Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rencana Pengembangan Sekolah

Rencana Pengembangan Sekolah

Ratings: (0)|Views: 670 |Likes:
Published by Tasmad Maulana

More info:

Published by: Tasmad Maulana on Jun 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2013

pdf

text

original

 
RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAHSD NEGERI KARANGPUCUNG 05 KECAMATAN KARANGPUCUNGI.
 
PendahuluanA.
 
Latar belakang
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat telahmembawa dampak yang sangat besar di bidang pendidikan, khususnyadalam peningkatan sumber daya manusia. Upaya-upaya telah dilakukanoleh pemerintah, swasta dan lembaga-lembaga lain di bidangpengembangan sumber daya manusia belum mampu mengimbangipersyaratan kebutuhan atau tuntutan masyarakat lokal , maupun tuntutanglobal.Dengan berubahnya sistem pengambilan keputusan dari sistem sentralistik ke desentralisasi membawa dampak meningkatnya perang sekolah dalampengambilan keputusan hal-hal strategis yang menyangkut peningkatanmutu pendidikan. Sekolah harus mampu menyusun sebuah rencanapengembangan sekolah yang berisi; latar belakang, tujuan, sasaran yangakan dicapai dan strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan.
B.
 
Dasar hukum
1.
 
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan AntarPusat dan Daerah.2.
 
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.3.
 
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.4.
 
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen5.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah danKewenangan Propinsi Sebagai Daerah Otonomi.6.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan7.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar8.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan9.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru10.
 
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 162/U/2003tentang 1 Oktober 2003 tentang Penugasan Guru Pegawai Negeri Sipil sebagaiKepala Sekolah di Lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
 
11.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar IsiUntuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah12.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang StandarKompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah13.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2006 Tentang StandarKompetnsi Kepala Sekolah/Madrasah14.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2006 Tentang StandarKompetensi Guru Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah15.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2006 Tentang StandarPengelolaan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah16.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2006 Tentang StandarPenilaian Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah17.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 Tentang StandarSarana Prasarana Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah18.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2006 Tentang StandarProses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
II.
 
Maksud dan TujuanA.
 
Maksud
Rencana Pengembangan Sekolah ini dimaksudkan sebagai acuan sekolahdalam melaksanakan program sekolah
 B.
 
Tujuan
Mewujudkan Visi, Misi dan tujuan sekolah
III.
 
Analisis SWOT
Agar dapat menyusun rencana pengembangan sekolah yang ideal, maka perluadanya analisa tentang kelebihan atau potensi sekolah, kelemahan atau kekuranganyang dimiliki sekolah, kesempatan atau peluang untuk berkembang yang dimilikisekolah dan tantangan masa kini, masa depan baik tantangan lokal maupuntantangan global yang dihadapi sekolah.
a.
 
Strengh
(kekuatan )
Kekuatan yang dimiliki sekolah berupa potensi fisik dan potensi non fisik.Potensi fisik antara lain lokasi sekolah yang berada di tengah lingkungan
 
pemukiman dilalui jalan desa beraspal berjarak 1 km dari pusat pemerintahKecamatan Karangpucung. Lokasi sekolah yang demikian memungkinkankeamanan sekolah terjaga dengan baik, jarak yang dekat dengan kantorUPT Dikdispora dengan akses jalan yang baik memungkinkan pembinaansekolah oleh Pengawas Sekolah maupun Kepala UPTD dapat berjalanefektif. Potensi lain berupa akses jaringan listrik dan telepon yangmemungkinkan sekolah dapat dengan mudah mendapatkan informasi.Potensi non fisik berupa SDM guru dan siswa, jumlah guru 9 orang terdiridari: 1 orang Kep Sek, 6 orang guru kelas, 1 orang guru agama dan 1 orangguru penjaskes. Masa kerja guru rata-rata di atas 20 tahun, denganpengalaman mengajar guru yang demikian memungkinkan mereka dapatmelaksanakan proses pembelajaran yang baik dan efektif, mereka siapmenghadapi dan melaksanakan inovasi pendidikanJumlah peserta didik 142 anak, jumlah ini termasuk kategori sedang, tidak terlalu gemuk dan terlalu kurus, dengan jumlah peserta didik rata-rata 24anak tiap kelas memungkinkan proses pembelajaran yang efektif.Dukungan masyarakat khususnya wali murid sangat baik, walaupun tingkatpendidikan mereka rata-rata tamatan SD, namun dukungan kepada sekolahbaik, hal ini disebabkan oleh peran komite sekolah yang sangat
intens
menyadarkan anggotanya tentang perlunya dukungan wali murid kepadasekolah. Kerjasama sekolah dengan komite sekolah sangat baik.Dukungan tokoh masyarakat, tokoh pendidikan yang ada di lingkungansekolah sangat baik.
b.
 
Weakness
(kelemahan)
Kelemahan atau kekurangan yang dimiliki sekolah antara lain: 80 % ruangbelajar dalam kondisi rusak ringan, kantor guru sering kemasukan air bilasungai Dermaji meluap, belum memiliki gedung perpustakaan, tidak memiliki tempat bermain yang cukup,sosial ekonomi wali murid umumnyarendah, banyak yang masih berstatus keluarga prasejahtera. Masyarakatumumnya bermata pencaharian petani dan buruh tani dengan sosiokultur

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tulus Basuki liked this
Romo Katrim liked this
Zefry Arden liked this
Tukang Ketik liked this
Dliya Naxx Bzs liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->