Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Primbon

Primbon

Ratings:

4.7

(10)
|Views: 7,914 |Likes:
Published by Raharjo

More info:

Published by: Raharjo on Jan 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

04/11/2013

 
Macam-macam puasa ala Kejawen
1. Mutih
Dalam puasa mutih ini seseorang tdk boleh makan apa-apa kecuali hanya nasi putih dan air putih saja.Nasi putihnya pun tdk boleh ditambah apa-apa lagi (seperti gula, garam dll.) jadi betul-betul hanya nasiputih dan air puih saja. Sebelum melakukan puasa mutih ini, biasanya seorang pelaku puasa harus mandikeramas dulu sebelumnya dan membaca mantra ini : “niat ingsun mutih, mutihaken awak kang reged,putih kaya bocah mentas lahirdipun ijabahi gusti allah.” 
2. Ngeruh
Dalam melakoni puasa ini seseorang hanya boleh memakan sayuran / buah-buahan saja. Tidakdiperbolehkan makan daging, ikan, telur dsb.
3. Ngebleng
Puasa Ngebleng adalah menghentikan segala aktifitas normal sehari-hari. Seseorang yang melakoni puasaNgebleng tidak boleh makan, minum, keluar dari rumah/kamar, atau melakukan aktifitas seksual. Waktutidur-pun harus dikurangi. Biasanya seseorang yang melakukan puasa Ngebleng tidak boleh keluar darikamarnya selama sehari semalam (24 jam). Pada saat menjelang malam hari tidak boleh ada satu lampuatau cahaya-pun yang menerangi kamar tersebut. Kamarnya harus gelap gulita tanpa ada cahayasedikitpun. Dalam melakoni puasa ini diperbolehkan keluar kamar hanya untuk buang air saja.
4. Pati geni
Puasa Patigeni hampir sama dengan puasa Ngebleng. Perbedaanya ialah tidak boleh keluar kamar denganalasan apapun, tidak boleh tidur sama sekali. Biasanya puasa ini dilakukan sehari semalam, ada juga yangmelakukannya 3 hari, 7 hari dst. Jika seseorang yang melakukan puasa Patigeni ingin buang air maka,harus dilakukan didalam kamar (dengan memakai pispot atau yang lainnya). Ini adalah mantra puasapatigeni : “niat ingsun patigeni, amateni hawa panas ing badan ingsun, amateni genine napsu angkaramurka krana Allah taala”.
5. Ngelowong
Puasa ini lebih mudah dibanding puasa-puasa diatas Seseorang yang melakoni puasa Ngelowong dilarangmakan dan minum dalam kurun waktu tertentu. Hanya diperbolehkan tidur 3 jam saja (dalam 24 jam).Diperbolehkan keluar rumah.
6. Ngrowot
Puasa ini adalah puasa yang lengkap dilakukan dari subuh sampai maghrib. Saat sahur seseorang yangmelakukan puasa Ngrowot ini hanya boleh makan buah-buahan itu saja! Diperbolehkan untuk memakanbuah lebih dari satu tetapi hanya boleh satu jenis yang sama, misalnya pisang 3 buah saja. Dalam puasaini diperbolehkan untuk tidur.
7. Nganyep
Puasa ini adalah puasa yang hanya memperbolehkan memakan yang tidak ada rasanya. Hampir samadengan Mutih , perbedaanya makanannya lebih beragam asal dengan ketentuan tidak mempunyai rasa.
8. Ngidang
Hanya diperbolehkan memakan dedaunan saja, dan air putih saja. Selain daripada itu tidakdiperbolehkan.
9. Ngepel
Ngepel berarti satu kepal penuh. Puasa ini mengharuskan seseorang untuk memakan dalam sehari satukepal nasi saja. Terkadang diperbolehkan sampai dua atau tiga kepal nasi sehari.
10. Ngasrep
Hanya diperbolehkan makan dan minum yang tidak ada rasanya, minumnya hanya diperbolehkan 3 kalisaja sehari.
11. Senin-kamis
Puasa ini dilakukan hanya pada hari senin dan kamis saja seperti namanya. Puasa ini identik denganagama islam. Karena memang Rasulullah SAW menganjurkannya.
12. Wungon
Puasa ini adalah puasa pamungkas, tidak boleh makan, minum dan tidur selama 24 jam.
13. Tapa Jejeg
Tidak duduk selama 12 jam
14. Lelono
Melakukan perjalanan (jalan kaki) dari jam 12 malam sampai jam 3 subuh (waktu ini dipergunakansebagai waktu instropeksi diri).
15. Kungkum
Kungkum merupakan tapa yang sangat unik. Banyak para pelaku spiritual merasakan sensasi yangdahsyat dalam melakukan tapa ini. Tatacara tapa Kungkum adalah sebagai beikut :a) Masuk kedalam air dengan tanpa pakaian selembar-pun dengan posisi bersila (duduk) didalam airdengan kedalaman air se tinggi leher.
 
b) Biasanya dilakukan dipertemuan dua buah sungaic) Menghadap melawan arus aird) Memilih tempat yang baik, arus tidak terlalu deras dan tidak terlalu banyak lumpur didasar sungaie) Lingkungan harus sepi, usahakan tidak ada seorang manusiapun disanaf) Dilaksanakan mulai jam 12 malam (terkadang boleh dari jam 10 keatas) dan dilakukan lebih dari tiga jam (walau ada juga yang memperbolehkan pengikutnya kungkum hanya 15 menit).g) Tidak boleh tertidur selama Kungkumh) Tidak boleh banyak bergeraki) Sebelum masuk ke sungai disarankan untuk melakukan ritual pembersihan (mandi dulu) j) Pada saat akan masuk air baca mantra ini : “ Putih-putih mripatku Sayidina Kilir, Ireng-ireng mripatku Sunan Kali Jaga, Telenging mripatku KanjengNabi Muhammad.” k) Pada saat masuk air, mata harus tertutup dan tangan disilangkan di dadal) Nafas teraturm) Kungkum dilakukan selama 7 malam biasanya
16. Ngalong
Tapa ini juga begitu unik. Tapa ini dilakuakn dengan posisi tubuh kepala dibawah dan kaki diatas(sungsang). Pada tahap tertentu tapa ini dilakukan dengan kaki yang menggantung di dahan pohon danposisi kepala di bawah (seperti kalong/kelelawar). Pada saat menggantung dilarang banyak bergerak.Secara fisik bagi yang melakoni tapa ini melatih keteraturan nafas. Biasanya puasa ini dibarengi denganpuasa Ngrowot.
17. Ngeluwang
Tapa Ngeluwang adalah tapa paling menakutkan bagi orang-orang awam dan membutuhkan keberanianyang sangat besar. Tapa Ngeluwang disebut-sebut sebagai cara untuk mendapatkan daya penglihatan
gaib
dan menghilangkan sesuatu. Tapa Ngeluwang adalah tapa dengan dikubur di suatu pekuburan atautempat yang sangat sepi. Setelah seseorang selesai dari tapa ini, biasanya keluar dari kubur maka akanmelihat hal-hal yang mengerikan (seperti arwah gentayangan, jin dlsb). Sebelum masuk kekubur,disarankan baca mantra ini : “ Niat ingsun Ngelowong, anutupi badan kang bolong siro mara siro mati, kang ganggu maang jiwa insun,lebur kaya dene banyu krana Allah Ta’ala.” --------------------------------------Dalam melakoni puasa-puasa diatas, bagi pemula sangatlah berat jika belum terbiasa. Oleh karena itudisini akan dibekali dengan ilmu lambung karang. Ilmu ini berfungsi untuk menahan lapar dan dahaga.Dengan kata lain ilmu ini dapat sangat membantu bagi oarang-orang yang masih ragu-ragu dalammelakoni puasa-puasa diatas. Selain praktis dan mudah dipelajari, sebenarnya ilmu lambung karang iniberbeda dengan ilmu-ilmu lain yang kebanykan harus ditebus/dimahari dengan puasa. Selain itu syaratatau cara mengamalkannyapun sangat mudah, yaitu :1. Mandi keramas/jinabat untuk membersihkan diri dari segala macam kekotor2. Menjaga hawa nafsu.3. Baca mantra lambung karang ini sebanyak 7 kali setelah shalat wajib 5 waktu, yaitu :BismillahirrahamanirrahimCempla cempli gedheneWetengku saciplukan bajangGorokanku sak dami akingKapan ingsun nuruti budineAluamah kudu amangan waregNgungakna mekkah madinahWareg tanpa manganKapan ingsun nuruti budineAluamah kudu angombeNgungakna segara kidulWareg tanpa angombeLaailahaillallah Muhammad RasulullahMistik KebatinanMenurut pandangan ilmu mistik kebatinan orang jawa, kehidupan manusia merupakan bagian dari alamsemesta secara keseluruhan, dan hanya merupakan bagian yang sangat kecil dari kehidupan alamsemesta yang abadi, dimana manusia itu seakan-akan hanya berhenti sebentar untuk minum.Sikap. Gaya hidup, dan banyak aktivitas sebagai latihan upacara yang harus diterima dan dilakukan olehseorang, yang ingin menganut mistik dibawah pimpinan guru dan panuntun agama itu, pada dasarnyasama pada berbagai gerakan kebatinan jawa yang ada. Hal yang mutlak perlu adalah kemampuan untukmelepaskan diri dari dunia kebendaan, yaitu memiliki sifat rila (rela) untuk melepaskan segala hak milik,pikiran atau perasaan untuk memiliki, serta keinginan untuk memiliki.. melalui sikap rohaniah ini orangdapat membebaskan diri dari berbagai kekuatan serta pengaruh dunia kebendaan di sekitarnya. Sikapmenyerah serta mutlak ini tidak boleh dianggap sebagai tanda sifat lemahnya seseorang; sebaliknya iamenandakan bahwa orang seperti itu memiliki kekuatan batin dan keteguhan iman. Kemampuan untuk
 
membebaskan diri dari dunia kebendaan dan kehidupan duniawi juga melibatkan sikap narima yaitu sikapmenerima nasib, dan sikap bersabar, yang berarti sikap menerima nasip dengan rela. Kemampuan untukmemiliki sikap-sikap semacam itu dapat diperoleh dengan hidup sederhana dalam arti yangsesungguhnya, hidup bersih, tetapi juga dengan jalan melakukan berbagai kegiatan upacara kegiatanupacara yang meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dengan jalan mengendalikan diri, dan melakukanberbagai latihan samadi. Melalui latihan bersemedi di harapkan agar orang dapat membebaskan dirinyadari keadaan sekitarnya, yaitu menghentikan segala fungsi tubuh dan keinginan serta nafsu jasmaninya.Hal ini dapat memberikan keheningan pikiran dan membuatnya mengerti dan menghayati hakekat hidupserta keselarasan antara kehidupan rohaniah dan jasmaniah. Apabila orang sudah bebas dari bebankehidupan duniawi (pamudharan), maka orang itu setelah melalui beberapa tahap berikutnya, pada suatusaat akan dapat bersatu dengan Tuhan (jumbuhing kawula Gusti, atau manunggaling kawula-Gusti)/Pendekatan kepada Illahi.Namun dengan tercapainya pamudharan, yang memungkinkan orang untuk melepaskan diri darikehidupan dunia kebendaan, orang itu juga tidak terbebas dari kewajiban-kewajibannya dalam kehidupanyang konkret; bahkan, orang yang sudah mencapai pamudharan, wajib amemayu ayuning bawana, atauberupaya memperindah dunia, yaitu berusaha memelihara dan memperindah dengan jalan melakukanhal-hal yang baik, dan hidup dengan penuh tanggung jawab.Gerakan Untuk Purifikasi JiwaSemua organisasi kebatinan yang besarumumnya, memang bersifat mistis; banyak gerakan kebatinan,terutama yang jumlah anggotanya sedikit, hanya berusaha untuk mencapai purifikasi jiwa, Hal yangmereka inginkan adalah memperoleh suatu kehidupan kerohanian yang mantap, tanpa rasa takut danrasa ketidak-pastian. Inilah yang oleh orang jawa disebut orang yang sudah bebas (kamanungsan,kasunyatan). Cara untuk kamanungsan pada umumnya sama dengan cara untuk mencapai pamudharantersebut diatas. Kecuali beberapa variasi kecil, maka cara untuk mencapai purifikasi jiwa pada dasarnyaadalah dengan menjalankan kehidupan yang penuh tanggung jawab, baik secara moral, sederhana,mampu membebaskan diri dari keduniawian, mempunyai sikap yang baik terhadap kehidupan, nasib dankematian dan melakukan samadi secara ketat. Oleh karena gerakan-gerakan kebatinan ini berusahamencari kebebasan rohaniah individu, maka orang mudah mengerti bahwa sifatnya agak individualis;gerakan-gerakan seperti itu paling tidak menarik bagi orang-orang yang membutuhkan kehidupankeagamaan, tanpa harus menaati peraturan-peraturan keagamaan yang resmi secara ketat, namunmenyesuaikan dengan adat istiadat (Said 1972-a: 153-154)Kebatinan Yang Berdasarkan Ilmu
Gaib
Diseluruh daerah tempat tinggal orang jawa banyak terdapat gerakan-gerakan kebatinan yang hanyaberanggotakan beberapa puluh orang saja. Kebanyakan dari gerakan seperti itu berpusat di kota-kota danpada umumnya bersifat rahasia, yaitu dengan tujuan-tujuan yang bersifat mistik, moralis, atau etis dandipimpin oleh seorang guru. Untuk mencapai tujuannya, para anggota gerakan seperti itu banyakmelakukan praktek-praktek ilmu
gaib
, disamping studi dan bersamadi.Banyak dari budaya semacam itu pada awalnya adalah suatu organisasi yang mengajar seni bela diripencak. Kecuali memberi latihan fisik, gurunya juga melatih murid-muridnya untuk melakukan meditasi.Untuk menciptakan suasana keramat, ada juga yang ditabah berbagai ritus ilmu
gaib
secara rahasia yangdimaksudkan agar para muridnya, memperoleh kekebalan dan kesaktian tertentu.Monggo mugi panadyaknaAliting kawula sami sangsaraSanadyan alam wus mardikaNamung tasih angratos batosIsih durung pra priyanggaNderek saged anggatoskenOmbyaking regan sarwa sulaya
Nama beberapa ajian
AJI RAJAH KALACHAKRA - Rajah Kalachakra merupakan senjata ghoib yang boleh untuk membinasakanmusuh yang sakti. Rajah inipun juga boleh untuk pagaran tubuh, pagaran rumah dan lain-lainnya.Biasanya rajah ini berupa sinar berputar dan terletak didada pemiliknya. Bagi yang sudah boleh melihatalam ghoib, akan boleh melihat ujud rajah ini.AJI BRAJAMUSTI - Dizaman dulu aji Brajamusti adalah aji kebanggan para pendekar. Kerana ajiBrajamusti ini merupakan perisai badan yang ampuh sekali. Orang yang mempunyai aji brajamustimempunyai kekuatan badan dan kekuatan ghaib yang tidak ada tandinggannya. Maka orang yangmemiliki tidak boleh menggunakan aji brajamusti kalau tidak dalam keadaan terpaksa. Sebab kalaudigunakan sembarangan boleh membahayakan lawan. Kegunaan aji brajamusti selain untuk mengisikekuatan badan dan tangan, aji barajamusti juga sebagai aji kekebalan terhadap berbagai macam senjatatajam. Senjata yang ampuh bagaimanapun kalau terkena aji brajamusti pasti akan tawar, tak bertuah.AJI BANDUNG BONDOWOSO - Seperti halnya aji Brajamusti, aji Bandung Bondowoso juga mempunyaikhasiat yang luar biasa hebatnya. bagi orang yang mengamalkan aji Bandung Bodowoso akan mempunyaikekuatan badan yang mentakjubkan. Barang yang mustahil boleh diangkat dengan kekuatan manusia,

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ai Sumantri liked this
pretender liked this
dehasri liked this
Rio DeJavu liked this
Ifa Bie liked this
fatinkhananguna liked this
d34n liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->