Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Penyelenggaraan Pemerintah NKRI

Sistem Penyelenggaraan Pemerintah NKRI

Ratings:

4.75

(12)
|Views: 25,154|Likes:
Published by Ery Arifullah

More info:

Published by: Ery Arifullah on Jan 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

04/11/2013

 
Sistem PenyelenggaraanPemerintah NKRI
Oleh:Ery Arifullah.,ST,MTWidyaiswara Badan DIKLAT Prov. Kaltim
Apa pendapat anda (berikan contoh-50 ide)dengan sistem penyelenggaraan pemerintahNKRI sekarang?Waktu 20 menit.Contoh:
 – Pelayanan publik minim. – Pelayanan prima hanya diberikan bila bayar lebih. – Birokrasi berbelit-belit.
TOPIK DISKUSI(Metode ASBUN)
FACT
Besaran pendapatan negara diturunkan dari Rp.1027,4 T menjadi Rp. 982,72 T.Penurunan penerimaan pajak yangdirencanakan Rp. 734,17 T menjadi Rp. 725,8T.Penurunan berasal dari PPh migas akibatperubahan asumsi harga minyak dari US$ 95 /barrel menjadi US$ 80 / barrel.Penerimaan bukan pajak turun dari Rp. 292,33T menjadi Rp. 255,33 T.(Sumber: detik.com 16 Oktober 2008).
Belanja negara turun dari Rp. 1119,2 Tmenjadi Rp. 1035,45 T.Belanja pemerintah pusat dari Rp. 802,6 Tmenjadi Rp. 731,66 T.Subsidi energi turun dari Rp. 207,76 Tmenjadi Rp.168,17 T ( subsidi BBM turunmenjadi Rp. 57,6 T dan subsidi listrikmenjadi Rp. 45,96 T)
 
FACT
Anggaran belanja kementrian/lembaga ygdianggap tidak produktif dipotong pd APBN2009 sebesar Rp. 7,89 T.Pemotongan pada:
 – Perjalanan dinas. – Belanja barang. – Seminar. – Raker. – Pengeluaran listrik.
(Sumber: detik.com 16 oktober 2008)
Ketika meninjau buku Heather Sutherland, Ongmenggaris bawahi bahwa pejuang kemerdekaantahun 1945 mewarisi suatu negara besertaAPARATUR nya, BUKAN mendirikan negara barudibawah atau dari unsur-unsur revolusioner.Aparatur itu sudah ada sejak jaman kolonial, terutamapara pangreh praja yg terdiri dari golongan priyayi.Sejak awal pemerintah kolonial Belandamenggunakan penguasa lokal dalam menjalankanpemerintahnya.
“Mengenang” ORDE BARU
Pemerintah pusat mencontoh cara kolonialdengan mengambil jatah terbesar (menguras) dalam pengeksploitasiansumber daya alam di provinsi.• Rakyat merasa dikhianati.Inilah mengapa terjadi pemberontakan.
Dukungan ORBA
• Peraturan-peraturan, orang-orang danlembaga yg diwarisi dari zaman kolonial.• Demokrasi Terpimpin.• Leburan partai politik.• Golkar & militer.
 
Suharto memerintah Indonesia melaluiGolkar dan struktur komando teritorial(ABRI).Semua diselubungi retorika “nilai-nilaiAsia” versi sendiri, yg menekankankeharmonisan, ketertiban, stabilitas,hormat pada atasan dan komitmen padakeluarga dan bangsa.
 
“massa mengambang”
Di awal Orde Baru, perekonomianIndonesia berada dalam krisis.Pembayaran utang luar negeri melebihinilai ekspor Indonesia, inflasi mencapailebih dari 600%.Pemerintah berpaling pada investor asingdan sumber daya alam yg kaya di pulau-pulau luar Jawa.UU investasi 1967 memberikankeringanan pajak dan bea impor yg begitubesar kepada perusahaan-perusahaanasing.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->