Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manusia Dan Tanggung Jawab

Manusia Dan Tanggung Jawab

Ratings: (0)|Views: 300|Likes:
Published by Ricarnando Sitohang

More info:

Published by: Ricarnando Sitohang on Jun 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/14/2012

pdf

text

original

 
1
MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB
A. Pengertian Tanggung Jawab
 Arti dari tanggung jawab menurut kamus bahasa Indonesia adalah keadaanwajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurutkamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban memikul, menanggungsegala sesuatunya dan menanggung segala akibatnya.Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atauperbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab jugaberarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Tanggung jawabitu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian hidup dari manusia bahwa setiapmanusia dibebani dengan tangung jawab. Apabila dikaji tanggung jawab ituadalah kewajiban yang harus dipikul sebagai akibat dari perbuatan pihak yangberbuat.
B. Macam-Macam Tanggung Jawab
 Berikut ini merupakan beberapa macam tanggung jawab, yaitu :
1. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
 Tanggung jawab terhadap diri sendiri itu menuntut kesadaran akan dirikita untuk memenuhi kewajiban sendiri dan mengembangkan kepribadiansebagai manusia pribadi. Apa yang telah kita lakukan harus menerimaresikonya sendiri.
2. Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
 Keluarga merupakan masyarakat kecil. Tiap anggota keluarga wajibbertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkutnama baik keluarga, tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejaterahaan,keselamatan, pendidikan dan kehidupan. Sebagai anggota keluarga kita harussaling menjaga nama baik keluarga dengan sikap dan perbuatan yang kitalakukan di dalam kehidupan bermasyarakat.
 
2
3. Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
 Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lainkarena manusia kedudukannya sebagai makhluk sosial yang membutuhkanmanusia lain maka kita harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut.Berinteraksi didalam suatu kehidupan masyarakat sangat dibutuhkan karena itubisa membuat kita saling mengenal satu dengan yang lainnya.
4. Tanggung Jawab Kepada Bangsa / Negara
 Suatu kenyataan lagi bahwa tiap manusia, tiap individu adalah suatuwarga negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, dan bertingkah laku manusiaterikat oleh norma-norma yang di buat oleh negara. Manusia tidak dapatberbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah maka ia harusbertanggung jawab kepada Negara atas apa yang telah ia perbuat. Kita harusmenjaga nama baik bangsa dan negara kita sendiri dengan prestasi-prestasianak bangsa.
5. Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
 Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupan manusia agar tanggung jawablangsung terhadap tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas darihukuman-hukuman tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melaluiberbagai macam jenis agama. Menerima hukuman di akhirat nanti atas apayang telah kita lakukan selama hidup di dunia ini.
C. Pengabdian Dan Pengorbanan
 Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan.
1. Pengabdian
 Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran dan pendapatsebagai perwujudan kesetiaan, atau suatu kesetiaan yang dilakukan denganikhlas.Pengabdian itu ada hakekatnya yaitu rasa tanggung jawab. Apabilaorang bekerja keras seharian penuh itu untuk mencukupi kebutuhannya. Lain
 
3
halnya jika kita hanya membantu teman dalam kesulitan mungkin sampaiberhari-hari itu bukan pengabdian, tetapi hanya sebuah bantuan saja.
2. Pengorbanan
 Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan,sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengandemikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsurkeikhlasan yang tidak mengharapkan suatu imbalan maupun pamrih dari oranglain.
D. Perbedaan Pengabdian dan Pengorbanan
 Perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas. Karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanannya. Antara sesamakawan sulit di katakannya pengabdian, karena kata pengabdian mengandungarti lebih rendah tingkatnya, tetapi untuk kata pengorbanan dapat jugaditerapkan kepada sesama teman.Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dapatberupa bentuk harta benda, pikiran, perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya.Pengabdian lebih banyak menunjukan kepada perbuatan sedangkanpengorbanan lebih banyak menunjukan kepada pemberian sesuatu misalnyaberupa pikiran ,perasaan, tenaga, biaya, dan waktu. Dalam pengabdian selaludituntut suatu pengorbanan, tetapi pengorbanan belum tentu menuntut suatupengabdian.
Kesimpulan
Sebuah rasa tanggung jawab itu sangat penting bagi kehidupanmasyarakat. Setiap manusia pasti mempunyai tanggung jawab masing-masing. Didalam suatu keluarga kita mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing.Orang tua tugasnya mendidik anak dengan baik tanggung jawabnya membesarkandan membiayai anaknya hingga dewasa. Sebagai anak tugasnya membantupekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengepel dan mencuci baju orang tua

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->