Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
DESAIN_PEMBELAJARAN

DESAIN_PEMBELAJARAN

Ratings: (0)|Views: 30 |Likes:
Published by Madarwi Sarwa

More info:

Published by: Madarwi Sarwa on Jun 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/15/2012

pdf

text

original

 
DESAIN PEMBELAJARANPengertian Desain Pembelajaran
Desain pembelajaran dapat dimaknai dari berbagai sudut pandang, misalnyasebagai disiplin, sebagai ilmu, sebagai sistem, dan sebagai proses. Sebagai disiplin,desain pembelajaran membahas berbagai penelitian dan teori tentang strategi serta prosespengembangan pembelajaran dan pelaksanaannya. Sebagai ilmu, desain pembelajaranmerupakan ilmu untuk menciptakan spesifikasi pengembangan, pelaksanaan, penilaian,serta pengelolaan situasi yang memberikan fasilitas pelayanan pembelajaran dalam skalamakro dan mikro untuk berbagai mata pelajaran pada berbagai tingkatan kompleksitas.Sebagai sistem, desain pembelajaran merupakan pengembangan sistem pembelajaran dansistem pelaksanaannya termasuk sarana serta prosedur untuk meningkatkan mutu belajar.
 
Sementara itu desain pembelajaran sebagai proses menurut Syaiful Sagala(2005:136) adalah pengembangan pengajaran secara sistematik yang digunakan secarakhusus teori-teori pembelajaran unuk menjamin kualitas pembelajaran. Pernyataantersebut mengandung arti bahwa penyusunan perencanaan pembelajaran harus sesuaidengan konsep pendidikan dan pembelajaran yang dianut dalam kurikulum yangdigunakan.Dengan demikian dapat disimpulkan desain pembelajaran adalah praktek penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjaditransfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. Proses ini berisipenentuan status awal dari pemahaman peserta didik, perumusan tujuan pembelajaran,dan merancang "perlakuan" berbasis-media untuk membantu terjadinya transisi. Idealnyaproses ini berdasar pada informasi dari teori belajar yang sudah teruji secara pedagogisdan dapat terjadi hanya pada siswa, dipandu oleh guru, atau dalam latar berbasiskomunitas.
Komponen Utama Desain Pembelajaran
Komponen utama dari desain pembelajaran adalah:
 
1.
 
Tujuan Pembelajaran (umum dan khusus) Adalah penjabaran kompetensi yang akandikuasai oleh pembelajar.2.
 
Pembelajar (pihak yang menjadi fokus) yang perlu diketahui meliputi, karakteristik mereka, kemampuan awal dan pra syarat.3.
 
Analisis Pembelajaran, merupakan proses menganalisis topik atau materi yang akandipelajari4.
 
Strategi Pembelajaran, dapat dilakukan secara makro dalam kurun satu tahun ataumikro dalam kurun satu kegiatan belajar mengajar. Bahan Ajar, adalah format materiyang akan diberikan kepada pembelajar5.
 
Penilaian Belajar, tentang pengukuran kemampuan atau kompetensi yang sudahdikuasai atau belum.
Teori-teori Pembelajaran dalam Desain Pembelajaran
Penelitian terkini mengatakan bahwa lingkungan pembelajaran yang bermediateknologi dapat meningkatkan nilai para pelajar, sikap mereka terhadap belajar, danevaluasi dari pengalaman belajar mereka. Teknologi juga dapat membantu untuk meningkatkan interaksi antar pengajar dan pelajar, dan membuat proses belajar yangberpusat pada pelajar (student oriented). Dengan kata lain, penggunaan mediamenggunakan audio visual atau komputer media dapat membantu siswa itu memperolehpelajaran bermanfaat. Guru sebagai pengembang media pembelajaran harus mengetahuiperbedaan pendekatan-pendekatan dalam belajar agar dapat memilih strategipembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran harus dipilih untuk memotivasi parapembelajar, memfasilitasi proses belajar, membentuk manusia seutuhnya, melayaniperbedaan individu, mengangkat belajar bermakna, mendorong terjadinya interaksi, danmemfasilitasi belajar kontekstual, Terdapat beberapa teori belajar yang melandasipenggunaan teknologi/komputer dalam pembelajaran yaitu teori behaviorisme,kognitifisme dan konstruktivisme.1.
 
Teori Behaviorisme
 
Behaviorisme memandang fikiran sebagai „kotak hitam” dalam
meresponrangsangan yang dapat diobsevasi secara kuantitatif, sepenuhnya mengabaikanproses berfikir yang terjadi dalam otak. Kelompok ini memandang tingkah laku yangdapat diobservasi dan diukur sebagai indikator belajar. Implementasi prinsip inidalam mendesain suatu media pembelajaran adalah sebagai berikut:a.
 
Siswa harus diberitahu secara eksplisit outcome belajar sehingga mereka dapatmensetting harapan-harapan mereka dan menentukan apakah dirinya telahmencapai outcome dari pembelajaran online atau tidak.b.
 
Pembelajar harus diuji apakah mereka telah mencapai outcome pembelajaran atautidak. Tes dilakukan untuk mencek tingkat pencapaian pembelajar dan untuk memberi umpan balik yang tepat.c.
 
Materi belajar harus diurutkan dengan tepat untuk meningkatkan belajar. Urutandapat dimulai dari bentuk yang sederhana ke yang kompleks, dari yang diketahuisampai yang tidak diketahui dan dari pengetahuan sampai penerapan.d.
 
Pembelajar harus diberi umpan balik sehingga mereka dapat mengetahuibagaimana melakukan tindakan koreksi jika diperlukan.2.
 
Teori KognitivismeKognitivisme membagi tipe-tipe pembelajar, yaitu: 1) Pembelajar tipepengalaman-konkret lebih menyukai contoh khusus dimana mereka bisa terlibat danmereka berhubungan dengan teman-temannya, dan bukan dengan orang-orang dalamotoritas itu; 2) Pembelajar tipe observasi reflektif suka mengobservasi dengan telitisebelum melakukan tindakan; 3) Pembelajar tipe konsepsualisasi abstrak lebih sukabekerja dengan sesuatu dan symbol-simbol dari pada dengan manusia. Mereka sukabekerja dengan teori dan melakukan analisis sistematis. 4) Pembelajar tipeeksperimentasi aktif lebih suka belajar dengan melakukan paktek proyek dan melaluikelompok diskusi. Mereka menyukai metode belajar aktif dan berinteraksi denganteman untuk memperoleh umpan balik dan informasi. Implementasi prinsip ini dalammendesain suatu media pembelajaran adalah sebagai berikut:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->