Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
8B 1W

8B 1W

Ratings: (0)|Views: 3 |Likes:

More info:

Published by: Alfi Febriani Priswari on Jun 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/03/2013

pdf

text

original

 
8B 1W ( 8 Benar 1Waspada Efek Samping ) 
1. Benar Pasien
Sebelum obat diberikan, periksa dulu nama pasien, no RM, ruang tempat pasien dirawat, catatanpemberian obat / kartu obat. Jika pasien dalam keadaan tidak sadar atau bayi bisa dicek melaluigelang identitas, pasien gangguan mental bisa ditanyakan langsung pada keluarganya.
2. Benar Obat
Memastikan bahwa nama dagang sesuai dengan nama generik obat atau kandungan obat, jikakita tidak yakin dengan nama dagang obat bisa ditanyakan nama generiknya atau kandunganobat pada apoteker. Sebelum memberi obat kepada pasien, label pada botol atau kemasannya harus diperiksa tiga kali. Pertama saat membaca permintaan obat dan botolnya diambil dari rak obat, kedua label botol dibandingkan dengan obat yang diminta, ketiga saat dikembalikan ke rak obat. Jika labelnya tidak terbaca, isinya tidak boleh dipakai dan harus dikembalikan ke bagianfarmasi.
3. Benar Dosis
Memastikan dosis yang diberikan sesuai dengan instruksi dokter dan catatan pemberian obat.Jika ragu, perawat harus berkonsultasi dengan dokter yang menulis resep atau apoteker sebelumdiberikan ke pasien. Sebaiknya gunakan dosis dalam gram bukan dalam ampul. Misalnya 3 × 4mg bukan 3 × 1 amp.
4. Benar Waktu
Periksa waktu pemberian obat sesuai dengan waktu yang tertera pada catatan pemberian obat ,misalnya obat diberikan 2 kali sehari maka catatan pemberian obat akan tertera waktu pemberianmisalnya jam 6 pagi dan 6 sore. Perhatikan apakah obat diberikan sebelum atau sesudah makan.
5. Benar Cara / Rute
 Memeriksa label obat untuk memastikan obat tersebut dapat diberikan sesuai cara yangdiinstruksikan dan periksa pada label cara pemberian obat . Misalnya oral, parenteral, topikal, rektal, inhalasi, IV, IM.
6. Benar Dokumentasi
Setelah obat itu diberikan, harus didokumentasikan, dosis, cara, waktu dan oleh siapa obat itudiberikan. Bila pasien menolak meminum obat atau tidak dapat diminum harus dicatat dandilaporkan.
7. Benar Expired/Kadaluwarsa

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->