Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Fungsi Produksi dan Operasi

Fungsi Produksi dan Operasi

Ratings: (0)|Views: 195|Likes:
Published by adeiraputra

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: adeiraputra on Jun 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/03/2013

pdf

text

original

 
MODUL 7. FUNGSI PRODUKSI DAN OPERASI
.Kemampuan akhir yang diharapkan :Setelah menyelesaikan pembahasan, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan perihal fungsi produksi operasi.Bahan kajian/pembahasan mencakup :1.Pengertian produksi dan operasi2.Ruang lingkup manajemen produksi dan operasi3.Penentuan lokasi pabrik 4.Desain dan tata letak produksi5.Pengendalian persediaan6.Pengawasan kwalitas/produksi.Materi 7.1 PENGERTIAN PRODUKSI DAN OPERASI.Istilah manajemen produksi dianggap kurang mencakup seluruh kegiatan sistem2 produktif dalam masyarakat ekonomi. Istilah “produksi” tampaknya berkonotasi sebagaiorganisasi produk, oleh karena itu dewasa ini cenderung digunakan istilah “operasi” yangdimaksudkan untuk menegaskan dasar umum dalam bidang ini. Operasi adalah suatu proses mentransformasi bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi, sehinggamampu dikonsumsi dan menimbulkan “economy value add”, dan kegiatan seperti ini dapatdikatakan merupakan fungsi utama dari setiap organisasi.Misal perusahaan Motorolamengambil sejumlah input dari lingkungannya seperti komponen2 dari pemasok dan bahan baku, kemudian mentransformasikannya untuk menambah nilai dan kemudianmenghasilkan output seperti telepon tanpa kabel, yang dapat dijual untuk memperolehkeuntungan. Proses konversi yang terjadi ini disebut system produksi.Elemen2 input, proses transformasi, out put, control dan monitoring, serta lingkunganmerupakan sebuah system yaitu berupa sekumpulan orang,obyek, dan prosedur untuk  beroperasi dalam suatu lingkungan.Proses transformasi adalah langkah penambahan nilai dalam proses produksi, dimana penambahan ini dapat dilakukan melalui beberapa cara seperti berikut :
 
1.Alterasi (mengubah), yaitu pengubahan sesuatu secara structural yang dapat berupa perubhan secara fisik. Proses ini merupakan dasardari industri manufaktur seperti barang dipotong, di cap, dibentuk, diassembling, dll. Potong rambut,pengaturanhawa ruangan juga merupakan proses alterasi.2.Transport. Sesuatu menjadi lebih bernilai bila dilokasikan di tempat tertentudaripada ditempat dimana saat ini berada, missal bunga yang dikirimkan sebagaitanda ucapan selamat, sampah yang dibuang ke TPA dll.3.Store, yaitu penambahan nilai melalui penyimpanan dalam lingkungan yangterlindung selama beberapa periode waktu.4.Inspect (memeriksa), sesuatu menjadi lebih bernilai bila kita memahami apa yangkita miliki, missal melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, adanya jaminan pembelian suatu produk dll.Para manajer produksi/operasi mengarahkan berbagai masukan (input) agardapatmemproduksi berbagai output dalam jumlah, kwalitas,harga, waktu dan tempat tertentusesuai dengan permintaan konsumen. Manajer harus juga selalu memperhatikan danmenanggapi kekuatan2 dari lingkungan eksternal seperti peraturan pemerintah, tuntutanserikat buruh, kondisi ekonomi (local, regional dan global), kemajuan teknologi dsb.nya.Manajemen produksi opersi juga dapat didifinisikan sebagai keseluruhan pelaksanaan dari kegiatan2 manajerial yang dibawakan dalam pemilihan, perancangan, pembaruan, pengopersian dan pengawasan system produktif, yang kesemuanya secararingkas dapat diuraikan sbb. :1.Pemilihan : keputusan strategis berkenaan dengan pemilihan proses melalui mana berbagai barang dan jasa akan di produksi.2. Perancangan : Keputusan2 taktikal berkenaan dengan kreasi , metode2 pelaksanaansuatu operasi produktif.3. Pengoperasian : keputusan2 perencanaan tingkat output jangka panjang ataudasar perkiraan permintaan dan keputusan2 “scheduling” pekerjaan dan pengalokasian karyawan jangka pendek.4. Pengawasan :keputusan2 berkenaan dengan pengambilan tindakan korektif dalamoperasi2 produksi barang/jasa.
 
5. Pembaruan : implementasi perbaikan2 yang diperlukan dalam system produktif  berdasarkan perubahan permintaan, tujuan2 organisasional, teknologi danmanajemen.Materi 7.2 RUANG LINGKUP MANAJEMEN PRODUKSI-OPERASI. Justifikasi pada pelaksanaan kegiatan system operasi yang produktif dapat dilakukan berdasarkan karakteristik berikut :1.Efisien, hal ini berkaitan dengan keluaran per satuan input (produktivitas) dandiukur dalam satuan output yang dihasilkan per jam.Efisien berarti “doing thething right”2.Efektivitas, yaitu berkenaan dengan kebenaran dalam melakukan suatu proses,sering disebut “ doing the right thing”.3.Kualitas, yang merupakan indicator yang menunjukkan tingkat keberhasilankinerja dari output.4.Fleksibilitas, ini berkenaan dengan mudah tidaknya proses lain yang berbeda, juga menunjukkan kecepatan memberi respon posistifdalam pembuatan produk  baru atau perubahan volume output5.Tingkat keandalan dalam penyediaan output, yang berkaitan dengan waktu pengiriman ke pelanggan.Karakteristik diatas terefleksi pada kegiatan manajerial dalam melaksanakan prosestranformasi yang mencakup :a.Perencanaan output, meliputi penyeleksian, pendesain produk yang ditawarkan kekonsumen. b.Perencanaan kapasitas. Penentuan kapan dan berapa banyk fasilitasmesin/peralatan dan tenaga kerja yang diperlukan.c.Perencanaan lokasi, menentukan dimana lokasi produksi, penyimpanan danfasilitas lainnya.d.Desain proses transformasi, penentuan aspek transformasi fisik dalam kegiatan produksi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->