicseriosa dalam bentuk duet alat music, bentuk-bentuk trio, kuartet, atau kuintet alat musicsampai dengan bentuk ensambel terbatas.3.
 
Penyajian music orchestra yang dihadiri oleh penikmat yang jumlahnya jauh lebih besar.4.
 
Penyajian music elektrik, yakni penyajian kelompok music dengan menggunakanperlengkapan atau alat-alat music elektrik berkekuatan tinggi.
 
Persiapan Pertunjukan Musik
Setelah Anda mengikuti rangkaian pembelajaran teori dan apresiasi seni music, Andadiharuskan menampilkan karya music. Proses penampilan karya music ini tentu saja harus melaluirangkaian kegiatan yang terorganisasi sehingga proses penampilan music bisa baik dan terarah.
 
Organisasi Pertunjukan Musik
Pada dasarnya, sistem organisasi pertunjukan tidaklah jauh dengan sistem manajemen yangada. Pola dasar pengembangan manajemen atau organisasi pertunjukan selalu diawali denganlangkah perencanaan (planning), mengatur dan mengorganisasikan perangkat kerja di dalamorganisasi (organizing), melaksanakan program yang telah ditetapkan (actuating), dan akhirnyamelakukan pengawasan (controlling) yang meliputi kegiatan monitoring dan evaluasi.1.
 
Perencanaan (planning)Proses perencanaan merupakan kunci dasar berjalan atau tidaknya sebuahorganisasi. Oleh karena itu, pada perencanaan kegiatan diperlukan pembatasan-pembatasanaturan dalam penampilan. Pengaturan pementasan diatur sedemikian rupa sebagai suatubentuk hiburan apresiatif yang dipayungi oleh sebuah tema.
 
Tugas-tugas panitia pelaksanaan kegiatan dalam bidang perencanaan ini meliputihal-hal sebagai berikut.a.
 
Menentukan tujuan pergelaran secara umum.b.
 
Menentukan tema pergelaran.c.
 
Menyusun pembagian tugas yang jelas bagi setiap komponen organisasikepanitiaan sehingga masing-masing komponen memiliki tugas dantanggung jawab.d.
 
Menentukan bentuk kegiatan dalam pergelaran. Misalnyam pertunjukanmusic tradisional, music kontemporer, pertunjukan drama musical, pamerankarya seni rupa, pertunjukan tari, dan sebagainya.e.
 
Menentukan materi penyajian pertunjukan secara umum. Penentuan materiini dilakukan dengan memberikan batasan-batasan tegas mengenai materiyang diperbolehkan untuk ditampilkan sesuai dengan tema dan karakteristiksekolah.f.
 
Menentukan tempat pergelaran. Apakah pertunjukan akan menggunakangedung tertutup ataukah tempat terbuka, apakah akan dilaksanakan dilingkungan sekolah ataukah di luar lingkungan sekolah.g.
 
Menentukan public penonton. Apakah pertunjunkan akan dilaksanakansecara khusus untuk lingkungan sekolah sendiri, ataukah mengundangsekolah lain, ataukah pertunjukan terbuka bagi umum.h.
 
Merencanakan sistem pengamanan pertunjukan. Hal ini sangat pentingdemi menjaga kelancaran dan kelangsungan pertunjukan secarakeseluruhan. Jika diperlukan, panitia dapat merencanakan pengadaanpetugas keamanan dari kepolisian.i.
 
Menyusun rencana anggaran pendapatan dan pembiayaan pertunjukansecara keseluruhan sesuai dengan kebutuhan masing-masing komponen. j.
 
Menyusun dan merencanakan sistem pengawasan dan evaluasi kegiatansecara menyeluruh.2.
 
Pengorganisasian (organizing)Pengorganisasian pertunjukan music pada prinsipnya merupakan proses kerja dankreasi, yang diarahkan untuk mencapai tujuan utama, yaitu penampilan karya-karya musicpara siswa. Proses kerja dalam mempersiapkan hingga melaksanakan sebuah pertunjukanbukanlah kerja perseorangan, melainkan sebuah kerja kolektif.3.
 
Pelaksanaan kegiatan (actuating)Proses pelaksanaan pergelaran sesungguhnya telah dimulai ketika panitia mulaimemberikan arahan untuk memulai kegiatan kepanitiaan.4.
 
Pengawasan (controlling)Pengawasan kegiatan secara ideal dilakukan oleh pimpinan organisasi. Akan tetapi,pada kenyataan dilapangan, tugas-tugas pengawasan adalah tanggung jawab seluruhkomponen kegiatan.
 
 
Pemilihan Karya untuk Pertunjukan Musik
Dalam memilih dan menentukan lagu yang akan kita tampilkan, setidaknya kita harusmempertimbangkan beberapa aspek berikut ini.a)
 
Lagu yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan teknis yang kita miliki.b)
 
Lagu yang dipilih harus benar-benar dikenal, dipahami, dan dihafalkan.c)
 
Durasi lagu yang dipilih jangan terlalu panjang dan jangan pula terlalu pendek.Setelah pemilihan dan penentuan lagu, langkah berikutnya adalah menentukan bentuk penyajianmusic. Beberapa pilihan dapat ditentukan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Misalnya saja :
 
Penampilan solo gitar
 
Penampilan solo organ
 
Penampilan solo organ
 
Penampilan duet instrument music
 
Penampilan ensambel music
 
Penampilan group vocal atau paduan suaraKarya-karya music yang akan dipergelarkan haruslah merupakan karya-karya yang paripurna.Maksudnya, karya-karya tersebut sekurang-kurangnya memenuhi kriteria berikut.a)
 
Karya itu harus orisinal. Artinya, karya ciptaan atau gubahan itu merupakan karyayang dapat dipertanggungjawabkan.b)
 
Karya itu harus konsepsional. Artinya, karya tersebut merupakan hasil dariserangkaian proses kreasi yang dapat dipertanggungjawabkan.c)
 
Karya itu harus memenuhi kaidah-kaidah seni yang baku. Kaidah yang berlaku bagisetiap cabang kesenian tentu saja berbeda satu dengan lainnya. Kaidah inibergantung kepada teknis pengungkapan masing-masing. Dalam music biasanyadikaitkan atau meliputi:
 
Komposisi ciptaan
 
Harmoni atau keseimbangan bentuk ciptaan
 
Teknik penyampaian, termasuk kemampuan masing-masing pemain dalammenafsirkan komposisi
 
Homogenitas atau keterpaduan
 
Gaya penyajian karya
 
Penampilan, termasuk letak pemain (blocking) di alas pentas serta busanayang dipakaid)
 
Karya tersebut harus sesuai dengan tema yang telah ditetapkan karya yang disajikanharus secara ketat memenuhi aspek-aspek berikut.
 
Etika, artinya karya itu dapat memengaruhi sikap sopan santun dankesusilaan
 
Estetika, artinya karya itu harus dapat menuntun penonton/penikmat kearah pengembangan cita rasa keindahan
 
Komunikatif, artinya karya itu mengandung gagasan dan pesan yang mudahdiserap oleh penikmat

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ديفي liked this
Anast Tasia liked this
Zona Rider liked this
Yuri Indah liked this
Danan Sutrisna liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->