Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
23Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bahan Ajar Konten Uji Kompetensi Bahasa Indonesia

Bahan Ajar Konten Uji Kompetensi Bahasa Indonesia

Ratings: (0)|Views: 3,204|Likes:
Published by Misterheri Piwan
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP hendaknya dapat menjadi akses pada situasi lokal dan global yang menekankan keterbukaan, kemasadepanan, dan kesejagatan. Siswa diharapkan dapat terbuka terhadap beragam informasi, menyaring hal-hal berguna, belajar menjadi diri sendiri, dan menyadari akan eksistensi budayanya sehingga tidak tercabut dari lingkungannya.
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP hendaknya dapat menjadi akses pada situasi lokal dan global yang menekankan keterbukaan, kemasadepanan, dan kesejagatan. Siswa diharapkan dapat terbuka terhadap beragam informasi, menyaring hal-hal berguna, belajar menjadi diri sendiri, dan menyadari akan eksistensi budayanya sehingga tidak tercabut dari lingkungannya.

More info:

Published by: Misterheri Piwan on Jun 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/30/2012

pdf

text

original

 
1
PENDAHULUAN
A.
 
LATAR BELAKANG
Belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi, sedangkan belajar sastra adalah belajarmenghargai manusia dan nilai-nilai kemanusiaannya. Oleh karena itu, pembelajaran BahasaIndonesia mengupayakan peningkatan kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara lisandan tertulis serta menghargai karya cipta bangsa Indonesia.Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP hendaknya dapat menjadi akses pada situasilokal dan global yang menekankan keterbukaan,kemasadepanan, dan kesejagatan. Siswadiharapkan dapat terbuka terhadap beragam informasi, menyaring hal-hal berguna, belajarmenjadi diri sendiri, dan menyadari akan eksistensi budayanya sehingga tidak tercabut darilingkungannya. Oleh karena itu, pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP mengupayakanpengembangan potensi siswa sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, minat, serta dapatmenumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya bangsa sendiri.
B.
 
Tujuan
Tujuan penyusunan buku ini adalah untuk menjadi acuan bagi guru dalammemahami pembelajaran Bahasa Indonesia secara utuh, baik dalam memfasilitasi latihanketerampilan, dengan tanpa mengabaikan pembelajaran bahasa maupun sastra. Buku inimerupakan materi pelengkap bagi guru-guru dalam mempersiapkan pembelajaran BahasaIndonesia jenjang SMP.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, memperhatikan pencapaianaspek keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.Tentunya dengan tidak mengesampingkan substansi-substansi keilmuan yang komprehensif melingkupi:a.
 
Bidang Linguistik/Kebahasaanb.
 
Bidang KesusasteraanBerkaitan dengan hal tersebut, pada pembahasan kali ini disajikan informasi berupahasil kajian-kajian yang berhubungan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP.Baik kajian yang berhubungan dengan aspek keterampilan berbahasa, linguistik/kebahasaan,serta kesusateraan.
I
 
2
mendengar berbicara membaca menulis
KAJIAN SUBSTANSI BAHASA INDONESIAJENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
2.1 Hakikat Pembelajaran Bahasa Indonesia
Belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi. Pada hakikatnya bahasa adalah bunyiujar atau lisan yang memiliki lambang, sistem, makna, dan fungsi. Menurut Samsuri(1994:10), bahasa ialah sistem unsur-unsur dan kaidah-kaidah. Jadi, belajar bahasa dapatdikatakan (1) belajar tentang bunyi ujar/lisan, lambang, sistem, makna, dan fungsi, (2) belajarsistem unsur-unsur dan kaidah-kaidah.Mulyati (2008:2.20) menyebutkan bahwa fungsi bahasa yang utama adalah sebagaialat untuk berkomunikasi, baik lisan maupun tulis. Untuk itu, pembelajaran bahasa diarahkanagar siswa terampil berkomunikasi.Pembelajaran bahasa dengan fokus keterampilanberkomunikasi meliputi seluruh aspek keterampilan berbahasa (membaca,menyimak, berbicara, menulis). Jadi,pembelajaran bahasa diarahkan untuk meningkatkan kemampuanberkomunikasi dengan baik dan benar,baik secara lisan maupun tulis.Keterampilan berbahasa adalah kemampuan dan kecekatan menggunakan bahasa yang dapatmeliputi mendengarkan/menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.Berkaitan dengan hal tersebut di atas, jelaslah bahwa pembelajaran bahasa Indonesiadiarahkan untuk mencapai keterampilan berbahasa, namun tidak mengesampingkanpengetahuan tentang sistem unsur-unsur dan kaidah-kaidah. Dilihat dari standar isi yangditetapkan, pembelajaran pun tetap menyajikan sastra sebagai upaya penghalusan budi,peningkatan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial, penumbuhan apresiasi budaya danpenyaluran gagasan, imajinasi dan ekspresi secara kreatif dan konstruktif, baik secara lisanmaupun tertulis.
II
 
3Keterampilan berbahasa:1.
 
keterampilan reseptif 
adalahketerampilan menerima ataumemahami pesan yang disampaikanoleh pembicara atau penulis.2.
 
keterampilan produktif 
adalahketerampilan menghasilkanpembicaraan atau tulisan. 
 
mendengarkan interaktif 
,contoh mendengarkan dalamkegiatan diskusi, wawancara,bertelepon, dan sebagainya
 
mendengarkan noninteraktif 
,contoh mendengarkan pidato,sambutan, khotbah, dansebagainya.
 
2.2 FOKUS PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBAHASA
Sebagaimana telah diuraikansebelumnya bahwa keterampilan berbahasaadalah kecakapan/kemampuan/kecekatanmenggunakan/memahami bahasa dalamkegiatan berbahasa yakni mendengarkan,berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilanberbahasa terbagi menjadi dua, yakniketerampilan reseptif dan keterampilanproduktif.Berdasarkan sifatnya, keterampilan mendengarkan dan membaca termasuk padaketerampilan reseptif, sedangkan keterampilan berbicara dan menulis termasuk pada jenisketerampilan produktif. Berdasarkan bentuk komunikasinya, keterampilan berbahasa lisandilakukan secara tatap muka atau secara langsung
dengan
dan
tanpa
media penghubung,sedangkan kegiatan berbahasa tulis dilakukan
tanpa
tatap muka/tidak langsung.Tabel 1Keterampilan Berbahasa
Keterampilan BerbahasaSifatLisan Tulis
mendengar/menyimak membaca reseptif berbicara menulis produktif 
2.1.1 Kajian Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan
Mendengarkan adalah kegiatan berbahasadengan tujuan memahami pesan yang disampaikanpembicara. Kegiatan mendengarkan dapat bersifat
interaktif 
dan
noninteraktif 
. Mendengarkan
interaktif 
 adalah mendengarkan dengan melakukan tanya jawabdengan pembicara atau pendengar lain, sedangkanmendengarkan
noninteraktif 
tidak disertai dengan tanya jawab atau interaktif antara pembicara atau pendengarlain.

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hafid Harnas liked this
Dede Bunyamin liked this
Ansel Nudin liked this
Faiz Baun liked this
Faiz Baun liked this
Masna Aja Deh liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->