Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
127Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Ratings:

4.85

(73)
|Views: 65,810|Likes:
Published by Valentino Vavayosa

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: Valentino Vavayosa on Jan 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See More
See less

06/04/2013

 
1. PENDAHULUAN
 
Kondisi bumi kita kian lama kian mengenaskan karena tercemarnya lingkungan dari efek rumah kaca (greenhouse effect) yang menyebabkan global warming, hujan asam,rusaknya lapisan ozon hingga hilangnya hutan tropis. Semua jenis polusi itu rata-rataakibat dari penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, uranium, plutonium, batu bara dan lainnya yang tiada hentinya. Padahal kita tahu bahwa bahan bakar dari fosiltidak dapat diperbaharui, tidak seperti bahan bakar non-fosil.Dengan kondisi yang sudah sedemikian memprihatinkan, gerakan hemat energisudah merupakan keharusan di seluruh dunia. Salah satunya dengan hemat bahan bakar dan menggunakan bahan bakar dari non-fosil yang dapat diperbaharui seperti tenagaangin, tenaga air, energi panas bumi, tenaga matahari, dan lainnya. Duniapun sudah mulaimerubah tren produksi dan penggunaan bahan bakarnya, dari bahan bakar fosil beralih ke bahan bakar non-fosil, terutama tenaga surya yang tidak terbatas.. Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) akan lebih diminati karena dapatdigunakan untuk keperluan apa saja dan di mana saja : bangunan besar, pabrik, perumahan, dan lainnya. Selain persediaannya tanpa batas, tenaga surya nyaris tanpadampak buruk terhadap lingkungan dibandingkan bahan bakar lainnya.Di negara-negaraindustri maju seperti Jepang, Amerika Serikat, dan beberapa negara di Eropa dengan bantuan subsidi dari pemerintah telah diluncurkan program-program untuk memasyarakatkan listrik tenaga surya ini. Tidak itu saja di negara-negara sedang berkembang seperti India, Mongol promosi pemakaian sumber energi yang dapatdiperbaharui ini terus dilakukan. Untuk lebih mengetahui apa itu pembangkit listrik tenaga surya atau kami singkat dengan PLTS maka dalam tulisan ini akan dijelaskansecara singkat komponen-komponen yang membentuk PLTS, sistim kelistrikan tenagasurya dan trend teknologi yang ada.
2. KONSEP KERJA SISTEM PLTS
Pembangkit listrik tenaga surya itu konsepnya sederhana. Yaitu mengubah cahayamatahari menjadi energi listrik. Cahaya matahari merupakan salah satu bentuk energi darisumber daya alam. Sumber daya alam matahari ini sudah banyak digunakan untuk memasok daya listrik di satelit komunikasi melalui sel surya. Sel surya ini dapatmenghasilkan energi listrik dalam jumlah yang tidak terbatas langsung diambil darimatahari, tanpa ada bagian yang berputar dan tidak memerlukan bahan bakar. Sehinggasistem sel surya sering dikatakan bersih dan ramahlingkungan.Badingkan dengan sebuah generator listrik, ada bagian yang berputar danmemerlukan bahan bakar untuk dapat menghasilkan listrik. Suaranya bising. Selain itugas buang yang dihasilkan dapat menimbulkan efek gas rumah kaca (green house gas)yang pengaruhnya dapat merusak ekosistem planet bumi kita.
 
Sistem sel surya yang digunakan di permukaan bumi terdiri dari panel sel surya,rangkaian kontroler pengisian (charge controller), dan aki (batere) 12 volt yangmaintenance free. Panel sel surya merupakan modul yang terdiri beberapa sel surya yangdigabung dalam hubungkan seri dan paralel tergantung ukuran dan kapasitas yangdiperlukan. Yang sering digunakan adalah modul sel surya 20 watt atau 30 watt. Modulsel surya itu menghasilkan energi listrik yang proporsional dengan luas permukaan panelyang terkena sinar matahari.Rangkaian kontroler pengisian aki dalam sistem sel surya itu merupakanrangkaian elektronik yang mengatur proses pengisian akinya. Kontroler ini dapatmengatur tegangan aki dalam selang tegangan 12 volt plus minus 10 persen. Bilategangan turun sampai 10,8 volt, maka kontroler akan mengisi aki dengan panel suryasebagai sumber dayanya. Tentu saja proses pengisian itu akan terjadi bila berlangsung pada saat ada cahaya matahari. Jika penurunan tegangan itu terjadi pada malam hari,maka kontroler akan memutus pemasokan energi listrik. Setelah proses pengisian itu berlangsung selama beberapa jam, tegangan aki itu akan naik. Bila tegangan aki itumencapai 13,2 volt, maka kontroler akan menghentikan proses pengisian akiitu.Rangkaian kontroler pengisian itu sebenarnya mudah untuk dirakit sendiri. Tapi, biasanya rangkaian kontroler ini sudah tersedia dalam keadaan jadi di pasaran. Memangharga kontroler itu cukup mahal kalau dibeli sebagai unit tersendiri. Kebanyakan sistemsel surya itu hanya dijual dalam bentuk paket lengkap yang siap pakai. Jadi, sistem selsurya dalam bentuk paket lengkap itu jelas lebih murah dibandingkan dengan bila merakitsendiri.Biasanya panel surya itu letakkan dengan posisi statis menghadap matahari.Padahal bumi itu bergerak mengelilingi matahari. Orbit yang ditempuh bumi berbentuk elip dengan matahari berada di salah satu titik fokusnya. Karena matahari bergerak membentuk sudut selalu berubah, maka dengan posisi panel surya itu yang statis itu tidak akan diperoleh energi listrik yang optimal. Agar dapat terserap secara maksimum, makasinar matahari itu harus diusahakan selalu jatuh tegak lurus pada permukaan panel surya.Jadi, untuk mendapatkan energi listrik yang optimal, sistem sel surya itu masih harusdilengkapi pula dengan rangkaian kontroler optional untuk mengatur arah permukaan panel surya agar selalu menghadap matahari sedemikian rupa sehingga sinar mahatari jatuh hampir tegak lurus pada panel suryanya. Kontroler seperti ini dapat dibangun,misalnya, dengan menggunakan mikrokontroler 8031. Kontroler ini tidak sederhana,karena terdiri dari bagian perangkat keras dan bagian perangkat lunak. Biasanya, paketsistem sel surya yang lengkap belum termasuk kontroler untuk menggerakkan panelsurya secara otomatis supaya sinar matahari jatuh tegak lurus. Karena itu, kontroler macam ini cukup mahal.
 
Contoh PLTS Aplikasi Mandiri2.1. PHOTOVOLTAIC
Cara kerja sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya denganmenggunakan Grid-Connected panel sel surya Photovoltaic untuk perumahan :.Modul sel surya Photovoltaic merubah energi surya menjadi arus listrik DC. Arus listrik DC yang dihasilkan ini akan dialirkan melalui suatu inverter (pengatur tenaga) yangmerubahnya menjadi arus listrik AC, dan juga dengan otomatis akan mengatur seluruhsistem. Listrik AC akan didistribusikan melalui suatu panel distribusi indoor yang akanmengalirkan listrik sesuai yang dibutuhkan peralatan listrik. Besar dan biaya konsumsilistrik yang dipakai di rumah akan diukur oleh suatu Watt-Hour Meters.Komponen utama sistem surya fotovoltaik adalah modul yang merupakan unitrakitan beberapa sel surya fotovoltaik. Untuk membuat modul fotovoltaik secara pabrikasi bisa menggunakan teknologi kristal dan thin film. Modul fotovoltaik kristaldapat dibuat dengan teknologi yang relatif sederhana, sedangkan untuk membuat selfotovoltaik diperlukan teknologi tinggi.Modul fotovoltaik tersusun dari beberapa sel fotovoltaik yang dihubungkan secaraseri dan paralel. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat modul sel surya yaitu sebesar 60% dari biaya total. Jadi, jika modul sel surya itu bisa diproduksi di dalam negeri berartiakan bisa menghemat biaya pembangunan PLTS. Untuk itulah, modul pembuatan selsurya di Indonesia tahap pertama adalah membuat bingkai (frame), kemudian membuatlaminasi dengan sel-sel yang masih diimpor. Jika permintaan pasar banyak maka pembuatan sel dilakukan di dalam negeri. Hal ini karena teknologi pembuatan sel suryadengan bahan silikon single dan poly cristal secara teoritis sudah dikuasai. Dalam bidangfotovoltaik yang digunakan pada PLTS, Indonesia ternyata telah melewati tahapan

Activity (127)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
HERRY WAHYUDI liked this
Baedoni liked this
Andi Adam Malik liked this
Awi Sanjaya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->