Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ikan Mas

Ikan Mas

Ratings: (0)|Views: 771 |Likes:
Published by Fatwa Nor Azis

More info:

Published by: Fatwa Nor Azis on Jun 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Ikan adalah salah satu diantara organisme pada kelompok vertebrata, bernafas denganinsang dan berdarah dingin. Ikan mendominasi kehidupan di air seluruh permukaan bumi,sangat beragam dalam adaptasi morfologi, fisiologi dan tingkahlakunya. Biologi Perikananmerupakan salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang kehidupan ikan-ikanyang berupa pertumbuhan ikan, tentang bagaimana ikan-ikan dalam suatu populasimelakukan pemijahan, pertumbuhan dan menentukan kebiasaan makanan danperkembangbiakan ikan.Pada praktikum kali ini akan mempelajari tentang petumbuhan ikan Nilem,reproduksi ikan Nilem yang meliputi tingkat kematangan gonad (TKG), indeks kematangangonad (IKG), fekunditas, cara makan dan kebiasaan makan Ikan Mas. Reproduksi merupakanaspek biologis yang terkait mulai dari diferensiasi seksual hingga dihasilkan individu baru.Ikan memiliki masa perkembangan gonad yang lama dan waktu berbeda-beda atau ikansudah mencapai umur untuk mulai matang gonad. Perkembangan gonad ikan pada umumnyaberhubungan dengan pertambahan umur ikan, yaitu semakin dewasa seekor ikan makaperkembangan gonadnya akan semakin sempurna untuk mengadakan pembentukan danpemasakan telur.
1.2
 
Tujuan
1.
 
Untuk mengetahui bagaimana hubungan panjang dan berat tubuh Ikan Mas2.
 
Untuk mengetahui tingkat kematangan gonad (TKG) Ikan Mas3.
 
Untuk mengetahui dan menghitung indeks kematangan gonad (IKG) Ikan Mas4.
 
Untuk mengetahui fekunditas Ikan Mas5.
 
Untuk mengetahui jenis makanan yang dikonsumsi dan kebiasaan makan padaIkan Mas
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1 Ikan Mas
Ikan Mas (
Cyprinus carpio
) merupakan salah satu jenis ikan air tawar dan banyak dibudidayakan di Indonesia . Ikan mas merupakan ikan air tawar yang dikonsumsi, bernilaiekonomis tinggi dan sangat potensial untuk dikembangkan. Ikan mas di sukai masyarakatkarena mudah didapatkan, dagingnya empuk, rasanya gurih dan enak. Ikan mas cepatbesar dengan masa pemeliharaan yang relatif singkat karena tergolong responsif terhadappemberian pakan.
2.1.1Klasifikasi Ikan Mas
Klasifikasi ikan mas (
Cyprinus carpio
)Kingdom : AnimaliaFilum : ChordataSubfilum : PiscesKelas : TeleosteiOrdo : OstariophysiFamili : CyprinidaeGenus : CyprinusSpesies :
Cyprinus carpio
 
2.1.2 Morfologi Ikan Mas
Secara morfologi, ikan mas memiliki ciri-ciri Bentuk tubuh ikan mas agak memanjang dan memipih tegak (comprossed). Mulutnya terletak di bagian tengah ujungkepala (terminal) dan dapat disembulkan (protaktil). Di bagian anterior mulut terdapat duapasang sungut. Di ujung dalam mulut terdapat gigi kerongkongan (pharyngeal teeth) yangterbentuk atas tiga baris gigi geraham. Sirip punggungnya (dorsal) memanjang dengan bagianbelakang berjarikeras dan di bagian akhir (sirip ketiga dan keempat) bergerigi. Letak sirippunggung berseberangan dengan permukaan sisip perut (ventral). Sirip duburnya (anal)mempunyai ciri seperti sirip punggung, yaitu berjari keras dan bagian akhirnya bergerigi.garis rusuknya (linea lateralis atau gurat sisi) tergolong lengkap, berada di pertengahan tubuhdengan bentuk melintang dari tutup insang sampai ke ujung belakang pangkal ekor. Hampirseluruh tubuh ikan mas ditutupi sisik dan hanya sebagian kecil tidak ditutupi sisik. Sisik ikan
 
mas berukuran relatif besar dan digolongkan ke dalam tipe sisik sikloid dengan warna yangsangat beragam (Rochdianto 2005).Ikan mas dapat tumbuh cepat pada suhu lingkungan berkisar antara 20-28 °C danakan mengalami penurunan pertumbuhan bila suhu lingkungan lebih rendah. Pertumbuhanakan menurun dengan cepat di bawah suhu 13°C dan akan berhenti makan apabila suhuberada di bawah 5 °C (Huet 1970 dalam Ariaty 1991). Ikan mas merupakan ikan air tawaryang memiliki sifat tenang, suka menempati perairan yang tidak terlalu bergolak dan senangbersembunyi di kedalaman. Ikan mas termasuk omnivora, biasanya memakan plankton.Larva ikan mas memakan invertebrata air seperti rotifer, copepoda dan kutu air. Kebiasaanmakan ikan mas berubah-ubah dari hewan pemakan plankton menjadi pemakan dasar. Ikanmas yang sedang tumbuh memakan organisme bentik dan sedimen organik. Ikan mas jantanakan matang gonad pada umur dua tahun dan ikan mas betina pada umur tiga tahun. Ikan masakan memijah pada suhu lingkungan berkisar antara 18-20 °C ( Ikenoue 1982 dalam Ariaty1991).
2.2 Pertumbuhan Ikan (hubungan panjang dan berat)
Pertumbuhan adalah Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran panjang atau beratdalam suatu waktu, akibat terjadinya pembelahan sel secara mitosis yang disebabkanoleh kelebihan jumlah input energi dan asam amino yang berasal dari makanan.Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan :1.
 
Faktor dalam umumnya faktor yang sukar dikontrol, diantaranya adalah keturunan,parasit, penyakit, sex,dan umur,.2.
 
Faktor luar yang utama mempengaruhi pertumbuhan adalah makanan dan suhuperairan, namun dari kedua faktor itu belum diketahui faktor mana yang memegangperanan yang lebih besar.3.
 
Faktor kimia perairan dalam keadaan ekstrim mempunyai pengaruh hebat terhadappertumbuhan, bahkan dapat menyebabkan fatal. Diantaranya adalah oksigen,karbondioksida, hidrogen sulfida, keasaman dan alkalinitasBerat dapat diangggap sebagai suatu fungsi dari panjang. Hubungan panjangdengan berat hampir mengikuti hukum kubik yaitu bahwa berat ikan sebagai pangkat tigadari panjangnya, tetapi hubungan yang terdapat pada ikan sebenarnya tidak demikiankarena bentuk dari panjang ikan berbeda-beda. Kalau kita plot kan panjang dan berat ikandalam suatu panjang maka akan kita dapatkan sepertiga bentuk gambar dibawah ini.

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tiya Sweet liked this
Ball On liked this
riyadhleo liked this
samidaryanto liked this
Rya AJjach liked this
Muhammad Alfid liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->