Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kesehatan dan Lingkungan

Kesehatan dan Lingkungan

Ratings: (0)|Views: 44 |Likes:
Published by adeiraputra

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: adeiraputra on Jun 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2012

pdf

text

original

 
MODUL IXKULIAH ON LINEDOSEN : Dra. Eva Maulina, MMKESEHATAN DAN LINGKUNGAN1.Perlunya Lingkungan Sehat
Pada akhir-akhir ini, Indonesia banyak mendapatkan cobaan berupabanyaknya penyakit yang berhubungan dengan lingkungan. Marak penyakitdemam berdarah (DB) yang menelan banyak korban. Penyabab penyakit iniadalah lingkungan yang memungkinkan berkembangnya nyamuk aides agepty.Berkembang juga penyakit Afian Influenza (AI) yaitu penyakit yang ditularkanmelalui unggar terutama ayam. Di beberapa daerah juga berkembang penyakitcikungunya yaitu penyakit yang dibawa oleh tikus. Dan banyak penyakit lain yangdisebabkan oleh faktor lingkungan kurang bersih.Bagaimana sebetulnya Islam memandang keberhasilan dan kesehatanserta lingkungan? Terkait dengan hal ini, Rosulullah SAW bersabda :
“Sesungguhnya Allah Maha Indah dan Allah menyukai yang indah. Allah MahaMurah dan suka kepada sifat yang pemurah. Allah Maha bersih dan suka kepadayang bersih” 
.Dan hadis diatas terlihat bahwa Allah sangat menyukai keindahan dankeberhasilan. Apabila Allah sangat menyukai keindahan dan kebersihan, sudahsewajarnya apabila umat Islam menyukai dan mejaga keindahan dan kebersihan.Dalam menjaga keindahan dan kebersihan, Allah juga suka kepada sifatpemurah, maka hal ini sebenarnya petunjuk bagi manusia, bahwa Allah sukakepada orang yang dengan senang hati dan ringat tangan dalam menjagakebersihan dan keindahan. Bekerja keras dan bergotong royong dalam menjagakebersihan sangat dianjurkan dimulai dihadapkan Allah SWT.Terkait dengan bab kesehatan dan lingkungan, maka pada bab ini akandibahas mengenai masalah kesehatan yang menyangkut kesehatan jasmani danmental umat Islam, serta faktor lingkungan yang meliputi bagaimana memeliharakesehatan dan kelestarian lingkungan. Pemahaman bab tentang kesehatan danlingkungan penting bagi umat Islam di Indonesia, agar tercipta lingkungan yang
 
bersih, kesehatan fisik dan mental yang prima, dan memanfaatkan sumberdayaalam secara lestari sebagaimana diperintahkan Allah SWT.
2.Memelihara Kesehatan Fisik dan Mental
2.1Perintah Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Allah menyukai hal-hal yang bersih, sehingga manusia tampak bersih danharum dan dapat beribadah dengan tenang dan khusus. Menjaga kesehatan inipenting, karena kalau sakit maka akan menghambat ibadah dengan sempurna.Orang yang sakit baik yang ringat seperti flue, batuk maupun yang berat sepertikanker dan hati, sedikit banyak akan mengganggu aktivitas baik untuk ibadah,muamalah atau kegiatan lainnya. Begitupula dengan kebersihan, orang yangberpakaian bersih dan harum akan tenang ibadahnya. Coba anda bandingkan,apabila anda sholat dengan orang yang bajunya kotor dan bau, tentu akanmengganggu konsentrasi dalam ibadah. Kebersihan dan kesehatan merupakankunci mencapai badan yang sehat, dan dengan badan yang sehat maka manusiadapat optimal dalam menjalankan fungsi sebagai pemimpin baik bagi dirinya,keluarga dan masyarakatnya.Terkait dengan kebersihan, Allah berfirman :
“dan pakaianmu bersihkanlah, dan perbuatan dosa tinggalkanlah” 
(QS Al-Muddastsir : 4-5).
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, makabasuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamudan kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub makamandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air, atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, makabertayamumlah dengan tanah yang baik, sapulah mukamu dan tanganmudengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkanmu, tetapi Dia hendak membersihkanmu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamubersyukur” 
(QS Al-Maidah : 6)Dua ayat di atas menunjukkan benar-benar Allah sangat menyukaikebersihan bagi pribadi umat Islam. Dari penampilan, Allah memerintahkan kitamembersihkan pakaian. Memang pakaian tidak harus baru, tetapi pakaian itubersih sehingga terbebas dari penyakit yang dibawa seperti kuman, lalat, dan
 
lain-lain. Dan terkait dengan pakaian, Allah menyukai pakaian yang juga harum,sehingga dapat tercium bau yang enak dan membuat orang tentram.Selain Allah senang pada penampilan, Allah juga menyukai kebersihanfisik badan. QS Al-Maidah ayat 6, menunjukkan bahwa apabila kita akan sholat,diminta untuk wudhu. Dalam wudhu kita persyaratkan membasuh dengan air bersih untuk muka, tangan, kaki dan kepala. Dapat kita bayangkan, setiap umatIslam badannya dibasuh dengan air, paling tidak 5 kali dalam sehari. Dan apabiladitambahkan dengan mandi yang paling tidak 2 kali sehari, maka tubuh kitadibasuh air sebanyak 7 kali sehari. Dengan demikian, seyogyanya badan kitasecara fisik bersih, dan sehat. Oleh sebab itu, apabila ada umat Islam yang tidakterlihat bersih, maka seyogyanya dapat memahami tata cara berwudhu danmandi yang benar. Dan wudhu merupakan bagian dari upaya menjagakesehatan.Kebesihan badan, dan pakaian sudah dilakukan, dan tertinggal satu halyaitu kebersihan mulut. Mulut yang tidak bersih menimbulkan penyakit gigi, danbau yang tidak mengenakan, karena dimulut terjadi proses pengolahan makanan,dan apabila ada makanan yang tertinggal akan menyebabkan bau. Oleh sebabitu, kebersihan mulut sangat diutamakan. Dalam hal ini, Rosul bersabda :
“Apabila aku tidak membuat kesukaran terhadap umatku, mereka akan aku perintahkan untuk membersihkan giginya dengan siwak setiap hendak sholat” (Al- Hadist 
)Hadis di atas juga menunjukkan betapa Rosul sangat perhatian kepadakebersihan mulut. Dengan berkumur dan menggosok gigi sebanyak 5 kali dalamsehari, maka dapat diyakini bahwa mulut akan bersih, tidak berbau, danmenyehatkan.2.2Mengetahui Sumber PenyakitUntuk tetap menjaga kesehatan yang prima sehingga dapat bekerja danberibadah dengan prima juga, maka perlu bagi umat Islam mengetahui sumber-sumber penyakit. Dengan mengetahui sumber penyakit, maka kita dapatberusaha mencegahnya dan memperbaiki kondisi tubuh.Sumber penyakit yang pertama menurut Allah adalah dari makan danminuman yang berlebih-lebihan. Firman Allah sebagai berikut :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->