Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
16 Tenses Dalam Bahasa Inggris

16 Tenses Dalam Bahasa Inggris

Ratings: (0)|Views: 135 |Likes:

More info:

Published by: veronica-brella-louhenapessy-8269 on Jun 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2012

pdf

text

original

 
Di Indonesia di kenal 16 tenses bahasa inggris meski secara umum hanya 12 tenses. Tensesenglish secara sederhana dapat diartikan sebagai pola kalimat yang berubah menurut waktumerujuk pada masa lalu (Past), masa sekarang (Present) dan masa depan (Future). Denganmemahami tenses bahasa inggris kita bisa menyusun kalimat dengan lebih baik meski tidak harus selalu kita gunakan.Berikut 16 tenses bahasa inggris yang akan kita pelajari dalam topik belajar grammar bahasainggriskali ini :1.
 
Present Tenses
 
 
simple present tenseMateri pertama belajar grammartenses bahasa inggrisyaitu The SimplePresent Tense. The Simple Present Tense adalah tenses yang puaaaling banyak digunakan, dan karena paling banyak maka pembahasannya juga akan lebih panjang.Arti simple yaitu sederhana, sedangkan present adalah sekarang. Jadi bisa dikatakanbahwa Simple Present adalah tenses (pola kalimat) yang digunakan untuk menceritakan waktu sekarang dalam bentuk sederhana. Nama lain daripada Presentadalah BENTUK 1.Jadi kapanpun Anda melihat kata present dalam tenses apapun, bisa dipastikanbahwa dia menggunakan bentuk 1
 – 
bentuk apa? ya bentuk verb, karena semuapredicate itu wajib verb bukan, coba lihat posting awal grammar basic ini. Coba liatcontoh-contoh kalimat dengan Simple Present dibawah iniTOBEI am a teacherYou are a teacherWe are teachersThey are teachersHe is a teacherShe is a teacherIt is my catKalau Anda mengamati, maka kalimat diatas semuanya mengggunakanPREDICATE-1 atau predikat dalam bentuk 1, lihat saja tobe nya tidak lepas dari AM
 – 
IS
 – 
ARE. Contoh diatas adalah The simple present tense dalam bentuk nominal,karena semua kalimatnya menggunakan tobe-1Apakah ada bentuk lainnya? Ada, yaitu The Simple Present Tense dalambentuk VERBAL. Yaitu yang tidak memiliki tobe tapi memiliki verb. Nanti akan diterangkan. Untuk saat ini cukup kita simpulkan bahwa ada 2 (dua) jenis SimplePresent yaitu:
1. Nominal Simple Present2. Verbal Simple Present
 Untuk mengubah kalimat NOMINAL SIMPLE PRESENT kedalam bentuk negative (menyangkal) ataupun interrogative (bertanya) sangatlah mudah, amati:(+) You are a teacher(- ) You are NOT a teacher(? ) Are you a teacher?
 
 
Present Continuous tensePresent Continuous tense dalam tenses bahasa inggris digunakan untuk tindakan yangsedang berlangsung sekarang, kejadian di waktu sedang berbicara dan tindakan yangberlangsung hanya untuk jangka waktu yang singkat. Present Continuous tensedisebut juga dengan Present Progressive TensePenggunaan :1.
 
kejadian sekarang atau kegiatan sementaracontoh : Mr. Teguh si writing a new book Mr. Teguh sedang menulis buku baru2.
 
Rencana di masa depan yang sudah pasti waktunya (pribadi)I am going to Surabaya at 07.30 tomorrowSaya akan pergi ke Surabaya jam 7.30 besok 3.
 
kejadian terkait atas sesuatu atau seseorang disekitar waktu sekarang atau sedangberbicaracontoh : it is raining dayhari ini sedang hujan4.
 
Rumus Present Continuous Tense :Positif (+):subject + to be (am, is, are) + Verb
 – 
ing + objectNegatif (-) :subject + to be + not + verb
 – 
ing + objectTanya (?) :to be + subject + verb
 – 
ing + objectContoh Present Continuous Tense :(+) I am watching TV now(-) Mr. Khanafi is not going to Jakarta(?) Is Mrs. Annisa cooking in the kitchen ?)Present Continuous tense membutuhkan :-
kata kerja “to be”
 Tunggal,I am (orang pertama)You are (orang kedua)He / she / it is (orang ketiga)Jamak,We are (orang pertama)You are (orang kedua)They are (orang ketiga)-
 bentuk kata kerja “
-
ing”
 Contoh :Go + ing = going- Keterangan waktu (adverb of time) yang sering digunakan dalam PresentContinuous tense :
“NOW, RIGHT NOW, TOMORROW,etc”
 
 
 
 
Present Perfect tensebentuk Present Perfect tense dalam tenses bahasa inggris digunakan untuk suatutindakan sederhana yang masih berlangsung atau yang baru sajar berhenti, tetapimemiliki pengaruh hingga masa kini. Menempatkan penekanan pada hasil.Penggunaan :1. tindakan yang terjadi pada waktu yang tidak pasti sebelum saat ini2. tindakan di masa lalu dan memiliki pengaruh di masa sekarang3. tindakan yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut di masa sekarangRumus :Positif (+)Subject + has / have + been + objectSubject + has / have + verb III + objectNegatif (-)Subject + has / have + not + been + objectSubject +has / have + not + verb III + objectTanya (?)Have / has + Subject + verb III + objectHave / has + subject + been + objectContoh :I have been at home for a month (+)Mr. Handoko has not eaten the sate already (-)Has Mr. Imam been here since 06.00 ? (?)Untuk membentuk kalimat Present Perfect (simple) tense kita perlu mengetahuitentang :
1. kata kerja (verb) “have” ( kata kerja bantu / auxiiliary verb)
 - Bentuk tunggal,I haveYou haveHe / she / it has- Bentuk jamak,We haveYou haveThey have2. past participle (been / verb III)Contoh :Talk = talked (regular)Go = gone (irregular)
 
Present Perfect Continuous tensePresent Perfect Continuous mengungkapkan tindakan yang telah dimulai di masa lalu dansekarang masih berlanjut. Tenses bahasa inggris ini juga digunakan untuk menceritakankejadian yang dimulai dimasa lalu dan baru saja selesai.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->