Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ekonomi Internasional

Ekonomi Internasional

Ratings: (0)|Views: 58 |Likes:
Published by adeiraputra

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: adeiraputra on Jun 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2012

pdf

text

original

 
BAB 11
EKONOMI INTERNASIONAL
Matsani A Rahman Rasib, SE, MM.
A. PENDAHULUAN
Berikut akan dibahas berbagai aspek mengenai perdagangan luanegeri dan pengaruhnya kepada kegiatan ekonomi negara. Secara garisbesarnya, yang akan digahas dalam Ekonomi Internasional ini adalah : Teori-teori perdagangan internasional (pendekatan keuntungan absolut dankomparatif) Spesialisasi porduksi, Syarat-syarat perdagangan internasionalyang saling menguntungkan, Analisa keuntungan, Hambatan dan kebijakan-kebijakan perdagangan internasional serta Globalisasi dan pertumbuhanekonomi.
B. MENGAPA PERLU BERDAGANG NEGARA LAIN?
 Ada beberapa faktor yang mendorong semua negara di dunia untukmelakukan perdagangan luar negeri. Diantaranya ada empat faktor yangsangat penting, yaitu :i. Memperoleh barang yang tidak dapat dihasilkan di dalam negeri.ii.Mengimpor teknologi yang lebih modern dari negara lain.iii.Memperluas pasar produk-produk dalarn negeri.iv.Memperoleh keuntungan dari spesialisasi.Dalam teori perdagangan internasional, faktor yang ke (iv) yaitu untukmemperoleh keuntungan dari spesialisasi dipandang sebagai alasan yangpaling penting. Berdasarkan alasan tersebut ahIi ekonomi klasik menekankanpentingnya sistem perdagangan bebas di antara berbagai negara, suatupemikiran yang sarnpai sekarang mendapat sokongan yang luas di kalanganahli ekonomi dan pemerintah berbagai negara di dunia.
Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
Matsani A. Rahman RasibPENGANTAR EKONOMI MAKRO
 
1.Memperoleh Barang yang Tidak Diproduksi di Dalam Negeri
Setiap negara di dunia tidak mungkin dapat menghasilkan semua barangyang dibutuhkannya. Negara-negara maju misalnya, mereka memerlukankaret alam, tetapi tidak dapat dihasilkan di negara mereka. Merekaterpaksa mengimpor dari negara-negara penghasil karet alam tersebut,seperti dari negara-negara di Asia Tenggara, terutama dari Indonesia,Malaysia dan Thailand. Sebaliknya negara-negara di Asia Tenggarabelum dapat menghasilkan sendiri beberapa hasil industri modern sepertikapal terbang, kapal pengangkut minyak dan mesin-mesin industri. Makanegara-negara tersebut harus mengimpor dari negara-negara maju. Apabila barang yang diimpor oleh sesuatu negara sangat pentingperanannya di dalam kegiatan ekonomi negara tersebut, perubahanharga dan perubahan penawaran barang tersebut akan menimbulkanakibat yang sangat luas terhadap perekonomiannya. Hal ini terlihat jelasdari pengaruh perubahan harga minyak sebagai bahan bakar bagi aIatpengangkutan dan mesin-mesin industri. Tidak semua negara memilikibarang yang sangat penting tersebut. oleh sebab itu mereka harusmengimpor dari negara-negara yang memproduksinya. Setiap kenaikanharga minyak akan selalu mempengaruhi kegiatan perekonomian duniasecara keseluruhan, terutama pada negara-negara yang mengimpominyak.Negara-negara produsen memperoleh keuntungan yang sangat besadari setiap kenaikan harga minyak yang sangat tinggi tersebut. Merekamemperoleh uang yang banyak sekali dari ekspor minyak, sehinggadapat mempercepat pembangunan ekonomi negaranya.
2.Memperluas Pasar dan Mengimpor Teknologi Modern
Dua keuntungan lainnya dari perdagangan luar negeri adalah untukmemperluas pasar bagi barang-barang yang tidak dapat dinaikkan lagipenjualannya di dalam negeri dan mengimpor mesin-mesin industri yanglebih modern dan pengetahuan teknik maupun manajemen yang Iebihbaik.
Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
Matsani A. Rahman RasibPENGANTAR EKONOMI MAKRO
 
Beberapa jenis industri sudah dapat memenuhi permintaan dalam negerisebelum mesin-mesin sepenuhnya digunakan. Berarti industri tersebutmasih dapat menaikkan produksinya dan memperbesar apabila masihterdapat pasar bagi barang-barang yang dihasilkannya. Karenapermintaan dalam negeri sudah terpenuhi, satu-satunya cara untukmemperoleh pasar adalah dengan mengekspor ke luar negeri. Apabilakapasitas dari mesin-mesin yang digunakan masih sangat rendah,sehingga penggunaannya belum mencapai tingkat yang optimal, makakegiatan ekspor akan mempertinggi efisiensi mesin-mesin yangdigunakan dan mengurangi ongkos produksi. Bagi industri seperti inikegiatan perdagangan luar negeri bukan hanya menambah produksi danmemperbesar keuntungan, tetapi juga dapat menurunkan ongkosproduksi. Sehingga akan mendatangkan keuntungan yang lebih banyaklagi.Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk mempelajariteknik produksi dan sistem manajerial perusahaan yang lebih modern.Dan tak kalah pentingnya, memungkinkan negara tersebut mengimpor mesin-mesin atau alat-alat yang lebih modern untuk mewujudkan teknikproduksi yang lebih baik. Keuntungan seperti lebih berdampak padanegara-negara berkembang.
3.Memperoleh Keuntungan dari Spesialisasi
 Alasan utama suatu negara melakukan kegiatan perdaganganinternasional adalah untuk memperoleh keuntungan yang ditimbulkanoleh spesialisasi di antara berbagai negara. Walaupun beberapa negaradapat memproduksi barang-barang yang sama jenisnya, tetapi mungkinada negara yang lebih suka mengimpor barang tersebut dari negara lain,bukan memproduksinya sendiri. Sebagai gantinya negara tersebut akanmempeluas kegiatan memproduksi barang-barang yang dapat dijual lebihmenguntungkan ke luar negeri. Dengan cara ini negara tersebut dapatmenggunakan faktor-faktor produksi miliknya dengan lebih efisien, dan
Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
Matsani A. Rahman RasibPENGANTAR EKONOMI MAKRO

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->