Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proses Produksi

Proses Produksi

Ratings: (0)|Views: 940|Likes:
Published by Dio Setiawan

More info:

Published by: Dio Setiawan on Jun 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/27/2013

pdf

text

original

 
Proses Produksi (Manajemen Produksi)
BAB IPENDAHULUANLatar Belakang MasalahSecara tradisional organisasi sebuah perusahaan, baik perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa, umumnya dibagi atas beberapa fungsi, yaitu fungsi pemasaran,fungsi keuangan, fungsi produksi dan fungsi administrasi umum. fungsi yang saling berkaitan antara yang satu dengan lainnya, diantaranya terdapat tiga fungsi pokok yangselalu dijumpai yaitu :Pemasaran (marketing) yang merupakan ujung tombak dari unit usaha, sebab bagian ini langsung berkaitan dengan konsumen. Keterkaitan ini dimulai dari identifikasikebutuhan konsumen (jenis dan jumlahnya) maupun pelayanan dan pengantaran produk ketangan konsumen.Keuangan (finance) yang bertanggung jawab atas perolehan dana guna pembiayaanaktivitas unit usaha serta pengelolaan dana secara ekonomis sehingga kelangsungan dan perkembangan unit usaha dapat dipertahankan.Produksi (operasi) yang merupakan penghasil dari produk atau jasa yang akan dipasarkankepada konsumen. Ada manajemen produksi dalam sistem produksi, terkait karakteristik, pengukuran kinerja serta ruang lingkup keputusan yang perlu diambil serta strategi operasiyang merupakan penjabaran dari strategi bisnis/ korporasi.Administrasi umum dan personalia memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjalankansegala aktivitas untuk menunjang kegiatan perusahaan (untilities function) sertamelengkapi perusahaan dengan sumber daya manusia.Fokus perhatian pada makalah ini adalah fungsi produksi (production function atau production system). Seperti yang telah dijabarkan di atas bahwa fungsi produksimerupakan fungsi yang ada di sebuah perusahaan manufaktur atau jasa yang mengembanfungsi untuk menciptakan kegunaan bentuk (form utility). Dalam keberadaan seperti itu,maka fungsi produksi atau operasi menjadi tempat terjadinya proses perubahan secara fisik atau sumber daya produksi (intput) menjadi keluaran (output).Dari hal tersebut maka kami akan membahas tentang proses produksi atau manajemen produksi pada suatu perusahaan baik manufaktur maupun jasa, baik dari segi garis umum,konsep, pengertian, ruang lingkup, kriteria kinerja, strategi, perkembangannya dan lainnya.
TUJUAN
Pembuatan makalah yang berjudul “Proses Produksi” ini memiliki tujuan, antara lain:Memberikan pengenalan dan wawasan tentang sistem produksi dan manajemen produksiserta ukuran kinerjanya.Memberikan pengetahuan tentang keputusan yang perlu dilakukan di dalammanajemen produksi serta ruang lingkupnya. Memberikan pengetahuan tentang kaitan
 
antara strategi bisnis / korporasi dengan strategi operasi.Identifikasi MasalahPenjelasan-penjelasan di atas telah menyimpulkan pentingnya fungsi produksi atau operasidalam perusahaan berupa sistem produksi maupun manajemen produksi atau operasi terkaittugasnya dalam menghasilkan produk barang maupun jasa (output) dari bahan baku atausember daya produksi (input).Oleh karena itu, perusahaan harus mengoptimalkan potensi yang ada berupa fungsi-fungsi perusahaan agar dapat berjalan secara sinergi, khususnya fungsi produksi atauoperasi yang sangat berpengaru besar dalam pembentukan produk (output) yang akandihasilkan dengan cara optimalisasi fasilitas, potensi dan sumber daya produksi yang ada.Pembatasan MasalahDalam pembatasan masalah ini,masalah yang akan dijelaskan pada makalah ini adalahtentang sebagai berikut:ProsesProduksiManajemen Produksi Mengapa Manajemen Produksi itu penting? Bagaimana CaraMembangun Manajemen Produksi?BAB IIKAJIAN TEORIPengertian Proses ProduksiPada masa lalu pengertian proses produksi hanya dikaitkan dengan unit usaha fabrikasiyaitu yang menghasilkan barang – barang nyata seperti mobil, perabot, semen dsb, namun pengertian produksi pada saat ini menjadi semakin meluas. Proses produksi sering diartikansebagai aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan nilai masukan (input) menjadikeluaran (output). Secara garis besar, proses produksi adalah kegiatan mengolah masukan(input, sumber daya produksi) dalam proses dengan menggunakan metode tertentu untuk menghasilkan keluaran (output, barang maupun jasa) yang sesuai dengan ketentuan.Dengan demikian maka kegiatan usaha jasa seperti dijumpai pada perusahaan angkutan,asuransi, bank, pos, telekomunikasi, dsb menjalankan juga kegiatan produksi. Secaraskematis sistem produksi dapat digambarkan sbb:Gambar 1.: Skema Sistem Proses ProduksiAda sekurang – kurangnya 4 perbedaan pokok antara usaha jasa dan usaha pabrikasi(penghasil barang), yaitu :
Dalam unit usaha pabrikasi keluarannya merupakan barang real sehingga produktovitasnya akan lebih mudah diukur bila dibandingkan dengan unit usaha jasa yang keluarannya berupa pelayanan.
Kualitas produk yang dihasilkan dari usaha pabrikasi lebih mudah ditentukanstandarnya.
 
Kontak langsung dengan konsumen tidak selalu terjadi pada usaha pabrikasisedangkan pada usaha jasa kontak langsung dengan konsumen merupakan suatuyang tidak dapat dielakkan.
Tidak akan dijumpai adanya persediaan akhir di dalam usaha jasa sedang dalamusaha pabrikasi adanya persediaan sesuatu yang sulit dihindarkan.Secara garis besar transformasi produksi dapat diklasifikasikan :Transformasi pabrikasi yaitu suatu transformasi yang bersifat diskrit danmenghasilkan produk nyata. Suatu transformasi dikatakan bersifat diskrit bila antara suatuoperasi dan operasi yang lain dapat dibedakan dengan jelas seperti dijumpai pada pabrik mobil. Transformasi proses yaitu suatu transformasi yang bersifat continue dimana diantaraoperasi yang satu dengan operasi yang lain kurang dapat dibedakan secara nyata, sepertidijumpai pada pabrik pupuk dan semen.
Transformasi jasa
yaitu suatu transformasi yang tidak mengubah secara fisik masukan menjadi keluaran; dalam hal ini secara fisik keluaran akan sama dengan masukan,namun transformasi jenis ini akan meningkatkan nilai masukannya, misalnya pada perusahaan angkutan. Sistem transformasi jasa sering disebut sebagai sistem operasi.Ditinjau dari kedatangan konsumen dan jumlah yang diminta, transformasi produksi dapatdibedakan atas :Job shop, transformasi produksi bekerja bila ada pesanan saja. Jumlah pesananrelatif tidak terlalu besar dan jenis produk yang dipesan tidak standar sesuai dengan permintaan konsumen Flow shop, transformasi produksi akan selalu bekerja baik ada pesanan maupun tidak. Jumlah pesanan biasanya relatif besar dan jenis produksinyastandar.Flow shop dapat dibedakan atas : - Flow line / batch- Assembly line - ContinuousProject, adalah bentuk spesial dari transformasi produksi dimana hanya ada satu atau beberapa pesanan yang spesifik dari konsumen.Karakteristik umum dari ketiga jenis transformasi ini dapat dilihat padagambar 2, berikut ini :Gambar 2. Karakteristik umum transformasi produksi.MANAJEMEN PRODUKSIDalam melakukan kegiatan produksi ada berbagai faktor yang harus dikelola yang seringdisebut sebagai faktor – faktor produksi yaitu :Material atau bahanMesin atau peralatanManusia atau karyawan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->