Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
95Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Kreativitas Anak Dalam Bermain Komputer

Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Kreativitas Anak Dalam Bermain Komputer

Ratings:

4.89

(84)
|Views: 22,408 |Likes:
Published by kuyaitem
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi anak
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi anak

More info:

Categories:Types, Research
Published by: kuyaitem on Jan 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

 
abstrak :
 
 Pemilihan jenis metode pembelajaran dimaksudkan agar anak belajar menerima apa yang diberikan pendidik, belajar secara mekanik, materi seragam, sesuai pola yang telahdisepakati, tanpa memberikan kebebasan kepada anak untuk berkreasi, berimajinasi,berfantasi, berinovasi sesuai dengan kekuatan dan keunikan anak. Akibatnya, ketika anak kurang dapat melakukan sebagaimana tuntutan tugas yang diberikan oleh guru, maka hal tersebut diterima oleh anak sebagai tekanan psikologis dan sering menimbulkan rasa hargadiri kurang serta menjadi motivasi bermain anak lemah, Atas dasar pemikiran tersebut  penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang metode pembelajaran mana yang tepadalam meningkatkan kreativitas anak dalam bermain komputer. Apakah metode pembelajaran yang berbeda akan memberikan pengaruh yang berbeda terhadap kreativitasanak dalam bermain komputer. Manakah yang lebih efektif antara metode pembelajarankolaboratif dan metode pembelajaran mandiri. Apakah motivasi bermain komputer anak jugamerupakan variabel yang turut berpengaruh terhadap kreativitas anak dalam bermainkomputer. Apakah perbedaan motivasi bermain komputer pada anak akan membawa perbedaan terhadap kreativitas anak dalam bermain komputer dan bagaimana interaksiantara metode pembelajaran dan motivasi bermain komputer terhadap kreativitas bermainkomputer anak, karena setiap anak memiliki cara dan gaya dalam bermain komputer secaraunik.
 
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Motivasi, Kreatifitas Anak, Bermain Komputer
 
 
BAB I PENDAHULUAN
I.I. Latar Belakang
 
Pendidikan anak usia dini sebagai strategi pembangunan sumber daya manusiaharuslah dipandang sebagai titik sentral dan sangat fundamental serta strategis mengingat usiadini merupakan masa keemasan namun sekaligus periode yang sangat kritis dalam tahap perkembangan manusia. Pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia dini sangatmenentukan derajat kualitas manusia pada tahap berikutnya. Dengan demikian invenstasi pengembangan anak usia dini merupakan invenstasi sangat penting bagi Sumber DayaManusia yang berkualitas.Dalam konteks pengembangan sumberdaya manusia, pendidikan anak usia dini,khususnya pendidikan anak usia dini harus dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Berbagaikemampuan yang teraktualisasikan beranjak dari berfungsinya otak anak. Oleh karena itudalam upaya pendidikan anak usia dini, baik pendidik maupun orang tua dalam mengarahkan belajar anak perlu memperhatikan masalah yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan psikologis, perkembangan inteligensi, emosional dan motivasi, serta pengembangankreativitas anak. Secara khusus dalam pembelajaran pada anak usia dini sudah saatnya pengembangankreativitas anak memperoleh perhatian sehingga dapat mengembangkan berfungsinya kedua belahan otak secara seimbang. Pembelajaran yang mengendalikan berfungsinya kedua belahan otak secara seimbang akan banyak membantu anak berprakarsa mengatasi dirinya,meningkatkan prestasi belajar sehingga mencapai kemandirian dan mampu menghadapi berbagai tantangan.
 
I.2. Identifikasi Masalah
Masalah pengembangan kreativitas anak terus menjadi pembicaraan para ahli pendidikan, khususnya pada pendidikan anak prasekolah dan terus dilakukan penelitiankhususnya yang menyangkut pengoptimalan fungsi belahan otak kanan sebagai fungsikreativitas dan imajinasi anak. Atas dasar asumsi ini, maka pengembangan kreativitas menjadisangat penting digalakkan pada pendidikan anak usia dini.Belum berkembangnya kurikulum berbasis kreativitas, khususnya dalam pembelajarankomputer disinyalir masih banyaknya anggapan yang keliru tentang fungsi media komputer  bagi pendidikan anak usia dini. Pembelajaran komputer pada anak usia dini masih terbataskepada pengenalan keyboard, mouse, dan peralatan lain serta fungsi komputer sebagai alatuntuk bermain edu-game dan pengenalan bacaan dan bilangan. Untuk kepentingan pengembangan pembelajaran komputer berbasis kreativitas di kelompok bermain, menuntutanak dapat menguasai aplikasi penggunaan software komputer sehingga dapat membantuanak-anak belajar dan bermain dengan software komputer yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan jenis kompetensi yang hendak dikembangkan. Untuk itu, berkaitan dengan pengembangan kreativitas anak, maka baik tutor maupun anak harus dapat memilih softwareyang dapat membantu mengembangkan kreativitas anak seperti aktivitas menggambar,mewarnai, mengadopsi, memodifikasi, dan mengkonstruksi gambar.Untuk mengembangkan kreativitas bermain komputer anak usia dini tidaklah mudahdan diperlukan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Sejauhmana pengaruh metode pembelajaran terhadap peningkatan kreativitas anak dalam bermain komputer, merupakanmasalah yang belum ada jawabannya. Demikian juga dengan faktor psikologis anak,khususnya motivasi bermain komputer anak yang juga diduga memiliki pengaruh terhadap pengembangan kreativitas anak dalam bermain komputer. Selama ini belum banyak upayayang dilakukan untuk menata penggunaan metode pembelajaran yang ditinjau dari faktor internal anak melalui eksperimen dalam rangka meningkatkan kreativitas bermain komputer anak.

Activity (95)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Parwoto Unm added this note
yang mengupload artikel disertasi saya ini tidak mempunyai etika akademik, penulis artikel ini adalah Dosen PAUD UNM
Rinuwgroho89 liked this
CoKiesster Sid ViCioust added this note
mantappp gannnn ,,,,,
Linha Uchunk liked this
Hafizan Shary liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->