Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konsep Dasar Manajemen Dalam Aktivitas Bisnis

Konsep Dasar Manajemen Dalam Aktivitas Bisnis

Ratings: (0)|Views: 176 |Likes:
Published by adeiraputra

More info:

Published by: adeiraputra on Jun 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2012

pdf

text

original

 
Modul 16.
KONSEP DASAR MANAJEMEN DALAMAKTIVITAS BISNIS
Kemampuan akhir yang diharapkan :Setelah meyelesaikan pembahasan/kajian , diharapkan mahasiswa mampumenjelaskan konsep-konsep dasar manajemen dalam aktivitas bisnis.Materi yang dibahas/dikaji :1.Organisasi dan manaje2.Fungsi manajemen3.Aktivitas operasional manajemn dan Manajemen berdasarkan sasaran. 
Materi 16.1. ORGANISASI DAN MANAJER
Untuk melaksanakan bisnis agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan perludiwadahi dalam suatu susunan organisasi. Sehubungan dengan itu dalam melaksanakan penyusunan organisasi/pengorganisasian , hendaknya dikaji dari beberapa sisi yaitu : (1) bagaimana langkah2 dalam menyusun organisasi,(2) bagaimana azas organissi yang akan dipilih(3) bagaimana struktur organisasi dirancang dan(4) bagaimana prestasi organisasi yang diinginkan.
 Ad (1).LANGKAH2 DALAM MENYUSUN ORGANISASI 
Secara garis besar, langkah2 dalam melakukan proses penyusunan organisasi, mulai darimerencanakan, melaksanakan dan memantau kerja organisasi secara garis besar dapatdikemukakan sebagai berikut :
Merinci seluruh seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan organisai agar sesuaidengan visi dan misinya.
Membagi beban kerja ke dalan aktivitas2 yang secara logis dan memadai dapatdilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang
Menetapkan mekanisme untuk mengkoordiansikan pekerjaan anggota organisasidalam satu kesatuan yang harmonis.
Konsep dasar Manajemen dalam aktifitas bisnisPage 1
 
Memantau efektivitas organisasi dan mengambil langkah2 penyesuaian untuk mempertahanlan atau meningkatkan efektivitas.Perlu diketahui bahwa ada sejumlah factor spesifik yang menentukan struktur suatustruktur suatu organisasi. Diantara faktor2 dimaksud antara lain pemakaian teknologi,lingkungan organisasi, dan pandangan hidup yang dianut para anggotanya. Jadi tidak adasatupun cara yang terbaik untuk merancang struktur yang dapat diterapkan bagi semuaorganisasi. Streuktur yang paling sesuai adalah sesuatu yang bersifat khusus, dan akan berbeda dari satu organisasi dengan organisasi lainnya atau bahkan di dalam tiap organisasistrukturnya akan dapat berbeda dari waktu ke waktu. 
 Ad. (2) AZAS ORGANISASI 
Sementara itu azas organisasi pada dasarnya merupakan berbagai pedoman yang secaramaksimal hendaknya dilaksanakan agar diperoleh suatu struktur organisasi yang baik danaktivitas organisasi dapat berjalan dengan lancer.Azas2 organisasi dapat dirinci menjadi sembilan factor berikut :(a) Perumusan tujuan organisasi. Hal ini akan dapat mempermudah dalam :
Penetapan haluan organisasi
Pemilihan bentuk organisasi
Pembentukan struktur organisasi
Kebutuhan para pejabat
Penyumbangan pengalaman, kecakapan ,daya kreasi anggota dll.(b) Departemenisasi. Departemenisasi merupakan aktivitas menyusun satuan2 organisasiyang diperlukan dalam rangka melaksanakan fungsi yang ada. Dlam hal ini yang perludiperhatikan adalah :* Jumlah satuan (unit) organisasi yang dibuat hendaknya sesuai dengan kebutuhan.* Perluasan aktivitas hendaknya ditamping dulu pada unit organisasi yang sudah adasehingga tidak tergesa-gesa membentuk unit kerja yang baru. Setelah unit kerjayang baru terbentuk jangan membuat satuan kembarnya.* Nama satuan organisasi hendaknya tertib sehingga dapat diketahui fungsinyamelalui nama tsb.
Konsep dasar Manajemen dalam aktifitas bisnisPage 2
 
© Pembagian kerja.Azas ini dikaitkan dengan pejabat yang akan menempati jabatan dalam satuan/unitorganisasinya agar roda organisasi dapat berjalan dengan baik. Dalam melakukan pembagian kerja yang harus diperhatikan adalah :
Tiap unit organisasi harus mempunyai rincian aktivitas yang jelas.
Pejabat dari pucuk pimpinan smpai dengan pejabat yang berkedudukan paling bawah harus mempunyai tugas yang jelas.
Variasi tugas bagi seorang pejabat hendaknya yang sejenis atau erat hubungannya.
Beban tugas setiap pejabat hendaknya merata/adil.
Penempatan pejabat hendaknya dilaksanakan secara tepat.
Penambahan atau pengurangan pejabat harus berdasarkan volume kerja
Pembagian kerja para pejabat dalam unit/satuan organisasi jangan sampai timbulnepotisme(d) Koordinasi.Azas ini menyatakan bahwa suatu organisasi harus memiliki keselarasan aktivitasdiantara satuan/unit organisasi atau diantara pejabatnya. Dengan keselarasan ini dapatdihindari terjadinya konflik, rebutan sumber atau fasilitas, kekembaran pekerjaan,kekosongan pekerjaan dan merasa lepas satu sama lain.Disamping itu koordinasi dapatlebih menjamin kesatuan sikap, tindakan, kebijakan dan implementasi,(e) Pelimpahan wewenangPelimpahan wewenang merupakan penyerahan sebagaian hak untuk mengambilkeputusan yang diperlukan agar tugas serta tanggung jawab tetap dapat dilaksanakandengan baik oleh seorang pejabay ke pejabat yang lain. Hal ini dapatterjadi karenaseorang atasan tidak mungkin memimpin bawahan dengan jumlah terlalu banyak karena kemampuan seseorang tentu saja terbatas. Makin banyak bawahan maka relativemakin berat beban atasan.Manfaat yang diperoleh dari pelimpahan wewenang :
Pimpinan dapat melakukan pekerjaan yang pokok2 saja.
Konsep dasar Manajemen dalam aktifitas bisnisPage 3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->