Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
konsep-desain

konsep-desain

Ratings: (0)|Views: 419|Likes:
Published by Ady Sulaksono

More info:

Published by: Ady Sulaksono on Jun 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/23/2012

pdf

text

original

 
DESAIN TEKSTILSecara etimologi,’tekstil’ berasal dari kata “textile”, (bahasa inggris),berasaldari kata textile(latin) yang merupakan kata benda dari textere, yang artinyamenenun. (Engel-wood Cliffs;1972;590). Tekstil menurut pengertian Kamus BesarBahasa Indonesia adalah barang tenunan seperti cita, kain putih;bahanpakaian;pabrik tenun. Tekstil berfungsi sebagai alat penutup, alat pelindung daricuaca, gigitan binatang dan lain sebagainya.. Namun dengan semakin majunyateknologi dan ilmu pengetahuan, tektil tidak hanya digunakan untuk penutup tubuhsaja melainkan nilai keindahan bagi si pemakai. Tekstil adalah bahan yang paling dekat dengan kita dalam kehidupan sehari-hari, terlihat dari busana yang biasa digunakan oleh kita. Seperti diketahuipenggunaan tekstil atau kain tidak saja digunakan untuk keperluan busana, secaraumum peranan tekstil dapat digolongkan dua kategori, keperluan sandang dan nonsandang. Adapun keperluan sandang jelas melibatkan mode, fungsi, karakteristikbahan. TekstilBusana adalah berbagai jenis material yang dikenakan oleh manusiapada tubuhnya (Glorier, 1984:378). Kebanyakan orang dalam busana mengutamakanpenampilan yang dapat menambah keindahan serta terlihat menarik atau sesuaidengan mode saat itu. Pada umumnya setiap orang memerlukan busana untuk (5)macam kesempatan (Tien Hartini Sulaeman, 1991: 20-25). Faktor-faktor penting yangmembedakan busana dengan berbagai kesempatan ini adalah pemilihan desain,bahan, penyelesaian atau hiasan dan perlengkapan busana.Adapun ciri-ciri dan syarat busana seperti diuraikan berikut ini:
Busana RumahAdanya anggapan bekerja di rumah tidak perlu mengenakan busana yang baikkarena akan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Desain busana untuk bekerjadi rumah dibuat sederhana, harus mudah dicuci, rapi, mudah dikenakan saatbekerja, mudah menghisap keringat, karena itu digunakan bahan dari serat kapas
Busana PestaUntuk bekerja di kantor hendaknya memakai busana yang sederhana, dapatmemberikan ketenangan ketika bekerja. Penggunaan hiasan sebaiknya janganterlalu berlebihan. Jenis Busana tailored lebih sesuai, mudah pemeliharaannya.Bahan yang terbuat dari serat kapas, campuran serat kapas dan serat sintetis(tidak mudah kusut), rayon dan sutera.
Busana PestaUntuk pergi ke pesta diperlukan busana yang sifatnya lebih formal, busananyadibuat dari bahan berkualitas baik dan lebih terlihat sangat istimewa.
 
1.1.Busana menurut Jenis Kegiatannya
Busana sehari-hari , yaitu busana yang dipakai sehari-hari pada saat kita kesekolah, rumah, kampus termasuk ke tempat kerja. Ciri dari busana sehari-hariadalah kesederhanaan dalam bentuk corak, warna karena tujuannya adalahpraktis untuk berbagai macam kegiatan.
Busana Khusus, yang tidak dapat digunakan untuk busana sehari-hari, sepertiuntuk upacara, busana pesta, busana nasional dan seragam.Penggolongan busana dimaksudkan agar apabila ingin memakai busana dapatdiketahui apakah sesuai atau tidak dalam memilih busana yang akan dipakai.Penggolongan yang dimaksud adalah sebagai berikut:
Busana menurut golongan ; busana luar dan dalam
Busana menurut jenis kelamin ; pria, wanita, anak-anak
Busana menurut waktu;pagi, siang, sore, malam
Busana menurut penampilan; Adi busana, Ready to Wear, konveksi(Ariffah.R.1991:10)Menurut James (1969:7) busana bila dilihat dari fungsinya secara umum dapatdiklasifikasikan sebagai berikut:
Fungsi Fisik, sebagai penutup aurat dan bagian tubuh lainnya dengan konseptertentu agar memungkinkan keleluasaan bergerak pada pemakainya jugasebagai pelindung tubuh dari pengaruh alam
Fungsi Psikis, keyakinan diri seseorang dalam bersosialisasi sebagai dukunganmoril bagi pemakainya
Fungsi Simbolik, menggambarkan identitas pemakainya yaitu menggambarkanstatus dan kedudukan dalam masyarakat
Fungsi Estetis, unsur keserasian bagi tubuh pemakainya
1.2.Fungsi Busana
 
Menurut buku yang berjudul The Second Skin karangan Horn, Marylin. J danLouise M. Gori, dikatakan bahwa terdapat empat(4) teori yang menguraikanfungsi busana, yaitu:1.Teori Sopan Santun (Modesty Theory)Berpegang pada ajaran agama dan budaya. Bagian tubuh yang ditutupi olehbusana antar satu kelompok budaya yang berbeda tergantung pada jeniskelamin, usia, dan faktor situasional.2.Teori Ketidaksopanan (Immodesty Theory)Menurut teori ini busana bukanlah menutupi tubuh, justru untuk menonjolkanbagian tubuh yang ditutupi busana tersebut.3.Teori Perlindungan ( Protection Theory)Busana yang digunakan bertujuan melindungi diri dari hal yang bersifat fisikmaupun bersifat psikologis.4.Teori Keindahan ( Decorative Theory)Disebabkan setiap orang memiliki dorongan untuk mengungkapkan rasaseninya untuk menghias tubuh dengan busana atau benda lain yangbertujuan sebagai berikut:-Daya tarik seksual-Thropysme( memperlihatkan kekuatan, keberanian, keperkasaan,keahlian)-Terorisme ( menghias tubuh untuk menimbulkan rasa takut kepada oranglain atau musuh yang bersifat nyata atau supranatural)-Totemisme ( membawa keberuntungan atau perlindungan terhadap sipemakai)-Identitas:a.Status, menyatakan social, ekonomi, martabat dalam masyarakatb.Pekerjaan, menampilkan cita rasa bisnis, profesionalisme, loyalitasc.Agama, dimudahkan terhadap pemeluk agama laind.Keanggotaan, Pramuka, Seragam Kantor, Polisi, Pemaam Kebakaran

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->