Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Statistik

Pengertian Statistik

Ratings: (0)|Views: 7 |Likes:
Published by adeiraputra
Untuk lebih dalam memahami ilmu statistika bisa di lihat di http://www.smartstat.info/
Untuk lebih dalam memahami ilmu statistika bisa di lihat di http://www.smartstat.info/

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: adeiraputra on Jun 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2012

pdf

text

original

 
Aty Herawati
MODUL 1BAB IPENDAHULUAN
 
Tujuan Instruksional Khusus
 1.
 
Mahasiswa memahami arti dan kegunaan statistika2.
 
Mahasiswa mengetahui istilah-istilah dasar yang ada di statistika3.
 
Mahasiswa mampu membedakan skala pengukuran variabel
Pokok Bahasan
 1.
 
Pengertian Statistika2.
 
Populasi dan Sampel3.
 
Karakteristik 4.
 
Variabel5.
 
Data
 
Aty Herawati
BAB IPENDAHULUAN
 
1.1.
 
Pengertian Statistika
Definisi Statistik Statistik adalah kumpulan data yang bisa memberikan gambaran tentang suatu keadaanDefinisi StatistikaStatistika adalah ilmu yang mempelajari statistik, yaitu ilmu yang mempelajari bagaimanacaranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, membuatkesimpulan dari hasil analisis data dan mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan.Pembagian Statistika1. Statistika Deskriptif Statistika deskriptif adalah statistika yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkandata, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data2. Statistika Induktif (Inferens)Statistika inferens adalah statistika yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkandata, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, membuat kesimpulan danmengambil keputusanJika di gambarkan dalam bagan sebagai berikut :mengumpukan datamengolah datamenyajikan data deskriptif induktif/inferensmenganalisis datamembuat kesimpulanmengambil keputusanKegunaan StatistikaStatistika dipelajari di berbagai bidang ilmu karena statistika adalah sekumpulan alat analisisdata yang dapat membantu pengambil keputusan untuk mengambil keputusan berdasarkan hasilkesimpulan pada analisis data dari data yang di kumpulkan. Selain itu juga dengan statistikakita bisa meramalkan keadaan yang akan datang berdasakan data masa lalu.
 
Aty Herawati
1.2.
 
Populasi dan Sampel
Definisi PopulasiPopulasi adalah keseluruhan dari objek penelitianDefinisi SampelSampel adalah bagian dari populasiJika di gambarkan dalam bagan sebagai berikut :populasisampelSampel yang baik adalah sampel yang representatif, yaitu sampel yang dapat mewakilipopulasinya. Agar representatif, maka pengambilan sampel dari populasi harus menggunakanteknik pengambilan sampel (sampling) yang benar.Ada 2 teknik pengambilan sampel :1. Teknik sampling berdasarkan peluang.Teknik sampling berdasarkan peluang adalah sebuah teknik pengambilan sampel dimanasetiap unit observasi dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilihmenjadi sampel.Ada 3 teknik sampling berdasarkan peluang :1.
 
Sampling Acak SederhanaSampling acak sederhana adalah teknik pengambilan sampel dimana sampel diambilberdasarkan tabel bilangan acak 2.
 
Sampling KlasifikasiSampling klasifikasi adalah sebuah teknik pengambilan sampel dimana populasiterlebih dahulu di bagi-bagi menjadi sub-sub populasi yang antar sub populasihomogen. Karena sub populasi homogen, salah satu sub populasi diambil sebagaisampel

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->